Pemberdayaan anak melalui TK PKK Sidoagung II

Penulis

  • Ahmad Fauzan Fhatoni Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Ananda Amalia Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Anggie Angelita Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Aprillia Nur Aroma Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Eva Oktavia Ramuli Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Luthfia Nahla Salsabila Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Nurus Syifa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Wiwik Yunita Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

pemberdayaan; literasi; keterampilan

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat . Salah satu masalah sosial yang membutuhkan perhatian khusus ialah anak-anak, melalui pemberdayaan anak yang kami lakukan bertujuan untuk melatih pola pikir anak dan meningkatkan kerajinan dari bahan bekas dalam bekerja melalui program kegiatan permainan edukatif. Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode kualitatif, melalui observasi, dokumentasi kegiatan dan studi literatur. Hasil penelitian dari observasi kami melalui kegiatan bermain yang mengandung edukasi, daya pikir anak terangsang untuk merangsang perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan fisik. Kesimpulan dari hasilobservasi penelitian Pemberdayaan Anak Melalui TK PKK Sidoagung II Di Kalurahan Sidoagung Kapanewon Godean Kabupaten Sleman DIY bahwa pemberdayaan masyarakat terkhusus anakanak sangatlah dibutuhkan sejak dini untuk membentuk karakter serta pola pikir keterampilan yang ada dalam diri anak masing-masing. 

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat