Hubungan komunikasi interpersonal dengan regulasi emosi pada siswa SMP N 1 Gedangsari
Kata Kunci:
emosi, komunikasi interpersonal, regulasi emosi, remajaAbstrak
Masa remaja juga dapat dikenal sebagai masa storm and stress, dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pesatnya pertumbuhan fisik serta psikis yang bervariasi pada remaja. Reaksi yang ditimbulkan dari emosi dapat berupa emosi positif dan negatif. Tahun 2018, tercatat sebanyak 3145 remaja usia ≤ 18 tahun menjadi pelaku kenakalan dan tindak kriminal. Tahun 2019 sampai 2020 meningkat menjadi 3280 hingga 4123 remaja, dan tahun 2021 angka kenakalan remaja di Indonesia mencapai 6325 kasus. Komunikasi interpersonal yang terjalin dengan baik antar individu dapat memfasilitasi pembelajaran bagi remaja untuk meregulasi emosinya, seperti memberi tanda pada emosi sehingga dapat memberikan respon emosi yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui hubungan antara komunikasi interpersonal dengan regulasi emosi pada siswa di SMP Negeri 1 Gedangsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan desain penelitian deskriptif korelasional dan menggunakan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian sebanyak 69 siswa dari kelas VIII dan IX yang dipilih secara stratified random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala komunikasi interpersonal dan kuesioner skala regulasi emosi. Uji Kedall Tau digunakan untuk menganalisis hubungan komunikasi interpersonal dengan regulasi emosi. Remaja dengan tingkat komunikasi interpersonal sedang juga memiliki regulasi emosi yang sedang pula. Sebanyak 50 responden (72.5%) mempunyai tingkat komunikasi interpersonal sedang dan 52 responden (75.4 %) mempunya regulasi emosi sedang, dengan perolehan p-value 0.000 dan koefisien korelasi 0.427. Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan regulasi emosi. Semakin tinggi kemampuan komunikasi interpersonal seorang remaja, maka semakin tinggi regulasi emosinya. Keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa harus ditingkatkan guna mencapai regulasi emosi yang baik. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengidentifikasi dan mengontrol faktor-faktor pengganggu yang dapat memengaruhi hasil penelitian, sehingga hubungan antar variabel dapat diinterpretasikan dengan lebih akurat.
Referensi
Amelia, Rizky, and Siti Ina Savira. 2018. “Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Sikap Terhadap Kenakalan Remaja Pada Siswa MTs Hasanuddin Surabaya.” Character : Jurnal Psikologi 5(2): 1–6.
Andono, Roma Sukro, Tri Suyati, and Agus Setiawan. 2023. “Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri.” 1.
Anggraini, Siswi. 2023. Skripsi Publikasi “Hubungan Antara Trait Kepribadian Extraversion Dan Regulasi Emosi Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas Xi Sma N 1 Cepogo.” Universitas Islam Negeri Salatiga.
Arbi, Muhammad, Badawi ; Dedi, and Rianto Rahadi. 2021. “Analisis Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa President University.” Jurnal Communicology 9(1): 123–37. http://journal.unj.ac.id/.
Azizah, Azizah, and Bety Agustina Rahayu. 2022. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja Di Smk Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta.” Nursing Science Journal (NSJ) 3(1): 27–32.
Badan Pusat Statistik. 2021. Badan Pusat Statistik Statistik Kriminal. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/12/5edba2b0fe5429a0f232c736/statistik-kriminal-2023.html.
Betegon, Elena, Jairo Rodriguez-Medina, Macarena Del-Valle, and Maria Jesus Irurtia. 2022. “Emotion Regulation in Adolescents: Evidence of the Validity and Factor Structure of the Cognitive Emotion Regulation Questionnaire (CERQ).” International Journal of Environmental Research and Public Health 19(6).
Bulan, Anggrek. 2023. “Kegiatan Operasional Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan Di Kampung Kb.” Bkkbn. https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/7525/intervensi/599232/kegiatan-operasional-ketahanan-keluarga-berbasis-kelompok-kegiatan-di-kampung-kb#:~:text=Sedangkan.
Chairunnisa, Adinda, Hadhana Syahda Arum, and Putri Ummi Salamah. 2024. “Pengaruh Hubungan Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Aspek Psikologis: Sebuah Systematic Review.” Jurnal Psikologi 1(4): 14.
Choirunissa, Rachel, and Annastasia Ediati. 2020. “Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua Dengan Regulasi Emosi Pada Siswa Smk.” Jurnal EMPATI 7(3): 1068–75.
Devito, Joseph A. 2011. Tangerang Selatan: Karisma Pulishing Komunikasi Antarmanusia (Terjemah). Kharisma Publishing Group.
Dewi, Sri Rahma, and Fadhilla Yusri. 2023. “Kecerdasan Emosi Pada Remaja.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2(1): 65–71.
