Manajemen strategis Desa Wisata Surajaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat

Penulis

  • Fanny Angelica Universitas Amikom Yogyakarta
  • Hanantyo Sri Nugroho Universitas Amikom Yogyakarta

Kata Kunci:

Desa wisata; pertumbuhan ekonomi; manajemen strategis

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Strategis Desa Wisata Surajaya dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ekonomi masyarakat Desa Surajaya dengan adanya Desa Wisata Surajaya dan mengetahui dampak pendukung serta penghambat dari pengembangan Desa Wisata Surajaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif melalui wawancara langsung dengan ketua pengelola Desa Wisata Surajaya. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dirasakan oleh pengelola Desa Wisata Surajaya dalam mengembangkan Desa Wisata Surajaya dan seberapa berpengaruhnya Desa Wisata Surajaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa Surajaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam segi ekonomi, masyarakat Desa Surajaya mengalami peningkatan walaupun tidak maksimal dan besar, akan tetapi dengan adanya Desa Wisata Surajaya dalam setiap kegiatannya selalu melibatkan masyarakat secara langsung sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

Unduhan

Diterbitkan

24-08-2023

Cara Mengutip

Angelica, F., & Nugroho, H. S. (2023). Manajemen strategis Desa Wisata Surajaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat . Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 730–739. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/133

Terbitan

Bagian

Penelitian