Perbandingan antara perkembangan anak usia prasekolah pada ibu bekerja dan tidak bekerja di TK Ngesti Rini Karangharjo Yogyakarta

Penulis

  • Fanny Nugraheni Prodi Keperawatan-Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Istinengtiyas Tirta Suminar Prodi Keperawatan-Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

anak usia prasekolah, perkembanga, ibu bekerja, ibu tidak bekerja

Abstrak

Ibu adalah pemegang peran penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada era globalisasi yang semakin maju ini, hampir sebagian besar perempuan memilih untuk bekerja di luar rumah baik dengan alasan finansial ataupun tuntutan zaman. Ibu bekerja mengakibatkan kurangnya perhatian terhadap anak akibatnya ibu tidak bisa melihat perkembangan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan perkembangan anak usia prasekolah pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Ngesti Rini Karangharjo Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparasi dengan desain penelitian Cross Sectional, responden dalam penelitian ini terdiri dari 66 siswa dan siswi TK Ngesti Rini Karangharjo Yogyakarta dengan menggunakan teknik total sampel, dan pengumpulan data primer menggunakan kuesioner lembar observasi. Penelitian ini menggunakan analisis Mann Whitney di mana hasil signifikansi p=0,05 diperoleh p=0,505, sehingga p>0,05. Hal ini mengidentifikasi bahwa tidak ada perbedaan perkembangan anak usia prasekolah pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di TK Ngesti Rini Karangharjo Yogyakarta. Ibu bekerja dan Ibu Tidak bekerja mempunyai kesempatan yang sama untuk merawat anaknya walaupun dengan intensitas waktu yang tidak sama. Ibu harus lebih memperhatikan perkembangan anak dan sering melatih kemampuan yang belum dicapai oleh anak.

Referensi

Ahmad, F. M. (2024). Interaksi Positif Ibu Pekerja Terhadap Anak Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak Melalui Kegiatan Bermain. 4, 12374–12388.

Andinawati, C., Syamsiah, S., & Kurniati, D. (2022). Efektifitas Baby Gym terhadap Perkembangan Motorik pada Bayi Usia 9-12 Bulan di Praktik Mandiri Bidan Putri Indriani Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal kebidanan, 11(2), 99–103.

Banyudono, D. I. R. A. S. (2023). Hubungan Antara Tingkat Perhatian Orang Tua Dengan.

Diah. (2022). Pelaksanaan Stimulasi, deteksi, dan intervensi dini tumbuh kembang, Jakarta

Estofany, S. 2022. Konsep Dasar dan Sejarah Perkembangan Ilmu Gizi.

Fairuz Zahira, D., Anesty Mashudy, E., & Sundari, N. (2023). Kajian Literatur: Perkembangan Sosial Anak Usia Dini dengan Ibu Bekerja. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1064

Fitria, Olivia, H., & Nurvarindra, M. A. (2022). Peran Istri di Pandang dari 3M dalam Budaya Patriarki Suku Jawa. Equalita, 4(2), 168–175. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ijas/index/12142%0ADiterbitkan

Gemellia, P. A., & Wongkaren, T. S. (2021). Pengaruh Jam Kerja Orang Tua terhadap Kognitif Anak di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 21(1), 14–30. https://doi.org/10.21002/jepi.2021.02

Hiqma, F., Munir, Z., & Sholehah, B. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ibu Berkarier dan Tidak Berkarier terhadap Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Toddler. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(1), 153–158.

Ifadah, Yana Khusnul. (2019).Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Totokan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Ponogoro

Islamiyati,Dina. (2018).Upaya Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelompok B TK Pertiwi 3 Pulutan Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Boyolali

Kamil, Kariima (2022) Perbedaan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja Di TK Islam Al-MuttaqinKota Jambi. S1 thesis, PG-PAUD.

Markham, L. (2019). Learn what your preschooler needs to thrive. Retrieved September 25, 2019, from https://www.ahaparenting com/Ages-stages/preschoolers/wonder-years

Markham. (2019). Learn what your preschooler needs to thrive.

Maulidiyah, U. M., Andini, D., & Arumsari, D. (2022). 4 Tumbuh Kembang Anak Pada Ibu Yang Bekerja. 6(2), 402–407.

Ningrum, N.M., Purwanti, Tri., Mildiana, Y. (2022). Optimalisasi Perkembangan Motorik Bayi Dengan Baby Gym. Jurnal Abdi Medika, 1–9.

Nursasmita, R. (2022). Menggunakan Metode Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (Kpsp). Keperawatan Dan Kesehatan Penerbangan, 1(2), 53–58. http://ejournal.akper-rspau.ac.id/index.php/JKKP/article/view/14

Octalia, E., Studi, P., Psikologi, M., Psikologi, F., & Soegijapranata, U. K. (2022). Ditinjau Dari Persepsi Peran Ganda Dan Kesehatan Mental.

Rahman, A. S. (2018). Peranan Wanita Karier Dalam Keluarga, Pola Asuh Dan Pendidikan Anak (Studi Kasus Pada Wanita Karier Pada Jl. Anggrek Rt 002/018 Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan). JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(2).

Ramadhani, N. (2019). Implikasi Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat. Sosietas, 6(2). https:// doi.org/ 10. 17509/sosietas.v6i2.4245

Rivanica, R. (2019). Factors Associated with the Growth and Development of Preschool Children. Aisyiyah Medica Journal (JAM) Volume 3, Number 2, February 2019. STIKes Aisyiyah Palembang

Soetjiningsih dan Ranuh. (2020). Tumbuh Kembang Anak. Edisi 2. EGC. Jakarta.

Utami, N. O. S., Revika, E., & Sari, N. E. (2023). Status Pekerjaan Ibu Dengan Perkembangan Balita Mother’ S Employment Status and the Developmental Achievement of Toddlers Aged 3 To 5 Years in Permata Hati Al Mahalli Early Childhood Education ( Ece ). 11, 35–42

World Health Organization. (2018). Monitoring health for the SDGs, sustainable development goals. In World health statistics (Vol. 63, Issue 2). https://apps.who.int/iris/handle/10665/272596.

World Health Organization. (2019). Monitoring health for the SDGs, sustainable development goals. In World health statistics (Vol. 8, Issue 5). https://apps.who.int/iris/handle/10665/324835.

Yohanis, M. L., Fridani, L., & Sumadi, T. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/ 10.31004 /obsesi.v5i2.1116

Yulianti, P. A. N. (2018). Analisis Pantauan tumbuh kembang anak prasekolah dengan kuesioner KPSP Di BKB PAUD Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Periode Oktober 2017a. Jurnal Kebidanan, 45-52.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Nugraheni, F., & Suminar, I. T. (2024). Perbandingan antara perkembangan anak usia prasekolah pada ibu bekerja dan tidak bekerja di TK Ngesti Rini Karangharjo Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 367–376. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/829

Terbitan

Bagian

Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama