Upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di KB-TK YM As-Salam Plumbon
Kata Kunci:
Anak usia dini, Literasi, Numerasi, Permainan edukatifAbstrak
Literasi dan numerasi merupakan pondasi yang penting dalam tahap awal pendidikan. Literasi dan numerasi perlu diajarkan dan distimulasikan pada anak usia dini. Kemampuan literasi dan numerasi akan membantu peserta didik untuk memahami dan mempelajari bidang studi lain pada jenjang sekolah yang lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan literasi dan numerasi untuk anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di KB -TK YM As-Salam Plumbon melalui permainan edukatif. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan berbagai permainan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Hasil kegiatan menujukkan bahwa melalui permainan belajar hitung bebek, kartu baca, padupadan angka dan bentuk, susun huruf, dan mengenal konsep bilangan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan berhitung peserta didik. Peserta didik dapat lancar berhitung dari angka1-10 dan memahami huruf abjad. Namun, peserta didik masih merasa sulit untuk membaca kata apabila tidak disertai dengan gambar.
Referensi
Aulina, C. N., & Sausan, L. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Karpet Ular Tangga Baca (Kartaca). Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 254–266.
Bleedo, S., Wahidah, Y., & Garnasih, I. (2023). Upaya Meningkatkan Pendidikan Anak-Anak melalui KKN Mengajar. Jurnal ETAM, 3(2), 312–319.
Direktorat Guru PAUD dan Dikmas. (2023, July 12). Pentingnya Literasi dan Numerasi Sejak Dini. https://gurupauddikmas.kemdikbud.go.id/artikel/Berita/pentingnya-literasi-dan-numerasi-sejak-dini
Dwihantoro, P., Sukmasetya, P., & Angraeni, L. D. (2023). Membangun Pondasi Pendidikan: Upaya Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Purborejo, Temanggung. Madaniya, 4(4), 2001–2007.
Idries, F. A., Ikhsan, F., & PN, B. S. (2023). Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Melalui Kemampuan Literasi Dan Numerasi Sejak Dini. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 1(4), 382–391.
Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1–12.
Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2021). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130214.pdf
Mahaputri, T. G., Yenita, R., & Rahayu, W. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Berhitung Permulaan Bagi Anak Usia 5-6 Tahun dengan Penggunaan Media Stick Pouch di TK Nusantara Plus School. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(3), 1778–1792.
Marsidi, M., & Agustin, I. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga di SDN Sukorejo 6. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 41–48.
Maryam, S. (2019). Meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka pada kelompok B TK NW lelupi kecamatan sikur. Nusantara, 1(1), 87–102.
Susanti, S., & Maulina, I. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Serta Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca Pada Anak Kelompok B Di Tk Aletheia Pontianak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1674–1679.
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1–10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4–5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193–205.
Wahyuni, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi berdasarkan gaya belajar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849.
Yusra, R. A., Kurnia, R., & Nurlita, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melayu Fathrizk Kids, Kota Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5949–5958.