Kinerja pemerintah Desa Harjatani dalam pengembangan pelayanan publik berbasis digital

Penulis

  • Erik Praditya Universitas Amikom Yogyakarta
  • Mei Maemunah Universitas Amikom Yogyakarta

Kata Kunci:

desa; digitalisasi; kinerja; pelayanan publik

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembaharuan pelayanan berbasis digital. Penelitian ini dilakukan di Desa Harjatani Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan pelayanan berbasis digital sudah dilakukan namun belum dimanfaatkan secara maksimal dalam bidang pengembangan pelayanan berbasis digital. Penelitian ini menggunakan teori kinerja yang menyatakan bahwa kinerja adalah kuantitas atau kualitas hasil kerja individu atau sekelompok di dalam organisasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang berpedoman pada norma, standard operasional prosedur, kriteria dan ukuran yang telah ditetapkan atau yang berlaku dalam organisasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana data berasal dari data primer yakni hasil wawancara dan observasi langsung dengan pihak Pemerintah Desa Harjatani. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pelayanan berbasis digital sudah dilakukan walau belum sempurna karena masyarakat masih belum paham teknologi dan kurang stabilnya jaringan di wilayah tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Cara Mengutip

Praditya, E., & Maemunah, M. (2023). Kinerja pemerintah Desa Harjatani dalam pengembangan pelayanan publik berbasis digital . Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 102–108. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/35

Terbitan

Bagian

Penelitian