Peningkatan pengetahuan mengenai pemasaran digital kepada para ibu anggota Desa Prima Dahlia

Penulis

  • Amalia Yuli Astuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Gita Indah Budiarti Universitas Ahmad Dahlan
  • Utaminingsih Linarti Universitas Ahmad Dahlan

Kata Kunci:

desa prima; pemasaran digital; pemberdayaan perempuan; produk makanan

Abstrak

Desa Prima Dahlia merupakan perkumpulan ibu-ibu yang berada di Kalurahan Bumijo, Kapanewon Jetis, Kota Yogyakarta. Desa prima merupakan program pemerintah untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan nilai ekonomi dengan mengelola usaha bersama. Aktivitas-aktivitas dari anggota-anggota Desa Prima Dahlia adalah memproduksi makanan kecil dan besar serta menjualnya. Produk-produk makanan yang dihasilkan anggota-anggotanya merupakan makanan secara umum yang dipesan oleh kantor maupun acara tertentu. Produk-produknya memiliki potensi karena memiliki beberapa langganan tetap serta rasa yang berkualitas. Pemasaran produk-produk yang dimiliki sebatas pada kenalan-kenalan serta kantor-kantor yang berada di sekitar kalurahan Bumijo. Pemasaran produk secara digital belum dilaksanakan oleh pengelola Desa Prima Dahlia. Tujuan dari program ini adalah meningatkan pengetahuan para anggota Desa Prima Dahlia untuk dapat memasarkan produk-produknya melalui media digital. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penambahan pengetahuan dan pendampingan menggunakan kata-kata pemasaran di media digital. Hasil dari program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dari para anggota Desa Prima Dahlia terhadap pemasaran digital. Setelah adanya program ini, anggota Desa Prima Dahlia mendapatkan wawasan bahwa media digital mempunyai manfaat besar dalam meningkatkan pencapaian pangsa pasar.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat