Pengembangan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis desa ekowisata pancoh
Kata Kunci:
Potensi desa, pemberdayaan masyarakat, ekowisata, KKN, Desa PancohAbstrak
Penelitian ini membahas potensi Desa Pancoh yang terletak di Girikerto, Turi, Sleman, sebagai desa wisata serta program pemberdayaan yang difasilitasi oleh mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Keindahan alam desa dan sumber daya pertanian yang melimpah menarik perhatian untuk dikembangkan menjadi ekowisata. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, pemasaran produk lokal, dan keterampilan pengelolaan komunitas masih ada. Program KKN mengatasi masalah tersebut dengan melaksanakan inisiatif dalam bidang pendidikan, kesehatan, budaya, dan infrastruktur. Program-program tersebut mencakup pendidikan agama untuk anak-anak, penyuluhan kesehatan mengenai osteoporosis dan hipertensi untuk lansia, serta kegiatan senam lansia. Pengenalan plangisasi dalam aksara Jawa dan bahasa Inggris juga mendukung promosi desa wisata. Selain itu, promosi UMKM bertujuan meningkatkan potensi ekonomi desa. Upaya-upaya ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, berkontribusi pada pertumbuhan dan pengembangan Desa Pancoh. Keberhasilan program KKN ini menunjukkan pentingnya keterlibatan komunitas dan kontribusi mahasiswa dalam mendorong pembangunan lokal.
Referensi
Afandi, I., Rahmawati, R., & Purliantoro, D. (2022). HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARA MAHASISWA KKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG DENGAN MASYARAKAT DESA GAJAHMEKAR. Journal of Social and Economics Research, 4(2). https://idm.or.id/JSER/inde
Al Qadri, M., & Nur, M. A. (2024). Evaluasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa STAI-JM Langkat di Sanggar Belajar (SB) Kamus Gombak Utara Malaysia. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 4). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Anasari, F., Suyatno, A., & Astuti, I. F. (2015). SISTEM PELAPORAN TERPADU KULIAH KERJA NYATA BERBASIS DIGITAL (STUDI KASUS: Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Mulawarman). In Jurnal Informatika Mulawarman (Vol. 10, Issue 1). Edisi Februari.
Anwar K, Andriarini Vara, Herawati Kharisa, Nurliana, Wajdi Farhan, Imeilia Dibita, Jaelani F, & Hidayat H. (2024). Penyuluhan Hipertensi dan Bahayanya sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Sumberahayu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JUDIKA), Volume 5 No. 1, 9–12.
Aufa Izzuddin Baihaqi, & Ikaningtyas, M. (2022). PENGUKURAN EFIKASI DIRI, KONSEP DIRI DAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PASCA MENGIKUTI KKN TEMATIK MBKM DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Journal Publicuho, 5(3), 887–898. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.17
Daniel, Y., Santie, A., Gugule, H., Wenno, Y. H., Mesra, R. (2023). Tantangan Mahasiswa Kkn Mbkm Program Studi Sosiologi Unima Dalam Mengajar Di Smas Pgri Rurukan Tomohon Timur. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Kholis, N., & Harianto, D. S. (2022). Respon Masyarakat Desa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) Mahasiswa Di Desa Temandang Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban. In Universitas Negeri Surabaya (Vol. 2022).
Larasati, R. A., Murvi, S. A., Lathifah Putri, V., Rahmawati, W., Handayani, T., Herlinah, L., & Utami, I. N. (2023). Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat PADA KALANGAN LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERHDA BUDI MULIA 1. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Merlina Aris Fitria Dewi, & R. Yuniardi Rusdianto. (2023). Peran Mahasiswa KKN Dalam Branding Dan Promosi Wisata Embung Sumberagung Kecamatan Gondang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 87–93. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.179
Nurahman, M. H., Aulia, N., Saputri, D., & Fauziah, V. (2023). Singergitas Mahasiswa KKN UIN Bandung Bersama Masyarakat Desa Jati : Pemberdayaan Potensial Melalui Kegiatan Keagamaan.
Oktavianus I, Labora Agil, Dewinta Z, Yenti S, Fadhil, Z Ismi, Nurjannah R, Oktriza F, Syaflina W, Isya Rafi, Nurulisa Ilvi, Aritonang Maria, Puspita Aulia, Sari Raisyah, Khairunisa M, & Nicola M. (2024). MENGUATKAN IDENTITAS DESA MELALUI PEMBANGUNAN GAPURA: INISIATIF MAHASISWA KKN DALAM PROGRAM KERJA BERBASIS MASYARAKAT. JURNAL MEDIA AKADEMIK (JMA), Vol.2, No.8, XX–XX.
Rahman, L. I., Sugianto, R., & Wulandari, A. H. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMELIHARAAN SISTEM WEBSITE DI DESA BUNUT BAOK: KKN MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI MATARAM. https://e.journal.titannusa.org/index.php/juan
Rahmawati, F., Devi, S., & Muninggarsih, S. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENUJU DESA MANDIRI DAN BERKELANJUTAN DI PADUKUHAN GIRILOYO D.I. YOGYAKARTA MELALUI PROGRAM KERJA KKN XLIII UNIVERSITAS COKROAMINOTO YOGYAKARTA (Vol. 03, Issue 02).
Saniah, N., & Firdaus, F. (2023). Respon Masyarakat Terhadap Komunikasi Mahasiswa KKN di Desa Londut Kecamatan Kualuh Hulu. Journal on Education, 06(01), 6467–6475.
Warmadewa U, & KKN. (2019). SEJARAH, TUJUAN DAN MANFAAT KULIAH KERJA NYATA ( KKN) UNIVESITAS WARMADEWA (pp. 1–13).