Implementasi project based learning dalam meningkatkan ketrampilan digital siswa

Penulis

  • Maisaroh Universitas Islam Indonesia

Kata Kunci:

e-commerce; kompetensi; project based learning

Abstrak

Metode pembelajaran project based learning melibatkan siswa belajar secara akif melalui proses penelitian dan penyelesaian sebuah proyek. Metode ini sudah banyak digunakan oleh guru baik di tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi, untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran, sekaligus untuk meningkatkan kompetensi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif naratif, untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran project based learning yang dilakukan pada kelas Ritel dan E-Commerce Prodi Bisnis Digital FBE UII. Dengan menggunakan responden seluruh mahasiswa kelas Ritel dan E-Commerce sem genap 2022/2023, peneliti melakukan observasi dan wawancara langsung untuk mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa . implementasi pembelajaran project based learning yang dilakukan pada kelas Ritel dan E-Commerce Prodi Bisnis Digital FBE UII  menggunakan enam tahap kegiatan yaitu  question, plan, schedule, monitor, facilitate the process, dan evaluate. Proses pembelajaran tersebut mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, terbukti dengan kompetensi serta produk digital yang mampu dibuat oleh mahasiswa. 

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Terbitan

Bagian

Penelitian