Pelatihan penyusunan modul ajar sosiologi berbasis laboratorium bagi MGMP Sosiologi Kota Surakarta

Penulis

  • Ghufronudin Universitas Sebelas Maret
  • Siany Indria Liestyasari Universitas Sebelas Maret
  • Bagas Narendra Parahita Universitas Sebelas Maret
  • Dwi Astutik Universitas Sebelas Maret

Kata Kunci:

High Order Thingking Skilss (HOTS); laboratorium sosiologi; modul ajar

Abstrak

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi berimplikasi pada perubahan paradigma dalam pembelajaran. Situasi ini menuntut guru sebagai aktor utama pendidikan untuk adaptif terhadap perubahan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan sasaran kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Kota Surakarta. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan tambahan bekal pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan modul ajar Sosiologi berbasis laboratorium. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui tiga tahapan yang terdiri dari penyamaan persepsi, penyusunan lembar kerja peserta didik (LKPD) dan refleksi hasil pelatihan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa melalui pelatihan penyusunan modul ajar berbasis laboratorium, guru dapat lebih memahami skema penyusunan perencanaan pembelajaran Sosiologi yang lebih bermakna. Konsep pembelajaran sosiologi berbasis laboratorium dapat memudahkan guru memberikan pembelajaran kontekstualitas pada siswa sehingga ketercapaian pembelajaran high order thingking skills (HOTS) dapat lebih mudah tercapai.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Cara Mengutip

Ghufronudin, Liestyasari, S. I., Parahita, B. N., & Astutik, D. (2023). Pelatihan penyusunan modul ajar sosiologi berbasis laboratorium bagi MGMP Sosiologi Kota Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 622–627. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/105

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat