Memaksimalkan fungsi masjid sebagai sarana edukasi islami untuk mengatasi masalah psikologis masyarakat di Gunungkidul

Penulis

  • Shiba Harlis Adhani Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Hendratmo Cesmamulya Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

edukasi Islami, fasilitas ibadah, fungsi ruang, Kabupaten Gunungkidul, psikologi

Abstrak

Melihat fenomena di lapangan khususnya di Kabupaten Gunungkidul, banyak para remaja yang putus sekolah dikarenakan faktor ekonomi. Hal ini menyebabkan tingkat ekonomi masyarakat Gunungkidul semakin merendah. Jika hal ini dibiarkan maka dapat menimbulkan masalah mental atau psikologis seperti depresi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Gunungkidul tentang masalah keagamaan, keimanan, dan psikologis mereka sehingga mereka dapat mempertahankan keimanan yang kuat dan tujuan hidup yang sesuai dengan Islam. Masjid melakukan peran yang sangat penting dalam mempersiapkan masyarakat, terutama generasi muda, yang merupakan aset terbesar untuk menentukan masa depan. Karena itu, salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan psikologis. Metodologi yang digunakan meliputi analisis kebutuhan ruang pengguna dan studi literatur terkait fungsi ruang yang nyaman. Sehingga aktivitas pengguna dapat terwadahi dengan baik. Kesimpulan yang diambil menjelaskan perlunya desain ruang yang menerapkan aspek psikologi. Rekomendasi fasilitas meliputi fasilitas edukasi non-formal, fasilitas rekreasi, serta berbagai fasilitas penunjang.

Referensi

Adhani, S. H., Cesmamulya, H., & Agama, M. K. (2024). ISLAM UNTUK MENGATASI MASALAH PSIKOLOGIS MASYARAKAT GUNUNGKIDUL. 2020.

Amaliah, F. D., Sukowiyono, G., & Widyarthara, A. (2020). ISLAMIC CENTER DI KABUPATEN GRESIK TEMA: ARSITEKTUR PERILAKU. Pengilon: Jurnal Arsitektur, 4(02), 329-344.

Ananda, G. B., Sardiyarso, E. S., Iskandar, J., & Winandari, M. I. R. (2018, October). Konsep Tata Ruang Co-Working Space Bagi Perencanaan Fasilitas Kegiatan Mahasiswa Universitas Indonesia. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN (pp. 343-349).

Bunyamin, A. (2021). Mengelola stres dengan pendekatan islami dan psikologis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 145-159.

Effendi, B., & Saifudin, A. G. (2022). Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. JIEF Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 12-23.

ISLAM, S. S. P. MENGATASI KRISIS SPIRITUAL REMAJA DI BANDA ACEH MELALUI REVITALISASI DAN OPTIMALISASI FUNGSI MASJID.

Khadafi, N. M. A., & Indah Pujiyanti, S. T. (2020). Perencanaan Islamic Education Center di Kabupaten Gunung Kidul (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Khairuddin, K., & Assingkily, M. S. (2021). Urgensitas Mendirikan Madrasah di Samping Masjid (Studi Sejarah Pendidikan Islam Masa Pembaruan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 413-429.

Kudus, R., Irfan, I., Ulum, F., Maria, E., & Jamal, M. (2024). Optimalisasi fungsi Masjid sebagai pusat kegiatan sosial dan keagamaan. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(3), 187-194.

Lathifah, H. N., Yuli, N. G., & Anindyajati, P. (2023). Pengaruh Tata Ruang Masjid Terhadap Kenyamanan Ruang Studi Kasus Muhammadiyah Boarding School.

Madania, A. A., & Ronim Azizah, S. T. (2024). Nurul Iman Harmony Center, Islamic Center Di Solo Baru Sebagai Wadah Edukasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Purwaningrum, S. (2021). Optimalisasi Peran Masjid Sebagai Sarana Ibadah Dan Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Masjid Namira Lamongan). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 7(1), 96-116.

Suryawati, E. (2021). Pemberdayaan masjid sebagai pusat pendidikan islam. Al-Rabwah, 15(02), 60-69.

Uya, S., Ulfah, Y. F., & Sukari, S. (2024). Peran Manajemen Masjid dalam Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Pusat Ibadah (Studi Kasus pada Manajemen Masjid Sholihin, Tangkil, Manang, Grogol, Sukoharjo). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(3), 2247-2260.

https://www.anugerahkubah.com/masjid-agung-al-ikhlas-wonosari-gunung-kidul/

https://radarjogja.jawapos.com/gunungkidul/654446481/pakai-sg-masjid-agung-al-ikhlas-wonosari-juga-beri-dampak-ke-pendidikan-dan-ekonomi

https://www.kompasiana.com/jora5074/5eaa0d86d541df166d75f734/masjid-agung-al-ikhlas-wonosari-kesan-dari-kecil-hingga-kini?page=2 HYPERLINK "https://www.kompasiana.com/jora5074/5eaa0d86d541df166d75f734/masjid-agung-al-ikhlas-wonosari-kesan-dari-kecil-hingga-kini?page=2&page_images=1"& HYPERLINK "https://www.kompasiana.com/jora5074/5eaa0d86d541df166d75f734/masjid-agung-al-ikhlas-wonosari-kesan-dari-kecil-hingga-kini?page=2&page_images=1"page_images=1#google_vignette

Unduhan

Diterbitkan

24-03-2025

Cara Mengutip

Adhani, S. H., & Cesmamulya, H. (2025). Memaksimalkan fungsi masjid sebagai sarana edukasi islami untuk mengatasi masalah psikologis masyarakat di Gunungkidul. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 3, 1282–1290. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/1175

Terbitan

Bagian

Penelitian