Manajemen strategis Desa Wisata Surajaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat
Kata Kunci:
Desa wisata; pertumbuhan ekonomi; manajemen strategisAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Manajemen Strategis Desa Wisata Surajaya dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ekonomi masyarakat Desa Surajaya dengan adanya Desa Wisata Surajaya dan mengetahui dampak pendukung serta penghambat dari pengembangan Desa Wisata Surajaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif melalui wawancara langsung dengan ketua pengelola Desa Wisata Surajaya. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dirasakan oleh pengelola Desa Wisata Surajaya dalam mengembangkan Desa Wisata Surajaya dan seberapa berpengaruhnya Desa Wisata Surajaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat Desa Surajaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam segi ekonomi, masyarakat Desa Surajaya mengalami peningkatan walaupun tidak maksimal dan besar, akan tetapi dengan adanya Desa Wisata Surajaya dalam setiap kegiatannya selalu melibatkan masyarakat secara langsung sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung.