Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Semester Akhir Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
Kata Kunci:
Dukungan Sosial Orang Tua, Stres Akademik, Tugas AkhirAbstrak
Mahasiswa memiliki kesadaran dalam meningkatkan potensi diri dan berada pada keadaan yang mengharuskan untuk menyelesaikan tuntutan akademik, banyaknya tuntutan yang dialami akan menimbulkan suatu tekanan sehingga dapat menyebabkan stres. Mahasiswa harus dapat mengelola stres akademik dengan baik. Salah satu faktor untuk mengurangi stres akademik adalah mendapatkan dukungan sosial. Dukungan sosial bisa datang darimana saja, seperti dukungan sosial dari orang tua. Orang tua memberikan peran bagi anak, karena orang tua dapat memahami kemampuan pada anak sehingga menciptakan rasa nyaman dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua terhadap stres akademik pada mahasiswa keperawatan anestesiologi semester akhir Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunkan kuantitatif dengan korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 59 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi spearman rank. Mayoritas responden memiliki dukungan sosial orang tua tinggi sebanyak 27 responden (45,7%) dan stres akademik sebanyak 23 responden (39,0%). Hasil uji korelasi Spearman Rank untuk mengetahui adanya hubungan dukungan sosial orang tua terhadap stres akademik didapatkan hasil p value 0,000<0,05 dan nilai koefisien korelasi -622 (Kuat). Terdapat hubungan dukungan sosial orang tua terhadap stres akademik, semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin rendah stres akademik yang dirasakan, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orang tua maka semakin berat stres akademik yang dirasakan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih luas terkait permasalahan mahasiswa dalam menghadapi semester akhir.
Referensi
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Audina, M. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dengan Stres Akademik. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3), 1183–1190. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i3.1673
B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). 733-1870-1-Pb. 5(2), 95–99.
Brailovskaia, J., & Margraf, J. (2021). The relationship between burden caused by coronavirus (Covid-19), addictive social media use, sense of control and anxiety. Computers in Human Behavior, 119(November 2020), 106720. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106720
Dela, V. L. (2019). Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Yang Menyusun Skripsi Di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 90. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.90-94
Ellis, R., Sampe, P. D., Mahaly, S., & Makulua, I. J. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 102–110. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1page102-110
Fawzyah, F., Yulhendri, Y., & Sofya, R. (2019). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Optimisme Masa Depan Terhadap Motivasi Beprestasi Siswa Ekonomi. Jurnal Ecogen, 2(2), 176. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7310
Hidayat, E., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Character:JurnalPenelitianPsikologi, 8(9), 166–178. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/48038
Jannah, S. M., & Widodo, B. P. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Covid-19. Jurnal Empati, 19(2020), 255–259.
Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S. M. (2018). Relationships between social support and student burnout: A meta-analytic approach. Stress and Health, 34(1), 127–134. https://doi.org/10.1002/smi.2771
Khoiri Okttavia, W. (2019). Life - Span Development, Perkembangan Masa Hidup (Edisi Ketigabelas) Jilid 1. Erlangga, 142–149.
Kurniawan,M D & Mulyati, R. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penerimaan Diri Penderita Gagal Ginjal Terminal.
Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1). https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977
Rahmawati, W. D., Sukmaningtyas, W., & Muti, R. T. (2022). Hubungan Antara Jenis Kelamin Dan Program Studi Dalam Mempengaruhi Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar Pada Mahasiswa. Borneo Nursing Journal (BNJ), 4(1), 18–24. https://doi.org/10.61878/bnj.v4i1.49
Rekozar, S. S. L., & Damariyanti, M. (2022). Dukungan Sosial Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa
Kedokteran. Arjwa: Jurnal Psikologi, 1(4), 192–204. https://doi.org/10.35760/arjwa.2022.v1i4.7311
Safitri, R. I., & Dewi, D. K. (2020). Perbedaan Perceived Academic Stress Ditinjau dari Tahun Angkatan Pada Mahasiswa Fakultas X. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 32–42.