Hubungan durasi bermain game online dengan pola makan pada anak kelas 4 dan 5 SD Negeri Nogotirto di Sleman Yogyakarta

Penulis

  • Lusi Setyawati Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Triani Rahmadewi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Armenia Diahsari Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

anak usia sekolah, durasi bermain game online, pola makan

Abstrak

Game Online merupakan salah satu perkembangan dari teknologi komputerisasi yang banyak digemari dari kalangan remaja, dewasa bahkan sampai kalangan anak usia sekolah. Anak yang lebih memilih bermain game online dibandingkan makan biasanya memiliki pola makan yang cenderung tidak teratur atau buruk. Pola makan yang tidak teratur dapat menimbulkan suatu penyakit saluran pencernaan salah satunya seperti gastritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan durasi bermain game online dengan pola makan pada anak kelas 4 dan 5 SD Negeri Nogotirto di Sleman Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 51 responden dari kelas 4 dan 5 sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dengan cara mengundi nama siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner game online dan kuesioner pola makan, dan dianalisis secara bivariat dengan menggunakan uji Kendall tau. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan dari 51 responden sebagian besar memiliki pola makan kategori kurang baik sebanyak 33 orang (64,7%). Durasi bermain game online sebagian besar kategori lama sebanyak 20 orang (39,2%). Hasil uji Kendall tau menunjukkan durasi bermain game online dengan pola makan diperoleh nilai p value (0,000) dengan koefisien korelasi 0,625. Kesimpulan, Ada hubungan durasi bermain game online dengan pola makan pada anak kelas 4 dan 5 SD Negeri Nogotirto di Sleman Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,625, artinya semakin lama durasi bermain game online maka pola makannya menjadi kurang baik. Orangtua dan anak diharapkan dapat lebih memperhatikan durasi bermain game online dan pola makan. 

Referensi

Azizah, R. N., & Rizana, A. (2023). Gambaran Pola Makan Pada Anak Usia Sekolah Di SDN pondok Kelapa 06 Jakarta Timur. 3, 3400–3418.

Dewantara, R., Cakranegara, P. A., Wahidin, A. J., Muditomo, A., Gede, I., & Sudipa, I. (2022). Implementasi Metode Preference Selection Index Dalam Penentuan Jaringan Dan Pemanfaatan Internet Pada Provinsi Indonesia. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 6(2), 1226–1238.

Hayati, N. (2020). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah dengan Kebutuhan Istirahat dan Tidur di SD Negeri 010083 Kisaran Kabupaten Asahan. Jurnal Kesehatan Global, 3(3), 116–122. https://doi.org/10.33085/jkg.v3i3.4710

Hermawan, A. (2021). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 1 Way Mengaku Liwa Kabupaten Lampung Barat. Mahesa: Malahayati Health Student Journal, 1(1), 53–62.

Irawan, S., & Siska W., Di. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online

Khoirunnisa, F. N., Indanah, Kusumastuti, D. A., & Susanti, N. I. (2020). Korelasi Variasi Jenis Makanan Dan Lingkungan Dengan Pola Makan Anak Usia Sekolah. 4, 14–22.

Kumala, M. (2021). Edukasi Pola Makan Sehat Dalam Upaya Pengendalian Hipertensi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 149–155. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.10555

Mikawati, M., & Rukmini, L. (2019). Hubungan Lama Bermain Game Dengan Jumlah Jam Tidur Pada Siswa SD Negeri Pannyikkokang 1 Kota Makassar. Nursing Inside Community, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.35892/nic.v1i1.4

Murniati, I., Purnomo, I., Umam, M. K., & Angkasa, M. P. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Pola Makan Pada Siswa Smp N 1 Bodeh Kabupaten Pemalang. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 17(2), 178–182. https://doi.org/10.36086/jpp.v17i2.1340

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Ondang, G. L., Mokalu, B. J., & Goni, S. Y. V. I. (2020). Game online adalah game komputer yang dapat dimainkan oleh multipemain yang me_manfaatkan jaringan komputer (LAN atau Internet), sebagai medianya. Tetapi saat ini bermain game online tidak hanya di warnet melainkan di rumah juga bisa, terutama jika mempun. Jurnal Holistik, 13(2), 1–15.

Santi, R. J., Setiawan, D., & Pratiwi, I. A. (2021). Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 385. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38576

Sapira, N., & Ariani, Y. (2016). Hubungan pola makan dengan status gizi anak di SDN 43 Kota Pekanbaru. Jurnal Ibu Dan Anak, 1(2), 7–16.

Susanti, M. M., Widodo, W. U., & Safitri, D. I. (2018). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Pada Smartphone (Mobile Online Games) Dengan Pola Makan Anak Sekolah Dasar Kelas 5 Dan 6 Di Sd Negeri 4 Purwodadi. The Shine Cahaya Dunia Ners, 3(2). https://doi.org/10.35720/tscners.v3i2.122

Yunita, T. N. (2021). Pengaruh Game Online terhadap Kualitas Tidur pada Anak Usia Sekolah di SD N 2 Tambaknegara. Universitas Harapan Bangsa, 201–207.

Permenkes. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Diakses pada 23 Juni 2023, dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/119080/permenkes-no-41-tahun-2014

Permenkes. (2019). Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Diakses pada 17 November 2023, dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Setyawati, L., Rahmadewi, T., & Diahsari, A. (2024). Hubungan durasi bermain game online dengan pola makan pada anak kelas 4 dan 5 SD Negeri Nogotirto di Sleman Yogyakarta . Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 546–552. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/260

Terbitan

Bagian

Penelitian