Analisis keterampilan menulis teks pidato persuasif menggunakan metode kolaboratif di Ma Darul Arqam Depok
Kata Kunci:
keterampilan menulis, teks pidato persuasif, metode kolaboratifAbstrak
Penulisan skripsi ini di latarbelakangi oleh Kurangnya keterampilan menulis teks pidato terjadi di MA Darul Arqam Depok. Berdasarkan nilai ujian praktek menulis pidato siswa kelas X MA Darul Arqam Depok pada tahun ajaran 2023/2024 masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Dari jumlah keseluruhan siswa 20 orang, terdapat beberapa siswa yang nilainya dibawah KKM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, penelitian ini akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamatan langsung dalam pembelajaran yang kolaboratif. Penelitian ini akan menghasilkan deskriptif dengan dasar observasi terhadap pembelajaran. Peneliti sendiri bertindak sebagai alat penelitian dalam penelitian kualitatif ini. Peneliti mendapatkan data melalui wawancara, observasi, analisis tes, atau langsung dari sumbernya.1. Bagaimana skenario dan implementasi pembelajaran keterampilan menulis teks pidato persuasif kelas X MA Darul Arqam Depok. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X MA Darul Arqam Depok maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran keterampilan menulis teks pidato persuasif menggunakan metode kolaboratif sangat membantu proses belajar siswa, dengan menggunakan metode kolaboratif hasil keterampilan menulis pidato siswa kelas X MA Darul Arqam Depok menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. 2. Respon guru dan siswa terhadap penerapan metode kolaboratif pada pembelajaran keterampilan menulis teks pidato persuasif. Peneliti melihat respon guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung sangat bagus dan proses pembelajaran menjadi lebih kondusif. Penerapan metode kolaboratif dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif sangat membantu siswa dalam proses belajar, karena dengan metode pembelajaran kolaboratif siswa akan lebih banyak berdiskusi dengan teman sekelasnya, sehingga proses pembelajaran didalam kelas tidak terlalu monoton.
Referensi
Apriono Joko, 2013. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Luar Kelas Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Di Sd Negeri 15 Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Barkley, dkk, 2012. Pengaruh Penerapan Model Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sd Negeri Gending 1 Pada Pembelajaran Tematik (Doctoral dissertation, Universitas Panca Marga).
Dahlia, D. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Naskah Pidato Persuasif di Kelas IX Semester 1 SMPN 2 Woha Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 83-98.
Dalman, 2015. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Berdasarkan Media Gambar Seri Siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 8 Batanghari Tahun Ajaran 2017/2018. Artikel Jurnal: 3
Dewi, 2013. Retorika Dakwah Gus Miftah Melalui Youtube (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Hanindita, 2015. Konsep Ideologi Dalam Teks Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo: Kajian Analisis Wacana Kritis (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Lai, 2011. Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi Keterampilan Siswa dengan Penerapan Model Project Based Learning SMK Negeri Kota Makassar. Journal Of Computers, Informatics, and Vocational Education: 4
Moeleng, J. Lexy, 2013. Integrasi Kurikulum Pesantren Dengan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Hidayatus Sholihin Turus Gurah Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Suwandi, dkk, 2018. Pengaruh Metode Drill Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Kelas 1 (Penelitian Pada SD Negeri Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). Other Thesis, Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang: 185
Tarigan, 2013. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2 (2): 32-40