Hubungan kepercayaan diri dengan stres mahasiswa tingkat akhir keperawatan anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Penulis

  • Veliant Nanda Wahyuni Keperawatan Anestesiologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Nia Handayani Keperawatan Anestesiologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

kepercayaan diri, tingkat stres

Abstrak

Tingginya prevelansi stres pada tahun 2020 didunia cukup tinggi dimana stres didapat 38%-71%, di Asia sebesar 39,5% - 61,3% tahun 2019 di Indonesia prevelansi mahasiswa tingkat akhir yang mengalami stres sebesar 61,3%, mahasiswa tingkat akhir di STIkes Yogyakarta yang mengalami stres sebanyak 62,5 % dan sisanya mengalami stres ringan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan stres mahasiswa tingkat akhir Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 141 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner kepercayaan diri Resenberg Self-Estem Scale dan stres Perceived Stress Scale (PSS). Analisis data menggunakan uji statistik Spearman Rank. Penelitian ini memiliki hasil uji statistik dengan nilai sebesar -0,186, kepercayaan diri terbanyak didapat dengan kategori kepercayaan diri sedang sebanyak 122 mahasiswa (86,5%), sedangkan stres terbanyak didapatkan dengan kategori stres berat sebanyak 103 mahasiswa (73%). Nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) menunjukan terdapat hubungan antara variabel kepercayaan diri dan stres mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sebesar 0,027 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan stres mahasiswa tingkat akhir Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Saran untuk institusi pendidikan melalui pembimbing akademik dapat memberikan lebih banyak motivasi terhadap mahasiswa yang tengah menghadapi tugas akhir dan diadakan bimbingan dan konseling.

Referensi

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA. In Jurnal Keperawatan Jiwa (Vol. 5, Issue 1).

Amir, D. P., Iryani, D., & Isrona, L. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. In Jurnal Kesehatan Andalas (Vol. 5, Issue 1). http://jurnal.fk.unand.ac.id

Barus. (2021). Self-Eficyacy Berhubungan dengan Stres Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Tahun 2021. In Jurnal Online Keperawatan Indonesia (Vol. 5, Issue 1).

Edi. (2019). Program Pengalaman Lapangan (Magang) Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehtan dan Rekreasi. Penjaskesrek, 6, 211– 221.

Eka. (2023). Hubungan antara Tingkat Stres dan Ketidakpercayaan Diri dengan Pola Hidup Sehat Mahasiswa Gizi STIKes Mitra Keluarga. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 15).

Eko, Wiguna, A., Viantika Kusumasari, R., Dian Kurniati, F., & Surya Global, Stik. (2023). Spiritualitas Berhubungan Dengan Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 7(2), 52–57.

Fajrien, S., & Yuliadi, I. (2017). Perbedaan Kepercayaan Diri dan Ketahanan Stres antara Mahasiswa yang Aktif dengan Mahasiswa yang Tidak Aktif dalam Organisasi Internal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Fasya, Z. A., Yuwono, P., Septiwi, C., Studi, P., Keperawatan, S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Gombong, M. (2019). Gambaran Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Mengerjakan Skripsi di STIKES Muhammadiyah Gombong Tahun 2019.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Handayani. (2022). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Siswa Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Praktik Klinis pada Keperawatan Anestesiologi Siswa. In Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta(Vol 9,http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/index

Jannah, M., Rozaina Kamsani, S., & Mohd Ariffin, N. (2020). Perkembangan Usia Dewasa: Tugas dan Hambatan Pada Korban Pasca Damai

Kartika. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan pada Mahasiswa yang Sedang Menghadapi Skripsi.

Kurniawati. (2020). Manajemen Stres pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi.

Lubis. (2022). Presepsi Mahasiswa Profesi Ners Tentang Uji Kompetensi di Stikes Yogyakarta. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 6(3), 138. https://doi.org/10.32419/jppni.v6i3.252

Martadani, L., & Taqiyuddin, A. (2021). Analis Perbedaan Kinerja Karyawan Pada PT Surya Indah Food Multirasa 2(2), 515.

Mawardi, L., Renatus, S., & Siantar, P. (2020). Pendidikan dan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Vol. 4, Issue 1). http://e- journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora

Mery. (2020). Stres Akademik Mahasiswa Aktif Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta. Jurnal Konseling Indonesia , 6, 6–11.

Muamala. (2018). Kategori Umur Menurut WHO & Depkes yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat.

Musabiq, S. A., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stres dan Dampaknya pada Mahasiswa. InSight, 20(2).

Nengah, A, A. F., Ayu, D. S., E S, H. N., & N U, H. (2020). Hubungan Usia Dengan Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Suplemen Pada Mahasiswa Teknologi Sepuluh. In Jurnal Farmasi Komunitas (Vol. 7, Issue 1).

Notoatmodjo. (2018). 2021_Book Chapter_Metodologi Penelitian Kesehatan. Buku

Nur. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya

Nurika. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Remaja yang Mengunggah Foto Selfie di Instagram.

Prasetiawan, A., Rahma Mulyani, R., & Usman, C. I. (2023). Pengaruh Self Confidence terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA di SMAN 2 Tebo (Vol. 6, Issue 1).

Purnama ., Pendidikan Matematika, P., Sunan Gunung Djati Bandung Jl Soekarno Hatta, U., & Bandung, K. (2022). Mathematics Education on Research Publication (MERP I ). Gunung Djati Conference S Eries, 12.

Rais. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v12i1.11935

Rinawati, F., Jiwa, D., & Dharma Husada Kediri, A. (2019). Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres dan Motivasu Belajar Mahasiswa. In Jurnal Keperawatan Jiwa (Vol. 7, Issue 1).

Rosyad. (2019). Tingkat Stres Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehtan Yogyakarta dalam Menyusun Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. CAHAYA PENDIDIKAN, 5(1), 56–64.

Ulum, M. C., Nufus, H., & Prasetyaningati, D. (2018). Hubungan Sikap dengan Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi pada Semester VIII S (Studi progam S1 Keperawatan STIKES ICME Jombang).

Wahyunimgtiyas. (2020). Hubungan Orientasi Masa Depan dengan Stres Remaja di Pameksaan.

WHO. 2020. (2020). “Mental Health: Strengthening Our Response.” Retrieved . Retrieved(Https://Www.Who.Int/NewsRoom/Factsheets/Detail/Mentalhealth strengthening-Our-Response)

Yana. (2023). Hubungan antara tingkat kecemasan dengan kepercayaan diri menghadap skripsipada mahasisswa keperawatan tingkat akhir STIKes Kuningan tahun 2023. Journal of Nursing Practice and Education, 4(1). https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.957

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Wahyuni, V. N., & Handayani, N. (2024). Hubungan kepercayaan diri dengan stres mahasiswa tingkat akhir keperawatan anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1418–1423. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/249

Terbitan

Bagian

Penelitian