Hubungan OSCE dan pengetahuan intubasi terhadap keterampilan pemasangan endotracheal tube pada mahasiswa keperawatan anestesiologi Universitas ‘Asyiyah Yogyakarta

Penulis

  • Annora Adhevania Sorenggani Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Ratih Kusuma Dewi Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Raden Sugeng Riyadi Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

OSCE, Pengetahuan, Keterampilan, Intubasi Endotracheal Tube

Abstrak

Latar Belakang: Intubasi endotracheal tube (ETT) adalah suatu tindakan memasukkan pipa ETT ke dalam trakea melalui rima glotis untuk membebaskan jalan nafas dari hambatan dan mudah dikendalikan. Dokter anestesi berkolaborasi dengan penata anestesi untuk melakukan pemasangan ETT dan mempertahankan jalan napas pasien. Faktor penyebab keberhasilan tindakan penanganan jalan napas yaitu pengetahuan dan keterampilan intubasi ETT yang didapatkan oleh mahasiswa pada saat pembalajaran. Keterampilan mahasiswa tersebut akan diuji dengan ujian OSCE yang dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam melakukan pemasangan ETT. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan OSCE dan pengetahuan intubasi terhadap keterampilan pemasangan endotracheal tube pada mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas „Aisyiyah Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 60 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner intubasi dan Lembar observasi pemasangan endotracheal tube dan data nilai OSCE. Analisis data menggunakan uji statistik chi-Square dan sparmen rank. Hasil: Hasil uji korelasi chi-Square dan sparmen rank didapatkan hasil nilai dan didapatkan hasil nilai p-value 0,000 < 0,005 dengan nilai koefisien korelasi 0,669 (kuat). Hubungan osce dengan keterampilan pemasangan endotracheal tube dan didapatkan hasil nilai p-value 0,000< 0,005

Referensi

Akbar, R. et al. (2023).Perkembangan Peserta Didik pada Masa Remaja Akhir‟, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), pp. 6356–6367.https://doi.org/10.54371/jiip.

B. S., I.N. et al. (2020). „Hubungan Usia Dengan Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Suplemen Pada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember‟, Jurnal Farmasi Komunitas, 7(1), p. 1. Available at:https://doi.org/10.20473/jfk

Ferdyansyah, F. and Harahap, M.S. (2018). „Manajemen Anestesi untuk Awake Craniotomy pada Space Occupying Lesion Lobus Frontalis Kiri‟, JurnalNeuroanestesi Indonesia, 7(3), pp. Available at: https://doi.org/10.24244/jni

Firmansyah et al.(2024). „Hubungan Antara Efektivitas Pelatihan Klinik dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Nilai OSCE Skill Lab Komunikasi‟, Plexus Medical Journal, 2(6), pp. 241–253. Available at: https://doi.org/10.20961/plex

Gao, Y. et al. (2023). „Perbandingan Keberhasilan Intubasi Pada Upaya Pertama Antara Video Laryngoscope Dengan Direct Laryngoscope‟,Aleph, 87(1,2) https://repositorio.ufsc.br/xm lui/bitstream/handle/1234567 89/167638/341506

Ghotbaldinian, E., Dehdari, N. and Åkeson, J.(2021).Maintenance of basic endotracheal intubation skills with direct or video-assisted laryngoscopy: A randomized crossover follow-up study in inexperienced operators.‟, AEM education and training, 5(4), p. e10655.

https://doi.org/10.1002/aet2.1 0655.

Herrera Villanueva, E.Y. (2020).Hubungan Keterampilan Klinis Dan Kesiapan Praktik Lulusan Dokter Fakultas Kedokteran‟, 2017(1), pp. 1–9. Available

http://190.119.145.154/handl e/20.500.12773/1176.

Millizia, A. et al. (2021). „Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Postoperative Nausea and Vomiting pada Pasien Anestesi Umum di Rumah Sakit Umum Cut eutia Aceh Utara‟, AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh, 7(2),

https://doi.org/10.29103/aver rous.v7i2.5391.

Novianti, M. (2017). „Perbedaan Kebiasaan Belajar Antara Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan‟, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., pp.

–24.Available at: http://repo.iain- tulungagung.ac.id/5510/5

Pramudyo, G.N. (2023). „Literasi Web : Definisi, Keterampilan dan Konteksnya di Indonesia‟, 7(2), pp. 345–354.

Sari, D.P., Nugroho, H. and Iskandar, A (2021) „Gambaran Tingkat

Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Jurnal Sains dan Kesehatan, 3(4), pp. 482–488. https://doi.org/10.25026/jsk.v 3i4.348

Sitzwohl, C. et al. (2017).„Endobronchial intubation detected by insertion depth of endotracheal tube, bilateral auscultation, or observation of chest movements: Randomised trial‟, BMJ (Online), 341(7783),p.1143.Available at:https://doi.org/10.1136/bmj.c 5943.

Solà-Pola, M. et al. (2020). „The usefulness and acceptance of the OSCE in nursing schools‟, Nurse Education in Practice, 43, p. 102736. https://doi.org/10.1016/j.nepr

.2020.102736..

Tarasi, P.G. et al. (2017).Endotracheal intubation skill acquisition by medical students‟, Medical Education Online, 16(1), pp. 1–6. https://doi.org/10.3402/meo. v16i0.7309.

Zain, L.A., Maulana, R. and Utaminingrum, F. (2021).Deteksi Hipoksia Berdasarkan Detak Jantung, Saturasi Oksigen, Volume Dan Irama Pernafasan Menggunakan Metode K- NearestNeighbor‟, Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(1), p. 146.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Sorenggani, A. A., Dewi, R. K., & Riyadi, R. S. (2024). Hubungan OSCE dan pengetahuan intubasi terhadap keterampilan pemasangan endotracheal tube pada mahasiswa keperawatan anestesiologi Universitas ‘Asyiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 757–766. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/234

Terbitan

Bagian

Penelitian