Peningkatan AKM siswa melalui implementasi pojok literasi

Penulis

  • Khoirul Huda Universitas Negeri Semarang
  • Andri Setiyawan Universitas Negeri Semarang
  • Hilman Gumelar Syafei Universitas Negeri Semarang
  • Arifah Nur Hidayati Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Andi Nugroho Universitas Negeri Semarang
  • Fiska Amira Zahra Universitas Negeri Semarang
  • Keling Subur Universitas Negeri Semarang
  • Fiqih Abi Mahardika Universitas Negeri Semarang
  • Najib Fatkhurohman Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

pojok literasi; AKM; siswa

Abstrak

AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN) yang menggantikan Ujian Nasional (UN) bagi siswa di jenjang dasar hingga menengah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah implementasi secara langsung dengan tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi pojok literasi cukup efektif digunakan untuk meningkatkan nilai AKM siswa. Dengan implementasi pojok literasi hasil pretest dan posttes terdapat peningkatan sebesar 69,32%. Harapannya ke depan guru dapat menerapkan pojok literasi dan memberi ruang kepada siswa untuk tertarik membaca buku di pojok literasi.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Cara Mengutip

Huda, K., Setiyawan, A., Syafei, H. G., Hidayati, A. N., Nugroho, M. A., Zahra, F. A., Subur, K., Mahardika, F. A., & Fatkhurohman, N. (2023). Peningkatan AKM siswa melalui implementasi pojok literasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 668–672. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/111

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat