SOLUSI CERDAS PARENTING: DISIPLIN POSITIF ORANG TUA UNTUK ANAK USIA TK

Authors

  • Zahro Varisna Rohmadani Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Fildzah Malahati Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0009-0004-6571-7042
  • Tri Winarsih Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Adelia Maharani Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Psikoedukasi, Disiplin Positif, Orang tua, Anak Usia Dini, Pengembangan Sosial-Emosional, KB&TK

Abstract

Psikoedukasi disiplin positif merupakan metode yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dalam mendidik anak dengan pendekatan yang membangun, tanpa kekerasan fisik atau verbal. Program ini dilakukan di KB & TK 'Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan dengan melibatkan orang tua siswa melalui kegiatan edukasi yang diselenggarakan setiap tiga bulan. Program psikoedukasi ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam menerapkan disiplin positif di rumah, yang konsisten dengan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Hasil dari pelaksanaan program menunjukkan peningkatan pemahaman orang tuaterhadap teknik-teknik disiplin positif, seperti pemberian pujian yang spesifik, penerapan konsekuensi logis, serta komunikasi yang empatik. Selain itu, konsistensi penerapan disiplin positif antara rumah dan sekolah berhasil menurunkan perilaku agresif serta meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak. Program ini juga berdampak positif dalam membentuk pola makan sehat anak karena orang tua lebih mampu mengajak anak mengonsumsi makanan bergizi dengan cara yang menyenangkan. Dengan demikian, psikoedukasi disiplin positif terbukti efektif dalam mendukung perkembangan anak secara holistik dan menciptakan lingkungan yang harmonis antara orangtua, anak, dan sekolah.

Author Biography

Fildzah Malahati, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

<br data-mce-bogus="1">

Published

2024-12-27

How to Cite

Rohmadani, Z. V., Malahati, F., Winarsih, T., & Maharani, A. (2024). SOLUSI CERDAS PARENTING: DISIPLIN POSITIF ORANG TUA UNTUK ANAK USIA TK. Prosiding Seminar Nasional Sinergi Psikologi UNISA Yogyakarta Dan IONs Yogyakarta, 1(01), 69–76. Retrieved from https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/SEMNASPSIION/article/view/1056

Citation Check