Peningkatan AKM siswa melalui implementasi pojok literasi

Authors

  • Khoirul Huda Universitas Negeri Semarang
  • Andri Setiyawan Universitas Negeri Semarang
  • Hilman Gumelar Syafei Universitas Negeri Semarang
  • Arifah Nur Hidayati Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Andi Nugroho Universitas Negeri Semarang
  • Fiska Amira Zahra Universitas Negeri Semarang
  • Keling Subur Universitas Negeri Semarang
  • Fiqih Abi Mahardika Universitas Negeri Semarang
  • Najib Fatkhurohman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pojok literasi; AKM; siswa

Abstract

AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional (AN) yang menggantikan Ujian Nasional (UN) bagi siswa di jenjang dasar hingga menengah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah implementasi secara langsung dengan tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi pojok literasi cukup efektif digunakan untuk meningkatkan nilai AKM siswa. Dengan implementasi pojok literasi hasil pretest dan posttes terdapat peningkatan sebesar 69,32%. Harapannya ke depan guru dapat menerapkan pojok literasi dan memberi ruang kepada siswa untuk tertarik membaca buku di pojok literasi.

Published

2023-07-29

How to Cite

Huda, K., Setiyawan, A., Syafei, H. G., Hidayati, A. N., Nugroho, M. A., Zahra, F. A., Subur, K., Mahardika, F. A., & Fatkhurohman, N. (2023). Peningkatan AKM siswa melalui implementasi pojok literasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 668–672. Retrieved from https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/111

Issue

Section

Pengabdian Masyarakat