Hubungan persepsi mahasiswa tentang perilaku dosen pembimbing dengan tingkat kecemasan mahasiswa fakultas ilmu kesehatan dalam menghadapi skripsi di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Kata Kunci:
persepsi, kecemasanAbstrak
Persepsi mahasiswa terhadap komunikasi yang terjalin antara mahasiswa dengan dosen pembimbing skripsi juga mempengaruhi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Sedangkan kecemasan adalah perasaan was-was khawatir, takut yang tidak jelas atau tidak nyaman seakan-akan terjadi sesuatu ancaman yang mengancam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang perilaku dosen pembimbing dengan tingkat kecemasan mahasiswa fakultas ilmu kesehatan dalam menghadapi skripsi di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dari bulan April-Desember 2024. Populasi meliputi mahasiswa fakultas ilmu kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta angkatan 2021 sebanyak 450 mahasiswa. Sampel penelitian menggunakan teknik Probability Sampling dengan jumlah sampel 212 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner persepsi mahasiswa untuk menilai persepsi dan Hamilton Anxiety Rating Scale untuk menilai tingkat kecemasan. Uji yang dilakukan menggunakan uji Kendall Tauu. Hasil uji Kendall tauu menghasilkan nilai (p = 0,156) yang berarti tidak ada hubungan persepsi mahasiswa tentang perilaku dosen pembimbing dengan tingkat kecemasan mahasiswa fakultas ilmu kesehatan dalam menghadapi skripsi di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Nilai korelasi lemah bersifat negatif sebesar 0,091 yang berarti semakin baik persepsi mahasiswa tentang perilaku dosen pembimbing, maka tingkat kecemasan mahasiswa cenderung menurun. Peneliti menyarankan penelitian lanjutan dengan lebih mempertimbangan faktor lain seperti factor internal dan eksternal yang dialami mahasiswa.
Referensi
Fahmi, G. (2018). Senarai penelitian pendidikan,hukum, dan ekonomi di sulawesi tenggara (N. Dwi (ed.); pertama). cv budi utama.
Fatrida, S. anugrah, Rambat, sasongko nur, Muhammad, K., & Flen, Y. (2021). Self Modeling mengatasi kecemasan mahasiswa dalam menghadapi dosen pembimbing. Joeai (Jurnal of Education and Intruction), 7(3), 6. https://doi.org/https:doi.org/10.31539/joeai.v4il.2233
Januarti, R. (2019). Hubungan antara persepsi terhadap dosen pembimbing dengan tingkat stress dalam menulis skripsi. Jurnal Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Juita, D., & Yusmaridi, M. (2020). Kualitas Proses Bimbingan Skripsi Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci di Masa Pandemi Covid 19. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 135–143.
Karyanah, Y. (2014). Hubungan antara peran dosen pembimbing dengan kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir skripsi. Jurnal of Nursing Health Science. https://ijsn.esaunggul.ac.id/index.php/IJNHS/article/view/5
Lakshmi, P. A. V., & Sumaryono, S. (2019). Kesuksesan Karier Ditinjau dari Persepsi Pengembangan Karier dan Komitmen Karier pada Pekerja Milenial. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(1), 57. https://doi.org/10.22146/gamajop.45782
Marina, A. ghanis, asniar Immawati, & Sri, C. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal dosen pembimbing terhadap motivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.36269/ire.v1i2.538
narti sri. (2017). Pemanfaatan whatsapp sebagai media komunikasi dosen dengan mahasiswa gimbingan skripsi. Jurnal Professional Fis Unived, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448
Nikolaus, P. (2019). Menulis skripsi (H. Ahid (ed.); pertama). Unsultra Press.
Praniwi, A. A. (2023). Hubungan Tingkat Kecemasan, Stres, dan Depresi Mahasiswa Dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Repository.Unissula, 13(1), 104–116.
Riyanti, D., Iskandar Ali Alam, & Defrizal. (2020). Jurnal Manajemen Diversifikasi Jurnal Manajemen Diversifikasi. Jurnal Manajemen, 1(1), 1–11.
Rudaniel, F., & Susanti, D. (2023). pengaruh motivasi terhadap penyelesaian skripsi mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negri padang. Jurnal Salingka Nagari. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43529
Sadock’s, K. &. (2015). Synopsis of Psychiatry (sepuluh). wolters kluwer.
Sari, D. P., Nugroho, H., & Iskandar, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Sebelum Menghadapi OSCE. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(4), 482–488. https://doi.org/10.25026/jsk.v3i4.348
Siswanto, & Aseta, P. (2021). Gambaran Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Tugas Akhir Masa Pandemi Covid-19. Intan Husada: Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(1), 31–40. https://doi.org/10.52236/ih.v9i1.206
Slameto. (2015). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi (kelima). rineka cipta.
Susanti, A., Susanti, L., Rifma, & Santoso, Y. (2021). Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Bimbingan Akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7394–79400. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2123
Wakhyudin husni, & Anggun, putri setya dwi. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707
Wibowo, H. P., & Zebua, W. R. (2020). Hubungan Peran Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Priority, 3(2), 93–101. https://doi.org/10.34012/jukep.v3i2.1120
Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 190–199.
Zakiyah. (2016). Gambaran Karakteristik, Tingkat Stres, Ansietas, dan Depresi pada Mahasiswa Keperawatan yang sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Impuls - Universitas Binawan, 2(September), 140–145.
Zulkifli, N. (2014). Persepsi mahasiswa tentang peranan dosen pembimbing dalam pembuatan tugas akhir (skripsi) mahasiswa. Jurnal Educhild, 01(1), 50–58. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1624