Edukasi makanan sehat untuk siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Kloposawit

-

Penulis

  • Farras Nurul Agustin S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Muhammad Anto Hidaya Kusumua S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Nora Safitri S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Nikmatul Khusna S1 Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Univeristas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Rahmi Maisarah S1 Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Shoffyah Octa Haryani S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Bintang Muhammad Azmi S1 Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Devi Febriana Prawitasari S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Renol Aji S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Farida Noor Rohmah D4 Tekmologi Laboratorium Medis, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

Makanan Sehat, Anak Sekolah, Edukasi, Pengetahuan, Sikap

Abstrak

Makanan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan, terutama bagi anak usia sekolah. Pangan yang tidak aman dan tidak sehat dapat memicu berbagai penyakit dan gizi yang buruk. Pendidikan gizi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku seputar pilihanan makanan sehat. Mendidik siswa dapat berdampak positif pada sikap mereka terhadap makanan dan mencegah kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Dengan mengedepankan pilihan makanan sehat, generasi yang lebih sehat dapat tercipta. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran siswa SDN Kloposawit tentang makanan sehat. Seperti yang ditunjukkan oleh observasi awal dan wawancara dengan kepala sekolah, siswa-siswi tidak memahami pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat. Edukasi diberikan melalui sosialisasi menggunakan poster dan presentasi PowerPoint. Materi yang dibahas meliputi definisi, keuntungan, dan perbedaan makanan sehat dan tidak sehat. Untuk tetap menarik siswa, kegiatan ini memiliki ice breaking dan quiz berhadiah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa perhatian dan pemahaman siswa meningkat, dan mereka juga lebih cermat dalam memilih makanan. Kegiatan ini meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan sehat untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan anak usia sekolah.

Referensi

Ulfa, F. (2022). Pengembangan Media Video tentang Pemilihan Jajanan Sehat sebagai Media Edukasi untuk Siswa Sekolah Dasar di SDN Jarit 2 (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Rahayu, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Makanan Sehat di PAUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 65-80.

Iklima, N. (2017). Gambaran pemilihan makanan jajanan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1).

Rohmah, F. N., & Rahayu, S. P. (2021). Pelatihan 3M Pencegahan Penularan Covid-19 dengan Metode Bercerita untuk Anak Taman Kanan-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Miftahussalam. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 2(2), 118-124.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Agustin, F. N., Kusumua, M. A. H., Safitri, N., Khusna, N., Maisarah, R., Haryani, S. O., Azmi, B. M., Prawitasari, D. F., Aji, R., & Rohmah, F. N. (2024). Edukasi makanan sehat untuk siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 1 Kloposawit: -. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 2212–2216. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/813

Terbitan

Bagian

Pengabdian Masyarakat