Hubungan antara minat belajar dan gaya belajar dengan prestasi akademik bahasa jawa siswa kelas XII SMAN 1 Jetis TA 2023/2024

Penulis

  • Tias Fitri Nurhayati Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Mustaqim Setyo Ariyanto Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

minat belajar, gaya belajar, prestasi akademik bahasa Jawa

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji hubungan antara minat belajar dan gaya belajar dengan prestasi akademik bahasa Jawa siswa kelas XII SMAN 1 Jetis TA 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu 260 siswa dengan sampel penelitian sebesar 195 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Alat ukur yang digunakan berupa Academic Interest Scale for Adolescents (AISA) dan Grasha Riechman Learning Style Scale (GRLSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan gaya belajar dengan prestasi akademik bahasa Jawa pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Jetis dengan nilai F regresi = 4,587 dan taraf signifikansi (p) = 0,011 (p < 0,05). Selanjutnya, diketahui bahwa secara parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi akademik bahasa Jawa dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,178 dan taraf signifikansi sebesar 0,013 (p<0,05). Terdapat pula hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan prestasi akademik bahasa Jawa dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,160 dan taraf signifikansi sebesar 0,026 (p<0,05). Minat belajar dan gaya belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 21,4% terhadap prestasi akademik bahasa Jawa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi minat belajar dan gaya belajar maka prestasi akademik bahasa Jawa akan semakin tinggi, demikian juga sebaliknya semakin rendah minat belajar dan gaya belajar maka prestasi akademik bahasa Jawa akan semakin rendah.

Referensi

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.

Agusti, I. S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Niagawan, 9(1), 65-72. DOI: http://dx.doi.org/10.24114/niaga.v9i1.17657

Amin, E. V., Andayani, Y., & Sukib. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA. Chemistry Education Practice (CEP), 1(1), 13-19. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/cep.v1i1.884

Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2020). Hubungan Pola Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JSHP), 4(2), 141-149. DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.849

Azwar, S. (2017): Metode Penelitian Psikologi, edisi-2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.

Creswell, John W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

De Porter, B. (2009). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Fadillah Ahamad. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Fauzi, A. A., & Pahlevi, T. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 449-457. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p449-457

Gie, T. L. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Ed 6. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Grasha, T. (1996). Teaching with Style: A Pratical Guide to Enhancing Learning by Understanding Teaching and Learning Styles. San Bernadino: Alliance Publishers.

Grasha, A. F. (1989). Review of Learning Styles: Implications for Improving Educational Practices by C.S. Claxton & P.H. Murrell, Teaching Sociology, 17(2), 254- 256. DOI: https://doi.org/10.2307/1317484.

Hasibuan, A. D. (2020). Pengaruh Konsep Diri, Percaya Diri, dan Keterampilan Interaksi Sosial terhadap Prestasi Akademik. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8468

Hermanto, H., & Supena, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 188-194. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.635

Hidayat, A.A.(2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Jakarta: Salemba Medika

Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist. 41: 111-127. DOI: http://dx.doi.org/10.1207/s15326985ep4102_4

Hikmah, S. N. (2021). Hubungan kecerdasan numerik dan minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 33-39.

Hong, P., & Chris, A. (2019). Hubungan gaya belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2016. Tarumanagara Medical Journal, 1(2), 377-382. DOI: https://doi.org/10.24912/tmj.v1i2.3840

Keefe, J. W. (1991). Learning style: Cognitive and thinking skills. Reston, VA: National Association of Secondary School Principals.

Kurniati, A., Fransiska, & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 87–103. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.362

Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1), 22-33. DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110

Luo, Z., Dang, Y., & Xu, W. (2019). Academic interest scale for adolescents: Development, validation, and measurement invariance with chinese students. Frontiers in Psychology, 10(October), 1–14. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02301

Maria, F., & Afandi, D. (2021). Analisis Pencapaian Prestasi Akademik Melalui Perilaku Manajemen Waktu. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(01), 71-78. DOI: http://dx.doi.org/10.37366/ekomabis.v2i01.125

Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2). DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Masduki, Yusron, Karoma Burlian & Yuslaini. (2019). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: UAD Press.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225-236. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1030

Maulia, D., Indriayu, M., & Totalia, S. A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia.

