Pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 31
Kata Kunci:
media Pop up book , keterampilan membacaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah 31. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca pada siswa yang dapat mempengaruhi perkembangan keterampilan membaca mereka. Pop-up book, sebagai salah satu media pembelajaran yang interaktif dan menarik, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest kelompok eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan pop-up book dan kelompok kontrol yang menggunakan media pembelajaran buku paket. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan membaca yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan membaca siswa yang menggunakan media pop-up book dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media buku paket. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 31. Oleh karena itu, dapat disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan pop-up book sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Instrumen yang dilakukan ialah obeservasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas IIIA, IIIB jumlah 36 peserta didik. Kelas yang menjadi kelas eksprimen adalah kelas A, sedangkan kelas B menjadi kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu non tes.
Referensi
Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 465–474.
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Dewanti, H., Toenlioe, J. E. A., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–224.
Dhamayanti, A. K., Guru, P., Dasar, S., & Majalengka, U. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan. 2015–2020.
Erniati, Kartono, S. H. (2013). No Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik Di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 18 Sadaniang. Integration of Climate Protection and Cultural Heritage: Aspects in Policy and Development Plans. Free and Hanseatic City of Hamburg, 26(4), 1–37.
Hajroh, S. (2015). No Statistik Pendidikan Teori dan Praktik. 6.
Hendri Mulyana, E., Lolita, A., & Sunandar, A. K. T. (2022). Analisis Dasar Kebutuhan Pengembangan Media untuk Memfasilitasi Perkembangan Kognitif Anak pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3741–3745.
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Diniada Anak Usia Dini, I(02), 1–12.
Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.10
Loliyana, L., Anggraini, D. T., & Efendi, U. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 19–30. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).
Nurhidayati. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Sustained Silent Reading . 37–46.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital [Character Education in Primary School Children in the Digital Age]. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41.
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905
Rahmawati, S. (2022). Keefektifan model pembelajaran nobangan berbasis permainan tradisional suku kaili terhadap nilai kreatif siswa kelas vb sd integral hidayatullah tondo.
Ramadhani, S., Putri Yanti Pulungan, D., & Sitepu*, M. S. (2024). The Effect of Using Pop Up Book Media on Critical Thinking Ability. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(2), 750–754. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.38735
Ramnah, Yumika Afryaningsih, S. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sdn 12 Terentang Pendahuluan Keterampilan awal yang harus dimiliki anak pada saat masuk sekolah dasar yaitu keterampilan membaca . Membaca adalah pemaha. 2, 363–376.
Sadewo, D. S. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.
Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development Of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735–743.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Wahyudin, E. (2017). Pengaruh Media Flipchart Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Kelompok B Tk Negeri Pembina Ciawigebang. 1(2), 137–143.
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515
Yuniawati, E., Anggrasari, L. A., & Sholikhah, O. H. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Di SDN Se-Wonokerto. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 347–355.
Zunaedi, K. R. (2023). Efektivitas e-modul dilan berbasis android (didroid) pada materi panas terhadap hasil belajar siswa kelas v sd inpres bumi sagu.