HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONTROL DIRI PADA PELAJAR SMA/SMK
Keywords:
Pelajar, Kontrol Diri, Kecerdasan EmosionalAbstract
Pelajar merupakan generasi muda yang diharapkan dapat menjadi agent of change di masa
mendatang. Usia pelajar SMA/SMK tergolong pada usia remaja, perkembangan pada masa remaja
menimbulkan perubahan secara signifikan baik dari segi biologis, psikologis hingga sosial
sehingga kerapkali menimbulkan konflik internal dalam diri remaja maupun konflik eksternal
dengan lingkungan individu. Sejalan dengan kondisi tersebut seorang pelajar memerlukan
kemampuan kontrol diri agar dirinya mampu menjauhi segala hal-hal negatif. Salah satu faktor
yang diduga penting terhadap kontrol diri adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui secara empiris hubungan antara kecerdasan emosional dengan kontrol diri pada
pelajar SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 270
subyek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif. Teknik sampling dalam penelitian ini
menggunakan random sampling. Alat ukur penelitian menggunakan skala likert yakni Skala
Kecerdasan Emosional (12 item, α = 0,812) dan Skala Kontrol Diri (23 item, α = 0,890). Hasil
penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,419 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hal
ini berarti hipotesis yang diajukan diterima dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara
variabel kecerdasan emosional (X) dan kontrol diri (Y).
Kata-kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kontrol Diri, Pelajar