Diningrum, Alya Surya, Dewi Rahmawati, Nada Nabilah Ramadhanty, and Arnis Ariani. 2024. “Gambaran Komunikasi Interpersonal Pada Remaja.” In Seminar Nasional Psikologi, , 173–81.
Endah, Nursari, Euis Eti Rohaeti, and Ecep Supriatna. 2021. “Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan) 4(2): 121.
Farih, Yusrina Naily, and Primatia Yogi Wulandari. 2022. “Pengaruh Keberfungsian Keluarga Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Awal.” Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM) 2(1): 445–55.
Fatimah, Tiwi, and Abdul Amin. 2022. “Konsep Diri Dan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa SMP.” Academic Journal of Psychology and Counseling 3: 6.
Fauzan, MohFahmi, and Nina Yuliana. 2023. “Hambatan Komunikasi Pada Oraganisasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untirta Dalam Pencapain Tujuan Organisasi.” Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 2(5): 2023–54.
Fiani, Anyssa, and Zulian Fikry. 2023. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Dalam Pengguna Smartphone.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2): 3529–38. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/6203/5178.
Firdauza, Intan Ayu Lasmana, and Farah Fadila Tantiani. 2021. “Regulasi Emosi Remaja Dari Ibu Pekerja Migran Dan Non Migran.” Jurnal Penelitian Psikologi 3441(5).
Gunawan, Maria Trie Ramadhany, and Cecep Wahyu Hoerudin. 2022. “Kesadaran Emosi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1): 1–11. https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/2.
Harmalis, H. 2022. “Regulasi Emosi Dalam Persfektif Islam.” Journal on Education 04(04): 1781–88. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2610%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/2610/2213.
Hawa, Aprilia Puji. 2021. “Program Pemberdayaan Anak Di LPKA Klas II Gunung Kidul, Yogyakarta.” Lifelong Education Journal 1(2): 107–17. https://journal.imadiklus.or.id/index.php/lej/article/view/25.
Hidayati, Nurfitria L, and Rahmap Widyana. 2022. “Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Perundungan Pada Remaja Pelaku Perundungan.” Jurnal Psiko 041(3).
Hulu, Yustinus. 2022. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Lahusa Tahun Pelajaran 2020/2021.” Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling) 2(1): 13–22.
Indah, Erika, Mey Lianity, and Amika Wardana. 2024. “Pendidikan Seks Dan Kesehatan Repoduksi Di Lapas Khusus Anak Gunung.” Jurnal Kajian Sosiologi 13(1): 23–36.
Irawan, Sapto. 2017. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa.” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7(1): 39.
Johnstone, Tom, and Henrik Walter. 2014. Handbook of Emotion Regulation The Neural Basis of Emotion Dysregulation.
Karisma, Wike, Septya Suarja, and Citra Imelda Usman. 2021. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.” Jurnal Wahana Konseling 4(2): 172–85.
Kersten, Michelle L., Kristy Coxon, Hoe Lee, and Nathan J. Wilson. 2021. “Developing Community Mobility and Driving with Youth on the Autism Spectrum: A Psychosocial Perspective.” Scandinavian Journal of Occupational Therapy 28(2): 91–96.
Kraiss, Jannis T., Peter M. ten Klooster, Judith T. Moskowitz, and Ernst T. Bohlmeijer. 2020. “The Relationship between Emotion Regulation and Well-Being in Patients with Mental Disorders: A Meta-Analysis.” Comprehensive Psychiatry 102: 152189. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2020.152189.
Kumala, Kinanti Hanum, and Ira Darmawanti. 2022. “Strategi Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Dengan Banyak Peran.” Character: Jurnal Penelitian Psikologi 9(3): 19–29.
Larsson, Holmqvist K. et al. 2023. “‘It’s Ok That I Feel like This’: A Qualitative Study of Adolescents’ and Parents’ Experiences of Facilitators, Mechanisms of Change and Outcomes in a Joint Emotion Regulation Group Skills Training.” BMC Psychiatry 23(1): 1–12.
Maesaroh, Asri, Evi Afiati, and Rahmawati Rahmawati. 2022. “Profil Regulasi Emosi Dan Implikasinya Bagi Bimbingan Dan Konseling.” Journal of Education and Counseling (JECO) 2(2): 209–16.
Mataputun, Yulius, and Habel Saud. 2020. “Analisis Komunikasi Interpersonal Dan Penyesuaian Diri Remaja.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 8(1): 32–37.
Maynard, Meghan L. et al. 2023. “Interconnections between Emotion Recognition, Self-Processes and Psychological Well-Being in Adolescents.” Adolescents 3(1): 41–59.
Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mutia, Wa Ode Nurul. 2022. “Tingkat Pengetahuan Terhadap Perubahan Fisik Pubertas Remaja Putri.” Jurnal Ilmu Kebidanan 9(1): 18–23.
