Manajemen pemasaran dan persediaan CV. Diwarna berbasis teknologi informasi

Penulis

  • Darmanto Darmanto Teknik Informatika, Teknik, Universitas Widya Kartika
  • Erwin Dhaniswara Teknik Elektro, Teknik, Universitas Widya Kartika
  • Agus Prayitno Teknik Informatika, Teknik, Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

ecommerce, pemasaran digital, penjualan daring

Abstrak

Pemerintah daerah memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pemanfaatan teknologi digital. Di antaranya dengan pelatihan digital, penyediaan Infrastruktur digital atau pengembangan platform – ecommerce. CV. Diwarna sebagai salah satu UMKM bisnis kaos kaki dan bordir atribut telah memanfaatkan akses internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui penjualan secara daring. Strategi pemasaran digital dapat digunakan untuk mempertajam segmentasi pasar dan menjangkau pelanggan yang tepat dengan pesan-pesan yang relevan. Dukungan perangkat pemasaran digital dan sumber daya mitra masih menjadi permasalahan pengembangan pasarnya. Di samping Keputusan perluasan pasar sangat terkait dengan investasi peningkatan produksi. Namun demikian keterbatasan area dan kapasitas produksi serta pengelolaan bahan yang belum terorganisir dapat menjadikan resiko kerusakan bahan, kesulitan menajemen persediaan dan perencanaan produksi, dan mengurangi ketidakefisienan produksi. Seiring dengan program pemerintah tersebut, Tim pelaksana pengabdian Masyarakat Universitas Widya Kartika bekerja sama dengan Mitra CV Diwarna melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk mengoptimalkan kegiatan pemasaran digitalnya dan manajemen produksinya. Tujuan dari program ini adalah meningatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan para staf atau karyawan untuk memasarkan produk-produknya melalui media digital dan membantu mengurangi ketidakefisienan produksi. Metode pelaksanaannya meliputi kegiatan persiapan, pelatihan dan pendampingan perangkat strategi pemasaran dan manajemen persediaan. Hasil kegiatan PKM berupa peningkatan level keberdayaan Mitra, dalam menerapkan perangkat strategi pemasaran digital, mengelola persedian bahan serta meremajakan konten websitenya sebagai sarana interaksi, promosi, dan menjalin hubungan baik dengan pelanggannya.

Referensi

Darmanto, Prayitno, Agus., Hermawan, Budi. PKM guru SMA YPPI 2 melalui Transformasi Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdi Dosen. 2021; 5(4):513-521 https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i4.935

Darmanto, Dwi Taufik Hidayat, Indra Budi Trisno. Penguatan pemasaran dan produksi berbasis teknologi informasi pada IRT sewingbynes surabaya. Jurnal Pengabdian Mandiri

Vol.1, No.7, Juli 2022. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/2470

Darmanto, D., Dhaniswara, E. ., & Hidayat, D. T. . (2023). Pelatihan Zoom Meeting untuk guru dan staf pondok pesantren Darul Atsar Al-Islamy. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12875–12879. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23468

Dhaniswara, E. ., Darmanto, Prayitno, A. ., & Kurniawan Budhi , R. . (2024). Sosialisasi Dan Edukasi Implementasi Jaringan Komputer Di Era Industri 4.0. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(5 : Juni), 336–342. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/4291

Erwin Dhaniswara Buatanol Arifin, Eka Selvi Handayani, Didi Yunaspi, Roza Erda. Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar Ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. Journal Of Social Science Research, 2023. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=QOJHUP4AAAAJ&citation_for_view=QOJHUP4AAAAJ:_FxGoFyzp5QC

Gede, SM, Daniel, AO., Najirah Umar, dkk. TREN TEKNOLOGI AI (Pengantar, Teori dan Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Berbagai Bidang). PT. Sonpedia Publishing Indonesia; 2024. 1 – 354.

Indra Budi Trisno, Darmanto, Dimas Febrian Elvianto . Aplikasi sistem informasi manajemen pengiriman barang PT. GST. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol. 9, No. 5, Oktober 2022 : 993-1002. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/5390

John Friadi, Bambang Satriawan, Diana Titik Widayanti, & M. Sigid Safarudin. (2023). TRANSFORMASI MEDIA PEMASARAN UMKM BATIK KAMPUNG KELEMBAK BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL. Jurnal Pendekar Nusantara, 1(1): 31–36. https://doi.org/10.37776/pend.v1i1.1226

Julian Christhoper Gunarto, Darmanto, Dwi Taufik Hidayat. Rancang bangun sistem manajemen persediaan pada toko charmshop berbasis web. Prosiding SNITER. Vol 7 No 1.2023. https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/issue/view/24

Muhlis, Dasmansyah Adyas, Zeze Zakaria Hamzah, dan Muhtadi Nugroho. Strategi pengembangan usaha bordir komputer pada cv grapikaproject perkasa cibinong kabupaten bogor. Economicus, Vol. 16 No. 2 – Desember 2022 e- ISSN: 2615 – 8078. : 166 – 176 https://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/303

Rich Deshan Djuardi, Vartin Suhandi, Vito Jericho, Budi Setiawan. Perancangan dan Pembuatan Website dan Sosial Media di Desa Wisata Angsana. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS Vol 8 No 2 Juli 2024. P-ISSN : 2654-5721 E-ISSN : 2654-75461: 2 – 8. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/issue/view/161

Raynald Ryo Liaunardy, Yulius Hari, Darmanto Darmanto. Rancang Bangun E-Marketplace Untuk Eskalasi Penjualan Ikan Cupang Di Tengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2021 Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, 19 Agustus 2021 ISSN: 2598-0256, E-ISSN: 2598-0238. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2916

Vera Maria, Ahmad Fauzan Hidayatullah, Ussy Emmelly Devy Tunning Putri,

Rana Sabilah, Nadia Nurul Mursidah, Levina Putri Ramdhany, Fakhriza Aqsyal Syauqi,

“Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang”, Benefits:

Journal of Economics and Tourism, Vol. 1 No. 1, Mei, 2024, hlm. 1-15.

Yansen H, Rancangan Sistem Informasi Gudang Pabrik Kaos Kaki X; 2017.

Yulius Hari, Melvie Paramitha, Darmanto, Indra Budi Trisno. Development of Accounting Media to Help Financial Literacy for SMEs in Surabaya. JOINCS (Journal of Informatics, Network, and Computer Science) | Vol. 5 No. 1 (2022) | ISSN 2541-5123 (online).

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Darmanto, D., Dhaniswara , E., & Prayitno, A. (2024). Manajemen pemasaran dan persediaan CV. Diwarna berbasis teknologi informasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1656–1563. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/509

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat