Pengalaman meruang pada galeri seni kontemporer: interactive storyline

Penulis

  • Khoirul Anisa Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Tika Ainunnisa Fitria Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

galeri kontemporer, galeri seni, interactive storyline

Abstrak

Seni merupakan salah satu aset pendukung perkembangan perekonomian daerah. Provinsi Lampung memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang kaya. Namun kepedulian masyarakat terhadap kesenian sangat rendah, dan nilai-nilai seni budaya mulai memudar. Oleh karena itu, diperlukan fasilitas yang dapat menjadi wadah untuk kreativitas seni sekaligus meningkatkan kapasitas para seniman, seperti ruang pameran, ruang pertunjukan, ruang pelatihan, dan lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi preseden dan studi literatur. Perancangan galeri seni dengan pendekatan alur cerita interaktif bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna, menciptakan desain yang ikonik, estetis, serta fungsional. Konsep perancangan dibagi menjadi beberapa area, meliputi area publik, semi publik, servis, dan privat. Hubungan antara sirkulasi dan tata ruang, baik didalam maupun diluar, dirancang untuk menyatukan karya seni secara harmonis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan alur cerita dapat mengoptimalkan penggunaan ruang serta memberikan pengalaman ruang yang menarik, menjadikannya sebagai sarana rekreasi dan ruang interaksi.

Referensi

ADHATANIA, Marta Wulan; RAMADHANI, Suci; ATIKA, Firdha Ayu. Penerapan Konsep Ekspresif Pada Rancangan Bentuk Galeri Seni Rupa Dengan Tema Arsitektur Kontemporer. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2024, 5.1: 71-78.

Ahari, A., Irwansyah, M., & Nasution, B. (2024). Penerapan Tema Galeri Seni dan Industri Kreatif di Kota Banda Aceh dengan Pendekatan Arsitektur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan, 8(1), 25-36.

Amira, T. (2022). KAJIAN SIRKULASI PADA RUANG AREA PAMER DI PUSAT KEBUDAYAAN JEPANG DI JAKARTA. FAD, 1(01), 30-35.

Dunggio, S. A., & Yunisya, A. N. (2021). Kajian Pendekatan Kontemporer pada Galeri Seni Selasar Sunaryo Art Space. Jurnal Arsitektur, 11(2), 53-62.

Dzakwan, A. D. (2022). PERANCANGAN GALERI SENI RUPA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNACULAR LAMPUNG.

Gunawan, J., & Arfianti, A. (2023). KAJIAN PENERAPAN ARSITEKTUR VERNAKULAR PADA FASAD BANGUNAN HOTEL RESORT DI PULAU BALI. Widyastana, 4(1).

HARENDANA, Rimba. Landasan Konseptual Perencanaan Dan Perancangan Graha Galeri Dan Sanggar Pendidikan Seni Kontemporer Di Yogyakarta Penciptaan Fleksibilitas Ruang Melalui Pendekatan Ekspresi Arsitektur Kontemporer. 2014. PhD Thesis. UAJY.

RIANTI, Nigel Dwi; LAKSONO, Sigit Hadi; LAKSMIYANTI, Dian PE. Pendekatan Tema Arsitektur Kontemporer pada Pusat Edukasi dan Galeri Seni Rupa Kontemporer di Surakarta. Tekstur: Journal of Architecture, 2020, 1.2: 89-94.

Santoso, I. T., Murwadi, H., & Fadilasari, D. (2021). PERANCANGAN GALERI SENI RUPA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains, 5(1), 38-41.

SARI, SWASTIKA POPPY. Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Galeri Seni Rupa Kontemporer di Yogyakarta. 2012. PhD Thesis. UAJY.

YULIYANTO, SAPTO. PERANCANGAN GALERI SENI RUPA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. 2025. PhD Thesis. Universitas Mercu Buana Jakarta.

https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung

https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung#Seni_dan_budaya

https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung#Sejarah

https://id.wikipedia.org/wiki/Lampung#Sastra

Unduhan

Diterbitkan

24-03-2025

Cara Mengutip

Anisa, K., & Fitria, T. A. (2025). Pengalaman meruang pada galeri seni kontemporer: interactive storyline. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 3, 1140–1146. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/1177

Terbitan

Bagian

Penelitian