Strategi rebranding museum sandi yogyakarta dalam membangun brand awareness
Kata Kunci:
strategi rebranding, value innovation, brand awareness, museum sandiAbstrak
Museum Sandi Yogyakarta, sebagai satu-satunya museum kriptologi di Indonesia, menghadapi tantangan dalam meningkatkan brand awareness di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi rebranding berbasis inovasi nilai (value innovation) yang diterapkan untuk memperkuat citra museum dan menarik lebih banyak pengunjung. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Analisis SWOT dan STP digunakan untuk mengidentifikasi strategi yang meliputi repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi museum tidak hanya sekadar perubahan visual, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk memperkuat posisinya sebagai destinasi edukatif modern. Redesain logo, identitas visual, dan program interaktif seperti Codephoria dan Detektif Cilik berhasil menarik minat generasi muda. Pendekatan inovasi nilai memungkinkan Museum Sandi menciptakan pengalaman unik yang melampaui model museum tradisional, menjadikannya pusat pembelajaran yang inspiratif dan dinamis.
Referensi
Agustian N. (2022). Strategi Komunikasi Mahasiswi Nikah Muda Dalam Mengatasi Problematika Perkuliahan Dan Rumah Tangga Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.
Effendy, O. Uchjana. (2011). Ilmu komunikasi : teori dan praktek. Rosda Karya.
Fajari, M. H. (2024). Re-Branding Upt Museum Negeri Mpu Tantular Provinsi Jawa Timur. Jurnal Barik, 6(1), 157–171. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Isyana, R. R. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding Piring Putih Menjadi Redberries Food and Folks.
Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2006). Blue Ocean Strategy: Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan. PT. Serambi Ilmu Semesta.
Luluk Agustina, W. (n.d.). Prosiding SNADES 2022-Desain Kolaborasi Interdisipliner Di Era Digital Re-Branding Redsoga Melalui Perancangan Media Promosi Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness.
Mei, D. (2012). Promosi Pariwisata Dan Tingkat Kunjungan Wisatawan Di Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen. 1–72.
Muslim. (2016). Jenis Penelitian Komunikasi. Jurnal Wahana, 1(10), 77–85.
Rinaldi, A. A., & Harahap, H. (2024). Strategi Rebranding Mekari Dalam Meningkatkan Brand Equity. Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21.
Sukaryo, E. D. D. (2019). Strategi Komunikasi Sekolah Tunas Mekar Indonesia Dalam Membangun Citra Melalui Rebranding Logo. 1–23.
Susanto, A. K. (2015). Analisis Value Innovation Pada Pt.Wijaya Panca Sentosa Food Melalui Strategi Blue Ocean. 3, 691–695.
Sutanto, Y., Suyanto, M., & Al Fatta, H. (n.d.). Analisis Inovasi Nilai Sebagai Perancangan Strategi Perusahaan Pada Stmik Amikom Yogyakarta.
Syafiir Ali Arzaaqi. (2021). Pengaruh Promosi Online Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Di Museum Sandi Yogyakarta.