Pengembangan media monopoli iklan (dinolan) untuk pembelajaran bahasa indonesia tingkat smp

Penulis

  • Ratih Nandari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kata Kunci:

media pembelajaran, monopoli iklan, dan dinolan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di SMP Yapia yang beralamat di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 18 Jurang Manggu, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang, Banten dan SMP Khazanah yang beralamat di Jl. Talas I No.79, Pd. Cabe, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten dengan latar belakang permasalahan yaitu kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap materi iklan, slogan, dan poster. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media berbentuk monopoli yang diberi nama Dinolan guna membantu peserta didik dalam memahami materi serta meningkatkan minat peserta didik dalam belajar di kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, pemberian angket, serta pemberian instrumen kepada ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan ini mendapatkan kategori sangat layak terlihat dari persentase kelayakan materi yang memperoleh penilaian 93% dan dari ahli media diperoleh 94%. Hasil penilaian media oleh guru bahasa Indonesia di SMP Yapia mendapat persentase nilai 90% sedangkan guru bahasa Indonesia di SMP Khazanah mendapat persentase 86%. Hasil responden peserta didik terhadap media mendapat persentase 94% dari kedua sekolah. Berdasarkan data hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Dinolan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Referensi

Arsyad, Azar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Aryani, N. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sel (Monosel)”. Jurnal Biotek, Vol. 7(1). (https://jounal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/7165, diakses pada tanggal 20 Januari 2021.

Darmawan, Agus Soleh dkk. 2022. Efektifitas Iklan Produk Sunscreen “Azarine” melalui Akun Tiktok @Diktionarel terhadap Minat Pembelian. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial Vol. 2 No (3) (https://jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/article/download/330/286)diakses tanggal 3 November 2022.

Kosasih, Engkos. 2017. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Safitri, Irfa. 2019. ”Keefektifan Media Pembelajaran Monosa (Monopoli Bahasa) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watansoppeng” Jurnal UNM Vol.1(1). (http://eprints.unm.ac.id/13183/, diakses pada tanggal 24 Desember 2021).

Sanjaya, Wina. 2018. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Satrianawati. 2018. Media dan sumber belajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Subakti, H. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Slogan dan Poster dengan Pendekatan Proses Siswa Kelas VIII SMP Syaichona Cholil Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, Vol.3 (2). (https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/213) diakses tanggal 1 April 2021.

Sugiyono. 2017. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Nandari, R., & Khaerunnisa, K. (2024). Pengembangan media monopoli iklan (dinolan) untuk pembelajaran bahasa indonesia tingkat smp. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1329–1334. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/226

Terbitan

Bagian

Penelitian