Hubungan pola asuh orangtua dan intensitas bermain gadget dengan kejadian temper tantrum pada anak prasekolah di TK Mekar Melati Sleman
Kata Kunci:
Pola Asuh, Intensitas gadget, Temper TantrumAbstrak
Latar Belakang: Temper tantrum adalah suatu amarah yang sering terjadi pada anak usia 3-6 tahun yang ditandai dengan menangis, menjerit-jerit, melempar benda, berguling-guling, memukul dan aktivitas lainnya. Kejadian ini jika dibiarkan menyababkan anak cedera karena tindakannya sendiri dengan berbagai penyebab diantaranya pola asuh orangtua atau faktor lainnya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan intensitas bermain gadget dengan kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah (3-6 tahun).
Metode: Jenis penelitian non eksperimental dengan metode kuantitatif, dengan desain penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 dan sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 47 responden yang diambil dengan metode purposive sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan 3 kuisioner yaitu kuisioner pola asuh orang tua, intensitas bermain gadget, dan kejadian temper tantrum. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman Rank. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orangtua dengan kategori otoriter yaitu 45 orang (95.7%). Intensits gadget dengan kategori sedang sebanyak 20 orang (42.6%). Temper tantrum dengan kategori rendah 36 orang (76.6%). Tidak ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan temper tantrum pada anak usia prasekolah dengan nilai p= 0,375 ( nilai p>0,05). Ada hubungan intensitas bermain gadget dengan temper tantrum pada anak usia prasekolah dengan nilai p= 0,044 (nilai p<0,05). Simpulan dan Saran: Tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan temper tantrum dan terdapat hubungan antara intensitas bermain gadget dengan temper tantrum. Edukasi orangtua guna mengawasi atau memperhatikan mengenai intensitas anak dalam bermain gadget dalam sehari agar mencegah kejadian temper tantrum semakin meningkat.
Referensi
Alini, W. J., & Jannah, W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah di Kelompok Bermain Permata. Jurnal Ners, 3(2), 1–10
Andra Fatkur Rohman (2017), Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah (3–5 Tahun) di PAUD Pelangi II Desa Kepel, Kec. Kare, Kab. Madiun
Chikmah, A, M. 2018. Hubungan Durasi Ppenggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Pra Sekolah di TK Pembina Kota Tegal. Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal. Jurnal Siklus Vol. 7 No. 2
Fakriyatur, A., & Damayanti, A. K. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah. Psikovidya, 22(2), 144–163. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v22i2.110
Fariza, J, N., & Hairani, L. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah (4-6 Tahun). Jurnal Ilmiah Psikologi Vol 9 No. 2
Fithriyah, Izzatul. (2019). Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah. Surabaya:Airlangga University Press
Hidayati, R. M. B., & Janah, R. (2021). Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Anak Temper Tantrum. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences Volume, 2(1 Maret), 15–38. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS
Husna, A. (2021). Hubungan Pola Komunikasi, Tingkat Pengetahuan dan Kecerdasan Emosional Orang Tua dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun).
Inaha Rahma Puspitasari. (2019). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan kecerdasan Emosional Anak Usia 8-10 Tahun Di MI Nurul Islam Tanjung Bendo Kabupaten Magetamn.Skripsi
Kemenkes RI. 2019. Laporan Provinsi Jawa Tengah RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pemberdayaan Kesehatan, Jakarta
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2019, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Doi: 10.1017/CBO9781107415324.004
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (2020). Hasil Survei Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi. Jakarta pusat: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.
Nia Aprilia, K. (2016). Politeknik kesehatan kemenkes padang. Tugas Akhir, 2016.
Putri (2019) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. J Chem Inf Model [Internet]. 2019;53(9):1689–99
Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453