Hubungan dukungan keluarga dan teman sebaya dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan semester III prodi keperawatan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakara

Penulis

  • Salwa Puteri Azzahra Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Rosiana Nur Imallah
  • Yuni Kurniasih Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

Dukungan Keluarga, Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Abstrak

Motivasi belajar memiliki beberapa faktor diantaranya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang bersumber dari dalam diri seseorang seperti kondisi jasmani, rohani, cita-cita, aspirasi dan kemampuan. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang bersumber dari luar diri seseorang seperti dukungan keluarga dan teman sebaya. Faktor eksternal yang terdapat diluar diri seseorang diantaranya dukungan keluarga baik dukungan fisik maupun psikologis yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sehingga mempengaruhi motivasi belajar, menciptakan suasana belajar yang nyaman, mengarahkan anak, dan memfasilitasi kebutuhan belajar. Teman sebaya merupakan remaja atau anak-anak yang mempunyai tingkat kedewasaan dan usia yang hampir sama sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dari teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan teman sebaya dengan motivasi belajar pada mahasiswa semester III prodi keperawatan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini mahasiswa keperawatan semester III di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling berjumlah 75 responden. Analisis data yang menggunakan uji korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian dengan Kendall Tau ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar dengan nilai signifikan sebesar (p-value 0,046<0,5). Nilai korelasi koefisien 0,227* memiliki hubungan keeratan yang kuat dan ada hubungan yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar dengan nilai signifikan sebesar (p-value 0,000<0,5). Nilai korelasi koefisien 0,479** memiliki hubungan keeratan yang sangat kuat. Ada hubungan antara dukungan keluarga dan teman sebaya dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan semester III di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Referensi

Alfaruqy, M. Z., Sari, I. A., & Safuroh, S. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua Dan Adversity Quotient Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 7 Smp Negeri 1 Baturetno. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 38–50. https://doi.org/10.21009/jkkp.101.04

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Ardiansyah, A. (2022). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Tehadap Motivasi Belajar. Educatio, 16(2), 80–87. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.3959

Fitriyah, A., & Sunanto, L. (2023). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas. https://ejurnal.mmnesia.id/index.php/PENDAS

Hamidah, N., & Irsan Barus, M. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.316

Maghfirah, I., Wiradendi Wolor, C., & Tuty Sariwulan, R. (2023). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Berajah Journal, 3(1), 59–74. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.197

Paujiyah, S. I., Sholihati Embrik, I., Sentosa, B. M., & Tangerang, S. Y. (2022). Hubungan DukunganKeluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program S1 Keperawatan Di Stikes Yatsi Tangerang Nusantara Hasana Journal, 1(9), https://nusantarahasanajournal.com

Pomarida simbolon. (2020). Hubungan motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa di STIKES St. Elisabeth Medan .Jurnal Masohi 01, 1–7. https://researchgate.net

Harapan, U. P., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 Dyah Lukita. 145 | Akademika |, 10(1). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279

Rahman, F. A., Nirwana, H., & Putriani, L. (2023). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa sekolah menengah atas. Counseling and Humanities Review, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/000725chr2023

Rehman, A. U., Bhuttah, T. M., & You, X. (2020). Linking burnout to psychological well-being: The mediating role of social support and learning motivation. Psychology Research and Behavior Management, 13, 545–554. https://doi.org/10.2147/PRBM.S250961

Rosa, A., Nelyahardi, N., & Rahmayanty, D. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(2), 252. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.13506

Saragih, M., Silitonga, E., Sinaga, T. R., & Mislika, M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Di Program Studi Ners Fakultas Farmasi Dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1). http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN

Stefany, C., Dewi, A. P., Irvani Dewi 3 1 Program, Y., Keperawatan, S. I., Keperawatan, F., & Riau, U. (2022). The Relationship between peer social support and the motivation of final year students in Writing the Undergraduate Thesis. Jurnal Ilmu Keperawatan, 9(2), 1–12. https://jurnal.usk.ac.id

Winei, A. A. D. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.53544/sapa.v6i1.231

Wira Pratama, D., Rusmawati, D., kunci, K., Sosial Teman Sebaya, D., Belajar, M., & Sekolah Lima Hari, P. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Dalam Program Sekolah Lima Hari Di Sman 5 Semarang. In Jurnal Empati, Oktober (Vol. 6, Issue 4). https://ejournal3.undip.ac.id

Zulfani, O., Nurmaida, S. &, & Siregar, I. (2022). JOUSKA: Jurnal Ilmiah Psikologi Hubungan antara Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMP Negeri 2 Sunggal Kelas IX-1 Tahun 2021. 1(1), 41–49. https://doi.org/10.31289/jsa.v1i1.1099

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Azzahra, S. P., Imallah, R. N., & Kurniasih, Y. (2024). Hubungan dukungan keluarga dan teman sebaya dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan semester III prodi keperawatan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakara. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1056–1063. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/408

Terbitan

Bagian

Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2