Adaptasi perilaku pada desain perpustakaan: gesture membaca

Penulis

  • Achmad Wahid Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Tika Ainunnisa Fitria Program Studi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

perilaku, literasi, adaptasi perilaku pada desain perpustakaan

Abstrak

Perpustakaan merupakan suatu wadah untuk meningkatkan karakteristik membaca dan merubah pola pikir dalam berinteraksi, baik di akademik, non akademik, dan masyarakat sosial. dengan perkembangan globalisasi, teknologi seringkali digunakan sebagai senjata untuk mengukur suatu kualitas, sehingga membentuk kebiasaan buruk bagi generasi millenial yang cenderung memiliki minat baca melalui media atau teknologi ketimbang (secara fisik) datang ke perpustakaan. Pentingnya merawat pendidikan agar membentuk suatu karakter terutama pada anak-anak usia dini yang baru mulai mengenal lisan maupun tulisan sehingga menumbuhkan rasa gemar membaca melalui media buku cerita bergambar, mengasah karakter gemar baca pada anak sangatlah penting untuk jenjang literasi jangka panjang. Perpustakaan bukan hanya sekadar layanan informasi, tetapi juga mendorong masyarakat untuk berpikir secara rasional dan berperilaku intelektual dalam bermusyawarah. Hanya saja wadah yang disediakan pemerintah sangatlah minim informasi, koleksi dan masih terkesan privat sehingga tidak menarik perhatian bagi para pembaca, perpustakaan yang sediakan juga harus memiliki kolektivitas agar berpotensi untuk meningkatkan gairah bagi para pembaca dengan kualitas yang ter jangkau, dalam hal ini pemerintah juga harus toleransi perihal fasilitas yang memadai agar meningkatkan pola pikir masyarakat sehingga tingkat minat baca dapat tersentralisasi. Namun masih banyak ketidaktransparanan yang menjadi masalah bagi suatu wadah, dengan adanya perpustakaan masyarakat mempunyai tempat berekspresi dan berkreasi sebagaimana menjadikan perpustakaan sebagai rumah literasi maupun sebagai gudang ilmu pengetahuan

Referensi

Fitria, T. A., Rasidi, M. H., Said, I. and Firdaus, R. (2022) ‘Local Elements Defining Transitional Spaces as a Territorial Strategy at an Urban Village in the City of Yogyakarta, Indonesia’, International Journal of Sustainable Development and Planning, 17(6), pp. 1821–1829.

Kawuryan, F., & Raharjo, T. (2012). Pengaruh stimulasi visual untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 9-18.

Kourik, E. 1998. The lavender garden: beautiful varieties to grow and gather. San Francisco: Chronicle Books.

Lestari, Dian Endang, et al. "Systematic Literature Review: Pemahaman Konsep Matematis siswa ditinjau dari Self-Efficacy pada pembelajaran Concept Attainment." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8.4 (2023): 2696-2702.

Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia dini melalui media buku cerita bergambar. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(6), 576-585.

Mumpuni, P. W., Widayat, R., & Aryani, S. M. (2017). Pencahayaan Alami Pada Ruang Baca Perpustakaan Umum Kota Surabaya. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, dan Lingkungan, 6(2), 185908.

Nikmah, N. N. K., & Hidayat, M. A. (2024). Hiperrealitas Pembaca pada Utas Alternative Universe Boys Love Karakter Anime Chainsaw Man di X (Twitter). Journal of Urban Sociology, 1(1), 27-43.

Nurhaiza, N., & Lisa, N. P. (2019). Optimalisasi Pencahayaan Alami pada Ruang. Arsitekno, 7(7), 32-40.

Rahmi, Febriana, and Gianti Elsa Putri. "Pengaruh self-efficacy terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran model discovery learning." Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 10.01 (2020): 27-34.

Sandjaja, S. (2001). Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stres lingkungan. Psikodimensia kajian ilmiah psikologi, 2(1), 17-25.

Samodra, F. T. B. (2017). Optimasi WWR untuk Penghawaan dan Pengendalian Kebisingan Lingkungan dalam Hunian Tropis Lembab. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 6(1).

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Putri%2C+2017%3B+Trianingsih.%2C+2019&oq=

Unduhan

Diterbitkan

24-03-2025

Cara Mengutip

Wahid, A., & Fitria, T. A. (2025). Adaptasi perilaku pada desain perpustakaan: gesture membaca. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 3, 444–451. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/1193

Terbitan

Bagian

Penelitian