Kinerja pelayanan publik dalam administrasi kependudukan

Penulis

  • Lusius Geor Dempok Universitas Amikom Yogyakarta

Kata Kunci:

administrasi kependudukan; Kabupaten Pemalang; Kecamatan Comal; kinerja; pelayanan publik

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Permasalahan muncul pada kapasitas sumber daya manuasia aparatur kecamatan belum dapat beradaptasi terhadap perkembangan digital. Hal ini yang menarik untuk diteliti sehingga penelitian ini hendak mencari jawaban terkait bagaimana kinerja aparatur kecamatan dalam pelayanan administrasi kependudukan, serta factor yang menjadi penghambat dari kinerja aparatur Kecamatan Comal dalam pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori kinerja, dimana suatu kondisi yang harus diketahui dan dipastikan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu instansi dalam hubungannya dengan visi perusahaan atau organisasi serta memahami dampak positif dan negatif dari suatu kebijakan operasional. Adapun, metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kualitas kinerja aparatur dan pegawai di kantor kecamatan Comal.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2023

Cara Mengutip

Dempok, L. G. (2023). Kinerja pelayanan publik dalam administrasi kependudukan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 183–188. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/47

Terbitan

Bagian

Penelitian