Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir normal dengan perawatan tali pusat terbuka di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
Kata Kunci:
tali pusat terbuka, bayi baru lahir normal, tetanus neonatorumAbstrak
Menurut World Health Organisation (WHO), 1,3 juta bayi akan meninggal akibat infeksi tali pusat di seluruh dunia pada tahun 2021. Menurut UNICEF, pada tahun 2022, sekitar 2,6 juta bayi di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya dalam bulan pertama kehidupannya. Di beberapa negara, angka kematian bayi lebih tinggi dibandingkan negara lain. (UNICEF Indonesia, 2022). Berdasarkan hasil survey demografi dan kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017 menunjukkan AKN berjumlah sebesar 15 per 1000 kelahiran hidup. (Borrego, 2021). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui asuhan kebidanan pada bayi baru lahir normal dengan perawatan tali pusat terbuka secara komprehensif di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang didapatkan dari pemeriksaan fisik, wawancara dan observasi langsung. Sedangkan data sekunder yaitu dokumen rekam medik atau catatan perkembangan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Asuhan kebidanan pada bayi baru lahir normal dengan perawatan tali pusat terbukadi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur. Analisa terhadap kasus tersebut By. Ny. “F” umur 0-8 hari asuhan kebidanana pada bayi baru lahir normal dengan perawatan tali pusat terbuka. Penatalaksanaan asuhan kebidanan pada By. Ny. “F” dilakukan kunjungan sebanyak 2 kali setelah dilakukan perawatan tali pusat terbuka di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan memberikan perawatan lanjutan pada tali pusat, pemeriksaan keadaan umum, TTV, dan memberikan KIE yang sesuai. Saran bagi tenaga kesehatan diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dengan masyarakat dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkan perawatan tali pusat terbuka untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan asuhan kebidanan dengan lebih baik.
Referensi
Anggeriani, R., & Lamdayani, R. (2021). Pengaruh Perawatan Tali Pusat Secara Terbuka dengan Lamanya Pelepasan Tali Pusat pada Bayi Baru Lahir di BPM Lismarini. Cendekia Medika, 6(2), 126–132. https://doi.org/10.52235/cendekiamedika.v6i2.96
Astari, R. Y., & Nurazizah, D. (2019). Perbandingan Metode Kolostrum dan Metode Terbuka Terhadap Lama Pelepasan Tali Pusat pada Bayi Baru Lahir. Faletehan Health Journal, 6(3), 91–98. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i3.64
bidin A. (2017). Pengalaman audit kualitas dan keamanan kegiatan medis di organisasi medis di bagian "Keamanan EpidemiologisTidak Judul. Vestnik Roszdravnadzor, 4(1), 9–15 (dalam Russ.).
Borrego, A. (2021). ASUHAN KEBIDANAN PADA BAYI BARU LAHIR NORMAL DENGAN METODE PERAWATAN TALI PUSAT TERBUKA DI PMB “K” KOTA BENGKULU TAHUN 2021 Disusun. 10, 6.
Dinkes Kota Yogyakarta. (2021). Profil Kesehatan Kota Yogyakarta Tahun 2021 AKI & AKB. Jurnal Kajian Ilmu Administrasi Negara, 107, 107–126. https://kesehatan.jogjakota.go.id/uploads/dokumen/profil_dinkes_2021_data_2020.pdf
Lisnawati, Pramono, J. S., & Suryani, H. (2023). Perawatan Tali Pusat Topikal Asi Dan Teknik Terbuka Terhadap Waktu Pelepasan Tali Pusat Pada Neonatus. Journal of Health Research, 6(2), 29–39.
UNICEF Indonesia. (2022). Laporan Tahunan Indonesia 2022. UNICEF Laporan Tahunan Indonesia 2022, 6. https://www.unicef.org/indonesia/id/Laporan_Tahunan_UNICEF_Indonesia_2022.pdf
Yogyakarta, D. K. D. I. (2023). Buku Data Kesehatan. Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Setiawan, R. (2019). Teknik Perawatan Kulit Neonatus. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran, 46(8), 545–278.
Sari, D. F., Syofiah, P. N., & Salsabilla, A. (2022). Penerapan Asuhan Perawatan Tali Pusat Terbuka Dan Kering Pada Bayi Baru Lahir. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 5(2), 78–85. https://doi.org/10.36984/jkm.v5i2.316
Solehah, I. dkk. (2021). Asuhan Segera Bayi Baru Lahir. Buku Ajar Asuhan Segera Bayi Baru Lahir Fakultas Kesehatan Diploma III Kebidanan Universitas Nurul Jadid, 5(3), 78.
Yunengsih, S., & Syahrilfuddin, S. (2020). the Analysis of Giving Rewards By the Teacher in Learning Mathematics Grade 5 Students of Sd Negeri 184 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 715. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i4.8029