Nadhiroh, U., & Setyawan, B. W. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3 (1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), Page: 672–681. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Nugraha, A. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), 467-481.

Nugraha, T. K., & Mahardi, P. (2024). Hubungan Kelengkapan Fasilitas dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Kemlagi dalam Mata Pelajaran APLPIG Jurusan DPIB. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 10(1), 119-127.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendikia.

Nurhidayat, N., Triadi, C., & Fathurrahman, F. (2020). Tingkat Prestasi Akademik Ditinjau Dari Kebugaran Jasmani (Vo2 Max) Mahasiswa. Jurnal Porkes, 3(1), 26-30. DOI: https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2010

Ocvitasari, A., Widiasi, D. E., & Firmansyah, M. (2020). Analisis Faktor Kesiapan Akademik Terkait Orientasi Motivasi Berprestasi, M-Score dan Kegiatan Non Akademik Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine), 8(2).

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.

Pravesti, C. A. (2016). Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan & Konseling Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 32(2). DOI: https://doi.org/10.36456/helper.vol32.no2.a471

Prayuga, Yugi, & Abadi, A. P. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2451

Putri, C. A. P., & Gumiandari, S. (2022). Hubungan Konsep Diri dan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 554-569. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5326

Putrie, C. A. R. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Panca Sakti Bekasi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 49(1), 7-12. DOI: https://doi.org/10.15294/lik.v49i1.23520

Rahmawati, R., Titisari, K. H., & Pawenang, S. (2021). Learning Interest, Achievement Motivation, Learning Style, and Self-Reliance of Learning Effect on Student Achievement at SMP BATIK Surakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1974-1984. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Rahmawati, R., Titisari, K. H., & Pawenang, S. (2021). Learning interest, achievement motivation, learning style, and self-reliance of learning effect on student achievement at SMP Batik Surakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1974-1984.

Renninger, K. A., Hidi, S., & Krapp, A. (2014). The Role of Interest in Learning and Development. London: Psychology Press.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Ruhaniyah, R., Kurdi, K., Septian, R., & Sumartiningtiyas, I. (2023). HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-7.

Rusmiati, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 21-36. DOI: https://doi.org/10.30599/utility.v1i1.60

Sa'adah, U., & Ariati, J. (2020). Hubungan antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal EMPATI, 7(1), 69-75. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2018.20148

Santrock, J. W. (2002). Life-span Development: Perkembangan Masa Hidup (J. Damanik, A. Chusairi, H. Sinaga & Y. Sumiharti, Eds; 5th ed.). Jakarta: Erlangga.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sirait, M. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Discovery-Inkuiri dan Kontribusinya Terhadap Penguatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 2. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v1i2.320

Sitompul, D. N., & Hayati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games Terhadap Minatbelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Umsu Ta 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243-253. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Banjarmasin: Rajawali Pers.

Suryabrata, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilo, M. J. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarumasely, Y. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 71. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1359

Trijono, R. (2015): Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Wachid, N. (2018). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Wahidiyah. JURNAL KOULUTUS, 1(2), 183-191.

Wardiana, U. (2005). Psikologi Umum. Jakarta: Bina Ilmu.

Wahyuni, S. E., Tendri, M., & Kusumawati, N. I. (2021). Hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 208-216. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5357

Westwood, P. (2004). Learning and learning difficulties: A Handbook for teachers. Australian Council For Education Research. University Of Hongkong.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Nurhayati, T. F., & Ariyanto, M. S. (2024). Hubungan antara minat belajar dan gaya belajar dengan prestasi akademik bahasa jawa siswa kelas XII SMAN 1 Jetis TA 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1475–1484. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/495

Terbitan

Bagian

Penelitian