SI-events, optimalisasi manajemen acara di sekolah sebagai implementasi transformasi digital
Kata Kunci:
Transformasi digital, manajemen acara, SI-eventsAbstrak
Transformasi digital telah menjadi keharusan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen acara, MIM O2 Pekanbaru mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Event (SI-events) sebagai bagian dari Program Transformasi melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Seringkali Satuan Pendidikan kesulitan dalam mendokumentasikan dengan baik setiap kegiatan dan event yang ada di sekolah. Sistem ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak SI-events terhadap optimalisasi manajemen acara di sekolah. Data dikumpulkan melalui triangulasi data. Hasil evaluasi sistem menunjukkan bahwa penerapan SI-events berhasil meningkatkan koordinasi antar pihak terkait, mengurangi kesalahan administratif, dan mengolah events serta mendokumentasikan kegiatan dan events. Selain itu, sistem ini juga mempermudah pengawasan dan evaluasi kegiatan. SI-events tidak hanya berperan dalam manajemen acara, tetapi juga sebagai katalisator dalam transformasi digital di MIM O2 Pekanbaru. Implementasi ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan fleksibilitas, inovasi, dan kemandirian dalam proses belajar mengajar. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi informasi dalam manajemen sekolah dapat mempercepat pemulihan pembelajaran dan membawa perubahan positif dalam ekosistem pendidikan.
Referensi
Alavi, M., & Leidner, D. E. (2001). Review: Knowledge Management and Knowledge Management Systems: Conceptual Foundations and Research Issues. MIS Quarterly, 25(1), 107-136.
Arifin, Z. (2017). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 123-132.
Azhar, S. M. (2016). Implementasi Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam Mendukung Manajemen Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 45-55.
Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2014). The Second Machine Age: Work, Progress, and Prosperity in a Time of Brilliant Technologies. W.W. Norton & Company.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Garrison, D. R., & Anderson, T. (2003). E-learning in the 21st Century: A Framework for Research and Practice. Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.
O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2011). Management Information Systems (10th ed.). McGraw-Hill/Irwin.
Turban, E., & Volonino, L. (2011). Information Technology for Management: Improving Strategic and Operational Performance (8th ed.). Wiley.
Yin, R. K. 2018. Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage Publications.
Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker, J. F. (2006). Instructional Video in e-Learning: Assessing the Impact of Interactive Video on Learning Effectiveness. Information & Management, 43(1), 15-27.