Notoatmodjo. 2018. Jakarta: Rineka Cipta Metode Penelitian Survei. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rinek Cipta. Bandung: ALFABETA.
Novarida, Tegar, Hardjono, and Rin Widya Agustin. 2000. “Hubungan Antara Regulasi Emosi Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Kemampuan Bekerjasama Pada Tim Basket SMA Di Surakarta Yang Mengikuti Kompetisi Honda DBL ( Development Basketball League ).” : 1–11.
Nurrachmah, Sitti. 2024. “Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif.” Jurnal Inovasi Global 2(2): 265–75.
Nuzul, Putri Lailatun, and Abdul Amin. 2021. “Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Kenakalan Remaja.” Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 8(1): 67–77.
Pertiwi, Talitha Lintang, and Erin Ratna Kustanti. 2020. “Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Pementor Agama Islam Di Universitas Diponegoro.” Jurnal EMPATI 9(3): 190–95.
Praptiningsih, Novi Andayani, and Gilang Kumari Putra. 2021. “Toxic Relationship Dalam Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja.” Communication 12(2): 132.
Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso, and Khairul Anwar. 2021. “Karakteristik Komunikasi Interpersonal Serta Relevansinya Dengan Kepemimpinan Transformasional.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1): 25.
Puspawardhani, Astri. 2021. “Pengaruh Pengendalian Emosi Dan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Terhadap Agresivitas Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas Viiii Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Kasihan.” 5(2): 1–23.
Putra, Bela Janare, and Jurana Jamal. 2020. “Profil Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa.” Studi Guru dan Pembelajaran 3(3): 399–407.
Raharjo, Sahid. 2019. “Cara Uji Korelasi Kendall’s Tau-b (Data Ordinal) Dengan SPSS Lengkap.” SPSS Indonesia 1(1): 1. https://www.spssindonesia.com/2019/01/cara-uji-korelasi-kendalls-dengan-spss.html.
Richter, Luiz Egon, Augusto Carlos, and De Menezes Beber. 2016. The Interpersonal Communication Book. British Library Cataloguing.
Rohmah, Okti Inayatur. 2022. “Analisis Interaksi Simbolik Kenakalan Remaja Di Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Mumtaz Yogyakarta).” HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora 14(1): 23–32.
Rusdayanti, I Gst. Agung Diah, and Kadek Suranata. 2023. “Pelatihan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Untuk Pengembangan Bakat Verbal Anak Cerdas Dan Berbakat.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9(1): 573. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/3000.
Salim, Nasiatul Aisyah, and Antok Nurwidi Antara. 2022. “Hubungan Kedekatan Keluarga Dengan Konsep Diri Remaja Putri Di Panti Asuhan Al Islam, Sleman, Yogyakarta.” SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 1(1): 83–91.
Samudra, L, I Soraya, and A Muntazah. 2023. “Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menciptakan Pemahaman Belajar Siswa Di Madrasah Ibti‟ Daiyah Nurul Irfan Kota Depok: Kualitatif.” Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS) 3(2): 615–25. http://jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/view/1123%0Ahttp://jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/download/1123/1032.
Santrock JW. 2007. Erlangga, Jakarta Adolescence: Remaja, Jilid 2. Erlangga.
Sari, Laurensia Laurianita, and Caroline Lisa Setia Wati. 2020. “Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Katolik Ricci Ii.” Jurnal Psiko-Edukasi 18(1): 2020.
Suranto, AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.
Sutanto, Cynthia, Samsunuwiyati Mar’at, and Rita Markus Idulfilastri. 2021. “Pengujian Validitas Konstruk Alat Ukur Interpersonal Emotion Regulation Questionnaire Pada Remaja Dengan Menggunakan Confirmatory Factor Analysis.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 5(1): 1.
Thalib, Tarmizi et al. 2023. “Psikoedukasi Regulasi Emosi Remaja Pada Siswa Smp Negeri Di Makassar.” Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS 1(5): 454–60.
Thohar, Syafruddin Faisal. 2018. “Regulasi Emosi Sebagai Prediktor Perilaku Agresivitas Remaja Warga Binaan LPKA.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam 15(1): 29.
Widiyawati, Twi Lia, and Dyah Astorini Wulandari. 2021. “Interpersonal Communication to Teenagers in Purwokerto, Indonesia.” Proceedings Series on Social Sciences & Humanities 2(2013): 35–38.
Widyanti, Syavira Agustina, and Najlatun Naqiyah. 2023. “Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Self Talk Untuk Meregulasi Emosi Remaja SMPN 46 Surabaya.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 7(1): 1–10.
Williams, Justin H.G. et al. 2020. “A Sensorimotor Control Framework for Understanding Emotional Communication and Regulation.” Neuroscience and Biobehavioral Reviews 112: 503–18.
Young, Katherine S., Christina F. Sandman, and Michelle G. Craske. 2019. “Positive and Negative Emotion Regulation in Adolescence: Links to Anxiety and Depression.” Brain Sciences 9(4).