Visualisasi kearifan lokal papua dalam buku cerita anak
Kata Kunci:
Literasi Anak Papua, Ilustrasi Buku Cerita, Budaya Lokal, Peningkatan Minat BacaAbstrak
Literasi menjadi salah satu pilar penting dalam pendidikan dasar di Indonesia karena berperan sebagai fondasi perkembangan pengetahuan, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan berkomunikasi. Dalam upaya mendukung peningkatan literasi di kalangan anak usia sekolah dasar, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Jakarta International University (JIU) bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) untuk merancang dan menghasilkan buku cerita anak berbasis budaya lokal. Proyek ini mencakup pembuatan ilustrasi untuk empat cerita utama, yaitu Udang Selingkuh, Kare-Kare, Daun Gatal, dan Ipere Bakar. Setiap cerita dirancang untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal sambil menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Proses perancangan dimulai dengan riset visual untuk memastikan elemen-elemen budaya lokal terwakili secara autentik. Desain karakter dirancang dengan penuh perhatian pada detail, seperti pakaian tradisional dan ekspresi yang sesuai dengan cerita, guna menarik perhatian pembaca muda. Tahapan penerapan layout menekankan pada keharmonisan ilustrasi dan teks, memastikan alur cerita mudah diikuti dan tetap menarik secara visual. Tahap finalisasi dilakukan untuk memastikan hasil akhir konsisten, berkualitas tinggi, dan siap untuk publikasi dalam format cetak maupun digital. Luaran dari proyek ini berupa buku cerita anak bergambar yang tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga berfungsi sebagai media pembelajaran yang interaktif dan inspiratif. Selain itu, proyek ini memberikan pengalaman profesional kepada mahasiswa DKV, meliputi pengembangan teknik ilustrasi, desain buku, hingga komunikasi lintas profesi. Dengan hasil ini, diharapkan program ini dapat berkontribusi pada peningkatan literasi anak-anak Indonesia, membangun generasi yang gemar membaca, dan mendukung pelestarian budaya lokal. Kolaborasi seperti ini menjadi model strategis dalam mengintegrasikan pendidikan, literasi, dan seni visual untuk mencapai dampak yang lebih luas di masyarakat.
Referensi
Agustin, Sienny. 2024. 5 Manfaat Membacakan Buku untuk Anak Sejak Dini, (Online), (https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-membaca-untuk-buah-hati-sedari-dini. Diakses 17 Januari 2025).
Bebeclub. 2023. 7 Manfaat Membacakan Buku Cerita Bergambar untuk Anak, (Online), (https://bebeclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/1-tahun/manfaat-cerita-bergambar. Diakses 17 Januari 2025).
Boellstorff, Tom; Nardi, Bonnie; Pearce, Ceila; Taylor, T.L. 2012. Ethnography and Virtual Worlds. New Jersey: Princeton University Press.
Darmawan, A. J. (2024, September). Empowering Future Leaders: Comprehensive Social Media Training at CGA. In Prosiding Seminar Nasional Sains Data (Vol. 4, No. 1, pp. 1-9).
Darmawan, A. J., Utomo, S. R. H., Yoo, P. M. H., Losung, A. S., Satianegara, A. C., & Oranto, R. Z. (2024). Pelatihan Komprehensif Dan Memberdayakan Media Sosial Pada CGA. Jurnal Lentera Widya, 5(2), 111-118.
Erawati, K. N., Heptariza, A., & Darmawan, A. J. (2024). Efektivitas Kinerja Dosen Terhadap Inovasi Akselerasi Mahasiswa Generasi Z. RISK: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 5(1), 15-31.
Kemendikbudristek. 2022. Indeks Aktivitas Literasi Membaca di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Maharani, Husna. 2024. 34 Provinsi Skor Litarasi Tertinggi-Terendah di Indonesia, Bali Peringkat 13!, (Online), (https://www.detik.com/bali/berita/d-7462287/34-provinsi-skor-literasi-tertinggi-terendah-di-indonesia-bali-peringkat-13. Diakses 17 Januari 2025).
Mariska, T. & Hasanudin, C. 2023. Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar melalui Buku Cerita Bergambar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Daring, Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro, Vol. 1, No. 1 (2023), 814 – 820. (https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1758. Diakses 17 Januari 2025).
Mirnawati. 2020. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Dalam Jurnal Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 9, No. 1, Februari 2020. 98-112, (Online) https://jurnaldidaktika.org/
Moleong, Lexy. 2014.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
OECD. 2019. PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Prasetyo, M. E. & Wiryawan, I. E. 2024. Perancangan Buku Interaktif Campuran Cerita Rakyat “Panglima Laut” Untuk Meningkatkan Literasi Anak 4-6 Tahun. Dalam Jurnal Desain Komunikasi Visual - SYNAKARYA, 5(1), 111–126. https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i1.126
UNESCO. 2021. Safeguarding Intangible Cultural Heritage Through Education. Paris: UNESCO.
Utomo, S. R. H., Darmawan, A. J., & Telaumbanua, J. P. J. (2024). AKUMULASI MODAL DESAINER GRAFIS DI TENGAH PERTUMBUHAN EKONOMI: TANTANGAN ATAU ANCAMAN (?). SYNAKARYA-Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2), 21-30.
Widyasari, Wulandari, S., Utomo, S., Shabina, S., & Ramadhani, B. 2023. Perancangan Animasi Edukasi Minum Susu ‘Milkaya’ Dengan Tema Kebudayaan Reog Ponorogo. Dalam Jurnal Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. Vol 09, No. 01 (2023). 74-88. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i01.7158