Peningkatan kapasitas bagi aparatur Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman
Kata Kunci:
kualitas pelayanan, pelayanan prima, aparatur kalurahanAbstrak
Salah satu permasalahan dalam birokrasi adalah perilaku aparaturnya. Sulitnya mengubah mindset birokrasi
yang lebih dilayani daripada melayani karena bersumber dari sikap dan perilaku para aparaturnya. Sayangnya
kondisi ini terjadi hamper pada seluruh tingkatan pemerintahan dari pusat hingga ke desa. Akibatnya citra
kualitas pelayanan publik yang buruk dan berbelit-belit melekat erat pada birokrasi. Kondisi ini harus segera
ditangani, agar perwujudan pelayanan prima kepada masyarakat menjadi lebih baik. Salah satunya dengan cara
meningkatkan kapasitas dari aparatur pelayan publik. Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, Kabupaten
Sleman adalah salah satu target sasaran yang tepat untuk program ini. Lokasinya yang berada diwilayah urban
menjadikan tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan yang baik semakin tinggi. Dengan program pelatihan
peningkatan kapasitas aparatur kalurahan diharapkan mereka dapat mewujudkan pelayanan prima. Kuncinya
pada konten serta teknik penyampaian materi. Adapun materi yang disampaikan pada program peningkatan
kapasitas aparatur ini adalah pelatihan pelayanan prima dan pelatihan seni melayani dengan hati. Dengan Teknik
penyampain materi yang apik serta partisipatif terbukti membuat peserta lebih aktif dan kreatif. Terbuksi
sejumlah problem solving dapat mereka rumuskan dalam sesi diskusi kelompok. Kondisi ini diharapkan dapat
terbawa dalam aktivitas melayani sehari-hari. Sisipan-sisipan materi tentang sikap dan perilaku yang harus
diubah dalam melayani juga dapat tersampaikan dengan sofly. Sehingga tidak menimbulkan ketersinggungan
bagi peserta. Dengan demikian diharapkan perubahan sikap mereka dalam meayani secara elan dapat terjadi.