Integrated marketing communication (IMC) pada akun instagram mendoan sawangan_no1 purwokerto sebagai culineary city branding
Kata Kunci:
Integrated Marketing Communication, Mendoan Purwokerto, Culineary City BrandingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) pada akun Instagram @sawangan_no1 dalam mempertahankan pelanggan produk mendoan khas Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi dokumentasi dari konten di akun tersebut. Elemen IMC yang diterapkan mencakup advertising, direct marketing, sales promotion, public relations, dan personal selling. Strategi ini diwujudkan melalui konsep transparansi, seperti open kitchen, yang membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk, serta kolaborasi dengan influencer untuk memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan keterlibatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan IMC mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang otentik, meningkatkan interaksi baik secara online maupun offline, serta memperkuat loyalitas terhadap produk lokal. Strategi ini tidak hanya mempertahankan pelanggan, tetapi juga berkontribusi dalam membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan konsumen, sehingga berdampak signifikan pada citra merek dan daya saing produk lokal.
Referensi
Bulan Lageni, I., Nurani Muksin, N., Swarnawati, A., & Syahid, L. (2023). Strategi Integrated Marketing Communication PMB FISIP UMJ 2023 Melalui Media Sosial Instagram @fisip_umj. 1, 76–84.
Haikal Ibnu Hakim, Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802
Huzein UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan Alamat, F. K., Abdurrahman Wahid Pekalongan Jl Pahlawan Km, U. K., Kajen Kabupaten Pekalongan, R., & Tengah Indonesia, J. (2024). Strategi Komunikasi Publik Relation Dalam Mempromosikan Pariwisata. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 249–255. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1412
Karina Puspa Paramita, M., Eka Susanti, L., & Pambudi, B. (n.d.). Peranan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran The Role of Social Media as Marketing Media. Jurnal Pariwisata Dan Bisnis), 02, 962–977. https://doi.org/10.22334/paris.v2i4
Muhammad Haidul Fikri, & Sa’diyah El Adawiyah. (2023). Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Citra Perusahaan Ortuseight. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 79–88. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i4.508
Mustika, D., Safitri, S. T., & Wahidah, W. S. (2018). Studi Kelayakan Sistem Informasi Kuliner menggunakan Metode SWOT.
Nur Permata, N., & Sudradjat, R. H. (2022). Indihome Bekasi Integrated Marketing Communications Strategy In Increasing Customer Loyalty Through The High Value Customer Program Strategi Integrated Marketing Communications Indihome Bekasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui Program High Value Customer. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 2022.
Nurhayani, S., Nurbaiti, N., & Nasution, M. L. I. (2023). Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Pada Produk Pembiayaan BSI Cicil Emas (Studi Kasus PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kota Pinang). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 3449-3462.
Rambe, J. H. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Bank Syariah Indonesia dengan Nasabah Non Muslim : Pendekatan Integrated Marketing Communication (Studi Kasus: BSI KCP Cemara Asri). In Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis (Vol. 1, Issue 4). https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jakbs/index
Ruwanti Bela Nirwana, T., & Muslimin, dan. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran MS Glow Kepada Konsumen Melalui Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness. In Pubmedia Social Sciences and Humanities (Issue 1). https://digital-science.pubmedia.id/index.php/pssh
Safira, A., Hasyim Asy’ari, U., Haryanti, P., Hasyim Asy’ari Jombang, U., Timur, J., & Korespondensi, I. (2024). Strategi komunikasi pemasaran terintregasi dalam kredit usaha rakyat syariah (Studi KCP BSI Mojoagung Jombang). 1(5), 145–152. https://doi.org/10.61722/jrme.v1i5.2861
Santoso, P. Y. (n.d.). TRANSFORMASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DI ERA DIGITAL.
Syari Nurhayani, O., Lathief Ilhamy Nasution, M., Studi Perbankan Syariah, M., & Ekonomi dan Bisnis Islam, F. (n.d.). ANALISIS PENERAPAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA PRODUK PEMBIAYAAN BSI CICIL EMAS (STUDI KASUS PT. BANK SYARIAH INDONESIA KCP KOTA PINANG). Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 2023.
Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Issue 33).
Wa’dah, H., & Muksin, N. N. (2023). Integrated Marketing Communication Pada Nasi Kulit Malam Minggu. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 386-399.
Wijaya, P. U. K. (2023). Analisis Implementasi Integrated Marketing Communication Legalku melalui Media Sosial Instagram. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9500-9509.
Yuli Sintakarini, K., Kurniawati, P., Abiyu Rohman, N., Claudia Vanessa Jorger, D., Azizah Putri Bachtiar, N., Nurul Aini, A., Rahma Putri, A., Septian Anantha, E., Nur Salsabila Trisnalia, V., Zulva Budianto, A., Qolbu Wibawa Syah, A., Puspa Arum, D., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Strategi Marketing UMKM “ETES” Melalui Digital Marketing Terhadap Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Marketing Strategy “ETES” MSMES Using Digital Marketing Towards The Application Of Integrated Marketing Communication (IMC). Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 3(2).