Pengelolaan keuangan dan digital branding pada UMKM olahan ikan merk “Dizan Crispy”
Kata Kunci:
pemasaran; digital branding; pengelolaan keuangan; akuntansi keuangan; UKMAbstrak
Kecanggihan dan perkembangan pesat teknologi komputer dan jaringan saat ini membuat banyak UMKM di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Timur Kabupaten Sidoarjo, harus berbenah dan harus terbiasa dengan konsep pemasaran digital dan pembukuan keuangan berbasis aplikasi untuk tetap bisa bersaing, bertahan, dan merambah ke pasar yang lebih luas. salah satunya adalah UKM Dizan Crispy dengan dengan produk utama olahan ikan kering. UKM Dizan Crispy merupakan UKM berbasis rumah tangga yang berada di desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, suatu desa yang terletak di sebelah Selatan Kabupaten Sidoarjo dengan jarak sekitar 5 km dari Kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Permasalahan Mitra yang ditemukan adalah 1) Mitra belum mempunyai digital branding dalam hal promosi, 2) Distribusi pemasaran masih bersifat sempit karena selama ini hanya dititipkan ke outlet-outlet offline, serta (3) Belum menggunakan pencatatan keuangan terstandarisasi dalam untuk digunakan dalam perencanaan operasionialisasi dan pengembangan UMKM di masa depan. Oleh karena itu Tim Pengusul memberikan solusi : 1) Memberikan pelatihan dan pendampingan digital branding dalam hal promosi, 2) Memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran yang efektif dan modern melalui online yaitu youtube, instagram, facebook dan e-commerce, dan 3) Memberikan pelatihan dan pendampingan pencatatan dan pengelolaan laporan kuangan.
Metode yang akan digunakan untuk mendukung Program tersebut adalah Mitra UKM akan diberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal teknologi promosi dan teknologi pemasaran berbasis digital, serta pelatihan dan pendampingan pencatatan dan pelaporan keuangan berbasis aplikasi agar dengan UKM ini dapat bertahan dan berkembang dengan lebih baik di masa depan