Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian skincare wajah pada mahasiswi di Yogyakarta di tinjau dari tingkat pendapatan

Penulis

  • Ajil Helma Meisya Putri Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Andhita Dyorita Khoiryasdien Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

perilaku konsumtif, gaya hidup hedonis, tingkat pendapatan

Abstrak

Pada fenomena yang ditemukan saat ini seseorang yang berperilaku konsumtif disebabkan karena mengikuti trend yang disebut trend gaya hidup. Pada lingkup mahasiswi mereka memiliki kebutuhan tinggi untuk diterima dan menjadi sama dengan orang lain bahkan mengikuti berbagai atribut yang sedang popular, salah satunya skincare wajah. Pendapatan mahasiswi sangat mempengaruhi perilaku kosumtif mereka, semakin tinggi pendapatan seseorang maka semakin banyak pula pengeluaran untuk diri mereka hal itu juga salah satunya didasari karena mengikuti trend gaya hidup. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian produk skincare wajah pada mahasiswi di Yogyakarta yang di Tinjau dari Tingkat Pendapatan. Metode penilitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Pada hasil penelitian ini terdapat hubungan positif signifikan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. 0,000 < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan Perilaku Konsumtif yang signifikan berdasarkan Pendapatan. Pendapatan mempengaruhi Tingkat perilaku konsumtif dan Tingkat gaya hidup hedonis mahasiswi di Yogyakarta pada pembelian produk skincare wajah.

Referensi

Agama, K., & Karawang, K. (2010). Jurnal Manajemen Vol.10 No.1 Oktober 2012 1038. Jurnal Manajemen, 10(1), 1038–1046.

Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273–279. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4570

Anggraini, R. T. dkk. (2017). Stress and coping patterns of university students. Journal of College Student Development. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(3), 131–140.

Arinda, D. (2021). Konformitas Dengan Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 528. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6497

Azizah, F. N., & Indrawati, E. S. (2015). Kontrol diri dan gaya hidup hedonis pada mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 4(4), 156–162. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14313

Dias Kanserina, & Jurusan Pendidikan Ekonomi, F. E. dan B. U. P. G. S. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 1, 1.

Fikri, B. B., & Azhar, A. (2020). Gaya Hidup Komsumtif Masyarakat Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi ), 4(1), 49–59. https://doi.org/10.33627/es.v4i1.412

Fuadi, A. I. (2018). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada Mahasiswa/I Psikologi Di Universitas Medan Area. Uma, 2, 1–11. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/9718/1/Ali Imron Fuadi - fulltext.pdf

Koto, T., & Nirwana, H. (2019). Perbedaan pengaturan diri dalam belajar pada mahasiswa pria dan wanita. Artikel Ilmiah, 1–12.

Nienda, T. (2022). Pengaruh Modernisasi Terhadap Gaya Hidup Remaja.

Ningsih, R. A. A. S., & Bawono, Y. (2016). Hubungan antara Perilaku Konsumtif pada Produk X dengan Citra Diri Remaja Putri. Mediapsi, 02(01), 45–50. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.01.6

Nurizka, M. A. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Produk Make Up Pada Siswi Sma Negeri 2 Medan. https://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11356%0Ahttps://repository.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/11356/1/158600187 - Maydiana Astrie Nurizka - Fulltext.pdf

Pratiwi, R. I. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Produk Skin Care Pada Mahasiswi Universitas Medan Area Fakultas Psikologi. 1–105.

Saputri, A., & Rachmatan, R. (2017). Religiusitas Dengan Gaya Hidup Hedonisme: Sebuah Gambaran Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jurnal Psikologi, 12(2), 59. https://doi.org/10.24014/jp.v12i2.3230

Soleha, S., & Miftahus, S. (2020). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118.

Solihin, O., & Bahriyah, E. N. (2022). Pemanfaatan Big Data Untuk Literasi Digital Mahasiswa Bandung. Tol Tomang, 9, 11510.

Tombeg, J. (2021). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonisme Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Mahasiswa Yang Berasal Dari Minahasa. Psikopedia, 2(1), 115–122. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/psikopedia/article/view/1549

Ulfah, T. A. (2019). Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa yang Mengunjungi Tempat Hiburan Malam Ditinjau dari Motif Afiliasi. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Semarang, 818, 286–296.

Wismanadi, H. (2017). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Performa Atlet Tim Bolabasket Putra Kota Surabaya Dalam Persiapan Pekan Olahraga Provinsi Iv Di Kota Madiun. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 2(1), 25. https://doi.org/10.26740/jossae.v2n1.p25-26

Zulviah, R. C. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Mahasiswa Prodi PPKn di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Primagraha. Jurnal Primagraha, Vol 02(No 02), 1–7.

Advertorial, Tirto. (2023). Tren Kecantikan 2022: Produk Lokal Makin Dilirik. Diakses pada 2 Mei 2023

Asma, Afriyani. Pengaruh Influencer Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening di Kalangan Mahasiswa UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.

Antonius, Antonius, Daniel Budiana, and Megawati Wahjudianata. "Representasi Hedonisme Dalam Film Orang Kaya Baru." Jurnal e-Komunikasi 9.2 (2021).

Aprilia, Sandra & Variani Pura D. (2021). “Self-love and Self-Reward: The Hidden Excuse of Consumtive Behavior on Collage Student” dalam Indonesian Journal of Sosciology, Education, and Development. 3(2): 129-136.

Azizah Des Derivanti, M. I., Dimas Wahyu Wahidin, and Desty Mutiarani Warouw. "Studi Fenomenologi: Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Skincare Melalui Media Platform Digital Di Era Covid-19." Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan 1.9 (2022): 1617-1628.

Devi, Beatrice K, dkk. (2022). “Analisis Perilaku Hedonisme Mahasiswa dalam Pembelian Skincare secara Online Selama Masa Pandemi” dalam Jurnal Ekonomi Sakti. 11(1):20-35

Hidayati, Rika, and Ikhwan Ikhwan. "Perilaku gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa kurang mampu fakultas ilmu sosial UNP." Culture & Society: Journal Of Anthropological Research 1.1 (2019): 38-45.

Imron, Imron. "Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang." Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 5.1 (2019): 19-28.

Rochimawati. (2018). Survei: 84 Persen Wanita Indonesia Tak Merasa Cantik. Diakses pada 2 Mei 2023

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2018). Perilaku Konsumen (Jilid 2). BINARUPA AKSARA.

Kotler, & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran edisi 12, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nadzir, M., & Ingarianti, T. M. (2015, November). Psychological meaning of money dengan gaya hidup hedonis remaja di kota Malang. In Seminar Psikologi & Kemanusiaan (Vol. 1998, pp. 978-979).

Fardhani, Priaz Rizka, and Umi Anugerah Izzati. "Hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja (Studi pada siswa kelas XI SMA Trimurti Surabaya)." Character 1.02 (2013): 1-7.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAP

Keown, L.A. 2011. The financial knowledge of Canadians. Canadian Social Trends, Vol. 11, No. 008, pp. 30 – 39.

Amalina, Nabila Faiza, K. Andhita Dyorita, and Annisa Warastri. Hubungan gaya hidup hedonisme dengan perilaku konsumtif dalam pembelian skincare pada mahasiswa Yogyakarta. Diss. Universitas' Aisyiyah Yogyakarta, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Putri, A. H. M., & Khoiryasdien, A. D. (2024). Hubungan antara gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pembelian skincare wajah pada mahasiswi di Yogyakarta di tinjau dari tingkat pendapatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 206–214. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/791

Terbitan

Bagian

Penelitian