Hubungan tingkat penggunaan gadget dengan tingkat kecemasan pada siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Penulis

  • Aulia Kharisma Putri Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Ibrahim Rahmat Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada

Kata Kunci:

kecemasan, tingkat penggunaan gadget

Abstrak

Selain dampak positif penggunaan gadget juga memberikan beberapa dampak negatif salah satunya yang sering dialami oleh siswa adalah kecemasan apabila jauh dari gadget. Kecemasan yang diakibatkan oleh gadget merupakan bentuk tingkat penggunaan gadget yang berlebihan, sehingga menimbulkan hilangnya kontrol diri dan munculnya kecemasan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat penggunaan gadget dengan tingkat kecemasan pada siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Menggunakan metode pendekatan cross-sectional, untuk mengetahui hubungan antara tingkat penggunaan gadget dengan tingkat kecemasan pada siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dimana pengukuran pada variabel tingkat penggunaan gadget dan tingkat kecemasan dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 67 siswa kelas XII C dan XII F. Pengumpulan data menggunakan kuesioner SAS (Smartphone Addiction Scale) dan NMPQ (Nomophobia Questionare) dan analisis dengan uji Kendall Tau. Hasil uji analisis Kendall Tau didapatkan nilai p value 0.003 dan r 0.262 yang berarti ada hubungan dengan kekuatan cukup kuat. Semakin tinggi tingkat penggunaan gadget makan semakin tinggi pula tingkat kecemasan. raian singkat tentang simpulan hasil penelitian.

Referensi

Alini, Langen Nidhana Meisyalla, dan Bri Novrika. 2022. “Studi Kecemasan Remaja Terhadap No Mobile Phone Phobia (Nomophobia) di SMA Negeri 1 Kuantan Mudik Lubuk Jambi.” 6. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners

Asiah, Sinta Nur, Budi Adjar Pranoto, Diah Sunarsih, dan Dedi Romli Triputra. 2022. “Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(17): 465–74. doi:10.5281/zenodo.7080497.

Fitriani 2020. Pengaruh Pengguan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia Jurnal Psikologi Vol, 5 No.

Kim, M., Kim, H., Ju, S., Choi, J.H., & Yu, M. Smartphone Addiction: (Focused Depression, Aggression and Impulsion) among College Students. Indian Journal of Science and Technology. Oktober 2015. Vol. 8 No. 25 : 1-6.

Khoirur Rahma, Indahlaila, Fatimah Eneng, Mubarak Sabrina, Cinta Nur. 2024. “1548-1554AnalisisPengguna+Ponsel+TerhadapPerilakuGenerasiZ+Dalam+Kehidupan+Sehari-hari.” 3.

Kwon, Min, Dai Jin Kim, Hyun Cho, dan Soo Yang. 2013. “The smartphone addiction scale: Development and validation of a short version for adolescents.” PLoS ONE 8(12). doi:10.1371/journal.pone.0083558.

Lestari, Rahmy, Ilawaty Sulian, Prodi Bimbingan, Dan Konseling, Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan. “Faktor-faktor penyebab siswa kecanduan handphone studi deskriptif pada siswa di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.” https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Liu, Huan, Zhiqing Zhou, Ergang Zhu, Long Huang, dan Ming Zhang. 2022. “Smartphone addiction and its associated factors among freshmen medical students in China: a cross-sectional study.” BMC Psychiatry 22(1). doi:10.1186/s12888-022-03957-5.

Marpaung, dan Junierissa. 2018. “The Effect Of Us Of Gadget In Life (Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan).” Jurnal KOPASTA 5.

Saptarina, Dewi, Pandji Winata Nurikhwan, Didik Dwi Sanyoto, Mohammad Bakhriansyah, dan Sherly Limantara. HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP IPK MAHASISWA PSKPS FK ULM Kajian terhadap Tahun Pendidikan selama Pandemi Covid-19. Ramaita, Pringga Vandelis, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Piala Sakti. 2019. “Hubungan Ketergantungan Smartphone Dengan Kecemasan.” 10: 89–93. doi:10.35730/jk.v10i2.xxx.

Sa’ngadah, Niswatus, Yuni Sufyanti Arief, dan Ilya Krisnana. 2020. 14 EurAsian Journal of BioSciences Eurasia J Biosci Gadgets addiction behavior towards social development in adolescents

Saptarina, Dewi, Pandji Winata Nurikhwan, Didik Dwi Sanyoto, Mohammad Bakhriansyah, dan Sherly Limantara. HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP IPK MAHASISWA PSKPS FK ULM Kajian terhadap Tahun Pendidikan selama Pandemi Covid-19.

Saripah, Aida Nur, dan Lila Pratiwi. 2020. 6 Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris Hubungan kesepian dan nomphobia pada mahasiswa gen z.

Suryana, Ermis, Siska Wulandari, Eci Sagita, dan Kasinyo Harto. 2022. 5 Perkembangan Masa Remaja Akhir (Tugas, Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial dan Agama) dan Implikasinya pada Pendidikan. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Wati, R. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Smartphone Dengan Nomophobia Pada Mahasiswa Keperawatan Di STIKES Bhakti Kencana Bandung. (Skripsi Universitas Bhakti Kencana).

Utami, Annisa Nurul, Farida Kurniawati, Jalan Prof, dan Sudjono D Pusponegoro. 2019. 33 PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan Dampak Negatif Adiksi Penggunaan Smartphone Terhadap Aspek-aspek Akademik Personal Remaja. http://doi.org/PIP.331

Yildirim, C., & Correia, AP (2015). Menjelajahi dimensi nomofobia: Pengembangan dan validasi kuesioner yang dilaporkan sendiri. Komputer dalam Perilaku Manusia, 49,130-137. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.0 59.

Unduhan

Diterbitkan

30-10-2024

Cara Mengutip

Putri, A. K., & Rahmat, I. (2024). Hubungan tingkat penggunaan gadget dengan tingkat kecemasan pada siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 3, 263–269. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/1110

Terbitan

Bagian

Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama