Hubungan lama kerja tenaga kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pelayanan prima RS PKU Muhammadiyah Bantul

Penulis

  • Auriska Dewi Anggraeni Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Heri Puspito Keperawatan Anestesiologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

Lama kerja, Tingkat pengetahuan, Pelayanan prima

Abstrak

Pelayanan prima adalah suatu pelayanan terbaik yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan dalam memenuhi harapan dan kebutuhan dari penerima layanan. Peningkatan kualitas pelayanan dalam lingkup pelayanan kesehatan dilakukan dengan pengaturan perilaku pemberi pelayanan dalam berinteraksi dengan penerima pelayanan publik sehingga menciptakan kepuasan penerima pelayanan publik dan meningkatkan kepercayaan publik. Keberhasilan dari terlaksananya pelayanan prima tidak terlepas dari kemampuan dalam pemilihan konsep pendekatannya, serta terdapat tujuan tim perawat untuk dapat memuaskan pasien dengan berorientasi kepada standar layanan tertentu. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan lama kerja tenaga kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pelayanan prima RS PKU Muhammadiyah Bantul. Metode ini dengan pendekatan waktu cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sebanyak 49 responden. Analisis data yang digunakan yaitu Spearman-Rank. Hasil uji dengan Spearman Rank diperoleh 0,336* dengan nilai Sig. (2-tailed) antar variabel Lama Kerja dan Tingkat Pengetahuan sebesar 0,01<0,05.

Referensi

Afifa, I. (2019). Kinerja Kader dalam Pencegahan Stunting: Peran Lama Kerja sebagai Kader, Pengetahuan dan Motivasi. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 30(4), 336–341. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2019.030.04.19

Al, S., & Barru, G. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent Nurlia. In Meraja Journal (Vol. 1, Issue 2).

Ariadi Program Studi, H. D., & Keperawatan dan Ilmu Kesehatan, F. (2019). Komplain Pasien Di Pelayanan Rumah Sakit (Patient Complaints In Hospital Services).

Aziz, M. (2021). Kepuasan Kerja Perawat Dengan Pemberian Pelayanan Prima . Study Literatur Review.

Darwis, F. (2019). Pengaruh Masa Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Penilaian Promosi Jabatan Karyawan Pada PT.Thas Power Makassar.

Fatmawati. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Lama Kerja Perawat dengan Penerapan Prinsip “Enam Tepat” dalam Pemberian Obat. Community of Publishing in Nursing (COPING), 7, 177–187.

Fridawaty Rivai, S. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar Pasca Pelatihan Pelayanan Prima.

J.Teece, D. (2019). Teori Kapabilitas Perushaan : Perspektif Ekonomi dan Manajemen (Strategis) . New Zeeland Economic Paper.

Kesehatan, K. E. (2021). Pedoman dan Standar Etik Penelitian . Jakarta : Lembaga Penerbit dan Pengembangan Kesehatan.

Kurniasari, E., Pratiwi, A., Keperawatan, P., & Kesehatan, I. (2023). Hubungan Antara Lama Keja Dan Tingkat Pendidikan Dengan Pengetahuan Tentang Fungsi Manajemen Pada Perawat Di Rumah Sakit Orthopedi Surakarta.

Lestari, H. (2021). Pelayanan Prima Pada Rumah Sakit Umum Milik Pemerintah Di Jawa. Jurnal Ilmu Administrasi Publik , 55.

Madiistriyatno, H., Setiawan, A., Kinerja, P., Kesehatan, B., Dan, M., & Prima, P. (2021). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.1107

Noor, M., & Hadjam, R. (2019). Efektivitas Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi) (Issue 2).

Palopo, I. (2021). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan dan kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi bank Muamalat Palopo).

Ramli, R. (2020). Correlation of Mothers’ Knowledge and Employment Status with Exclusive Breastfeeding in Sidotopo. Jurnal PROMKES, 8(1), 36. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.36-46

Rohayani, L., Inayah, I., Shofiyani Shoumi, A., Pragholapati, A., & Jenderal Achmad Yani, Stik. (2020). Pelayanan Prima Perawat Berdasarkan Persepsi Pasien di Ruang Rawat Inap Talaga Bodas (Penyakit Dalam Pria Kelas 3) Rumah Sakit Tingkat II 03.05.01 Dustira Cimahi 2019. In Journal Of Health Science (Jurnal Ilmu Kesehatan) (Vol. 5, Issue 1). https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/JIK2356-5284

Roymond H. Simamora, J. M. (2019). Penguatan Peran Perawat dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Layanan Prima.

Rudyarti, E. (2020). Analisis Hubungan Stres Kerja, Umur, Masa Kerja dan Iklim kerja Dengan Perasaan Kelelahan Kerja pada Perawat. Seminar Nasional Kesehatan , 224.

Siagian. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perawat Tentang Perawatan Paliatif Di Rumah Sakit Advent Bandung. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.35974/jsk.v6i1.2231

Subiyantoro, A. (2023). Pengaruh Pelayanan Prima Dan Dukungan Top Manajemen Terhadap Kepuasan Pasien Di RSIA Aisyiyah Klaten Jawa Tengah. Economic And Business Management Journal (EBMJ), 2(2), 245–257.

Syah, D. Z. R., Sahar, J., & Yetti, K. (2022). Pelayanan Prima Keperawatan di Pelayanan Primer: Perspektif Perawat dan Pasien. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 59–70. https://doi.org/10.31539/joting.v4i1.3349

Tri Anonim, A. S. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerapan Pelayanan Prima Perawat di Ruang Rawat Inap.

Proceedings

Mimin Lestari, F., Lestari, M., & Kesehatan Palangka Raya, P. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan Prima Pada Pegawai Puskesmas Kayon Palangka Raya (Factors Affecting Prima Services In Kayon Palangka Raya Health Center). In Avicenna Journal of Health Research (Vol. 2, Issue 2). Oktober.

Buku

Hardani, H. A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif . Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Meki Pamekas, M. S. (2021). Pelayanan Prima : Vol. I (M. P. Dr. Drs. M. M.M., Ed.). Lakeisha.

Syapitri, 2021 Syapitri, A. J. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan . Malang : Ahlimedia Press.

Website

Kesehatan, P. M. (2019, September 13). bpk.go.id. Retrieved from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138623/permenkes-no-33-tahun-2019

Kesehatan, M. I. (2018). Modul Statistik Inferensial MIK411 Dosen Mieke Nurmalasari. https://onlinepubs.trb.org/onlinepubs/nchrp/cd-22/v2appendixc.html

Negara, K. P. (2022, November 11). panrb. Retrieved from menpan.go.id: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/apresiasi-nakes-teladan-menteri-azwar-anas-inspirasi-bagi-insan-kesehatan-berikan-layanan-terbaik

Permenkes. (2019, September 13). bpk.go.id. Retrieved from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138623/permenkes-no-33-tahun-2019

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Anggraeni, A. D., & Puspito, H. (2024). Hubungan lama kerja tenaga kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pelayanan prima RS PKU Muhammadiyah Bantul. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 773–778. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/255

Terbitan

Bagian

Penelitian