Pengembangan media sosial sebagai sarana pemasaran digital pada Anggrek Astuti Plant & Gift Shop

Penulis

  • Tri Lestari Wahyuning Utami Universitas Islam Indonesia
  • Anindya Herwanda Putri Universitas Islam Indonesia
  • Nurul Fitriyani Universitas Islam Indonesia
  • Annisa Khulil Jannah Universitas Islam Indonesia
  • Rifka Putri Insani Universitas Islam Indonesia

Kata Kunci:

pemasaran digital, media sosial, UMKM

Abstrak

Pemasaran digital pada UMKM masih tergolong belum optimal. Padahal pemasaran digital dapat membantu UMKM dalam branding dan memperluas pangsa pasarnya. Pembahasan ini fokusnya pada UMKM yang bergerak di bidang agribisnis yaitu Anggrek Astuti Plant & Gift Shop. Kajian dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu 1) wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data; 2) analisis bisnis; dan 3) perumusan masalah dan rekomendasi. Analisis bisnis dilakukan dengan menilai 4 (empat) aspek yaitu aspek pemasaran, aspek operasional, aspek sumber daya manusia (SDM), dan aspek keuangan. Hasilnya, UMKM ini belum melaksanakan pemasaran digital secara optimal karena media sosial yang digunakan masih belum menunjukkan postingan yang menarik dan up to date. Anggrek Astuti Plant & Gift Shop sudah memiliki Instagram dan TikTok, tetapi akun Instagram belum memakai template untuk mempercantik postingan. Akun TikToknya juga masih memuat 1 (satu) postingan dengan 1 (satu) pengikut saja saat observasi dilakukan. Menanggapi hal tersebut, dibuat rekomendasi untuk Anggrek Astuti Plant & Gift Shop terkait template Instagram, bagaimana melakukan pemantauan aktivitas akun Instagram, dan ide konten pada TikTok. Melalui rekomendasi ini diharapkan Anggrek Astuti Plant & Gift Shop dapat mengembangkan media sosialnya sebagai sarana memperluas pangsa pasar melalui pemasaran digital.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat