Program pemberdayaanan pembentukan karakter dan mengembangkan motorik anak usia dini

Penulis

  • Ahfadi Rahayu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Aisyah Rahma Putri Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Dian Purwanti Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Emma Dewi Septiani Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Hanafia Rifani Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Khoirun Nisa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Pungky Elisa Nanda Tarisma Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Ulya Khoirunisa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Yayah Asriyah Suparman Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

pemberdayaan; pendidikan anak usia dini

Abstrak

Pemberdayaan merupakan terjemahan dari “empowerment” yang bermakna sebagai upaya untuk membangun daya, dengan mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki individu serta berupaya untuk mengembangkannya. Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya strategis untuk mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah. Pemberdayaan mengandung dua kecenderungan yaitu: pertama, pemberdayaan yang menekankan pada proses memberikan atau mengalihkan sebagian kekuasaan, kekuatan atau kemampuan kepada masyarakat agar individu yang bersangkutan menjadi lebih berdaya. Kedua, kecenderungan sekunder, menekankan pada proses menstimulasi, mendorong atau memotivasi agar individu mempunyai kemampuan atau keberdayaan untuk menentukan apa yang menjadi pilihan hidupnya proses dialog. Pemberdayaan masyarakat dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lebih difokuskan pada pembentukan karakter dan pengembangan motorik pada anak usia dini di PAUD SPS Yasmin. Pada hakikatnya pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan, meningkatkan mutu kehidupan, dan martabat manusia baik secara individu maupun sosial, atau dengan kata lain pendidikan berfungsi sebagai sarana pemberdayaan individu dan masyarakat dalam menyiapkan, menghadapi dan antisipasi masa depan yang lebih memiliki harapan. Oleh sebab itu tidaklah berlebih-lebihan apabila berasumsi bahwa untuk masa depan yang memiliki harapan hendaknya disiapkan sejak dini, sejak masa pra-natal, post-natal, masa kanak-kanak melalui layanan PAUD.

Unduhan

Diterbitkan

24-08-2023

Cara Mengutip

Rahayu, A., Putri, A. R., Purwanti, D., Septiani, E. D., Rifani, H., Nisa, K., Tarisma, P. E. N., Khoirunisa, U., & Suparman, Y. A. (2023). Program pemberdayaanan pembentukan karakter dan mengembangkan motorik anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 740–744. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/134

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama