Hubungan Response Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
Kata Kunci:
inslatasi gawat darurat, Kepuasan Pasien, Response Time PerawatAbstrak
Latar belakang: Pasien BPJS Kesehatan sering kali merasa tidak puas terhadap pelayanan yang ada di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit seperti waktu tunggu yang lama, tidak mendapatkan penjelasan yang memadai tentang kondisi kesehatan mereka, dan sikap ramah dari perawat. Salah satu factor yang mempengaruhi kepuasan pasien BPJS Kesehatan adalah response time dari perawat. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di IGD RS PKU Muhammdiyah Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS Kesehatan di IGD RS PKU Muhammdiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sample yaitu accidental sampling dengan jumlah sampel 71 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner Nursalam (2015) yang sudah di Uji Expert dan Observasi perawat yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data menggunakan uji Kendall’s Tau. Hasil: Analisis Univariat diperoleh response time perawat sebagian besar pada kategori baik (74,6%) dan kepuasan pasien pada kategori cukup puas (74,6%). Hasil uji korelasi Kendall’s Tau meunjukan ada hubungan antara response time perawat dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di IGD RS PKU Muhammdiyah Yogyakarta dengan nilai (P Value = 0,000 dan koefisien korelasi 0,554). Simpulan dan Saran: Terdapat hubungan antara response time perawat dengan kepuasan pasien BPJS Kesehatan di RS PKU Muhammdiyah Yogyakarta. Bagi perawat untuk meningkatkan proses pelayanan keperawatan sesuai dengan SOP terutama di ruang Instalasi Gawat Darurat.
Referensi
Mentri Kesehatan RI. 2018. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan
BPJS. (2021). INFO BPJS Kesehatan Kota Palembang. BPJS Kesehatan
Kumaladewi, RI., Prasetyo J., Aziz, A.N. (2021). Hubungan Response Time dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Edukasi Nursing
Hartati, S. (2020). Response Time Perawat Di Ruang Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Keperawatan & Kebidanan - Stikes Dian Husada Mojokerto, 4(3), 1–7.
Suhartati, & et al. (2021). Standar Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat di Rumah Sakit.
Jakarta: Kementrian Kesehatan RI
Apriani, & Febriani, S. (2017). Hubungan Kegawatdaruratan dengan Waktu Tanggap pada Pasien Jantung Koroner. Jurnal Kesehatan
Utari. (2020). Hubungan Response Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien Kategori Australian Triage Scale (Ats) 5 Di Igd Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta
Cahyono, A. E. (2020). Hubungan Beban Kerja dengan Response Time Perawat Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada Rumah Sakit Tipe C di Kabupaten Jember. Universitas Jember
Aprillia, M., Afiani, N., Apriyanto, F. (2021). Hubungan Respon Time Perawat terhadap Kepuasaan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat. Media Husada Journal of Nursing Science.
Wiyadi., dan Rahman, Gawat. (2021) Analisis Faktor yang berhubungan dengan waktu tanggap Pada Pasien Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD A. Wahab
Maghfiroh. S, Priyanti. R. P, Mubarrok. A. S. (2019).Hubungan Waktu Tunggu dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Jombang. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 4.