Pengaruh model team assisted individually terhadap kemampuan menulis teks ceramah berbantuan media poster

Penulis

  • Maula Shopi Rahmawati Pendidikan Bahas dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univrsitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aida Sumardi Pendidikan Bahas dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univrsitas Muhammadiyah Jakarta

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Team Assisted Individually; Media Poster; Teks Ceramah; Keterampilan Menulis.

Abstrak

Penulisan skripsi ini dilandaskan kurangnya minat peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia terkhusus materi teks ceramah. Selaras hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individually dan media poster terhadap kemampuan peserta didik tekhusus dalam materi teks ceramah. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPA dan XI IPS SMA Fahillah. Kedua kelas tersebut digolongkan dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggutanakan metode Exsperimental Design dan teknik Posttest-Only Control Group Design. Hasil yang didapatkan berdasarkan penelitian ini terdapat pengaruh signifikan dalam pengaplikasian model Team Assisted Individually dan media poster dalam pembelajaran teks ceramah. Hal tersebut didukung dengan adanya pencapaian nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen lebih unggul dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis pengambilan keputusan berdasarkanFhitung ≤ Ftabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, sementara jika Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individually terhadap kemampuan menulis teks ceramah berbantuan media poster. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi untuk acuan pertimbangan terkait kebijakan serta kegiatan meneliti selanjutnya.

Referensi

Ariani, Tri. 2017. Pembelajaran Koopertif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak

Terhadap Hasil Belajar Fisik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 06(2) 169-177.

(http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1802. Diakses pada 20

Februari 2023)

Megawati. 2017. Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris

(Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal

(GEEJ). 4(2): 101-117. (file:///C:/Users/home/Downloads/738-Article%20Text-1325-1-10-

pdf. Diakses 21 Februari 2024).

Multiati, Dkk. 2016. Penerapan Metode Team Accelerated Instruction (TAI) dengan Teknik Awan Kata

Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menulis Puisi Berdasarkan Gambar dengan

Pilihan Kata yang Menarik. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 321-330.

(https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3038/0. Diakses pada 22 Februari

.

Nengsih, Wida, Dkk. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran CIRC terhadap Menulis Teks Ceramah

pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(3) : 333-338.

(https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Shautul-Arabiyah/ article/view/43903. Diakses

Februari 2024)

Nurasiah Desi, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Berbasis

Internet Bagi Siswa Kelas VI. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia. 3(2): 151-170.

(https://www.researchgate.net/publication/347058420_Pengembangan_Media_Pembelajaran_

Menulis_Teks_Ceramah_Berbasis_Internet_Bagi_Siswa_Kelas_XI/fulltext/5fe8ded692851c1

fec99409/Pengembangan-Media-Pembelajaran-Menulis-Teks-Ceramah-Berbasis-Internet-

Bagi-Siswa-Kelas-XI.pdf. Diakses pada 22 Februari 2024).

Sari, dkk. 2019. Pengembangan Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Dengan Model Problem Based

Learning dipadukan dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI SMA. DIGLOSIA. 2(1): 57-

(https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/18. Diakses 22 Februari 2024).

Sugiyono. 2017. Metode Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Rahmawati, M. S., & Sumardi, A. (2024). Pengaruh model team assisted individually terhadap kemampuan menulis teks ceramah berbantuan media poster. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1168–1174. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/218

Terbitan

Bagian

Penelitian