Hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar di SMP Muhammadiyah 1 Minggir

Penulis

  • Alfanny Virginia Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Tiwi Sudyasih Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

konsentrasi belajar, kebiasaan sarapan pagi, remaja

Abstrak

Latar Belakang: Sarapan pagi sangat penting dilakukan sebelum mulai aktivitas atau sebelum berangkat ke sekolah untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Salah satu faktor yang menyebabkan tidak konsentrasi belajar yaitu sarapan pagi. Sebanyak 16,9%-50% anak usia sekolah dan remaja tidak terbiasa melakukan sarapan pagi. konsentrasi belajar dapat meningkatkan prestasi belajar. Tujuan: Dapat diketahui hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi menggunkaan pendekatan waktu cross sectional. Jumlah sampel yang diambil menggunakan teknik propotional startified random sampling dengan rumus slovin didapatkan sebanyak 63 responden. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner adopsi dari penelitian sebelumnya terdiri dari 9 item pertanyaan pada variabel kebiasaan sarapan pagi, 11 item pertanyaan pada variabel konsentrasi belajar yang telah dilakukan uji validitas dengan pearson product moment dan realibilitas dengan Cronbach’s Alpha oleh penelitian sebelumnya. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji Kendall-Tau. Hasil: Analisis data penelitian hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar di SMP Muhammadiyah 1 Minggir diperoleh nilai signifikansi atau p-value 0,048<0,05. Simpulan dan Saran: Penelitian ini terdapat hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Disarankan bagi  mengajarkan teknik konsentrasi belajar dan mengedukasi pentingnya sarapan pagi. Bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar.

Referensi

Adiputra, Ni Wayan Trisnadewi Et Al. 2021. “Metodologo Penelitian Kesehatan.” 144.

Arista, Christine Novi Et Al. 2021. “Perilaku Makan, Kebiasaan Sarapan, Pengetahuan Gizi Dan Status Gizi Pada Remaja Sma Di Jakarta.” Jurnal Pangan Kesehatan Dan Gizi Universitas Binawan 2(1):1–15. Doi: 10.54771/Jakagi.V2i1.206.

Artha Margiathi, Sagitha Et Al. 2023. “Dampak Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Primary Edu (Jpe) 1(1):61–68.

Barokah, Lia Et Al. 2022. “Hubungan Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa The Relationship Between Breakfast And Students Learning Concentration.” Nusantara Hasana Journal 2(6):Page.

Dewi Et Al. 2020. “Hubungan Pola Sarapan Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Smp Negeri 2 Banjar.” Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaranya 1:168–80.

Kemenkes Ri. 2018. “Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.” Kementrian Kesehatan Ri 53(9):1689–99.

Laila, Suriatu Et Al. 2021. “Hubungan Sarapan Pagi Dengan Tingkat Prestasi Siswa/Siswi Kelas 6 Sd Negeri 56 Banda Aceh.” Jurnal Sains Riset | 11(November):768.

Purnawinadi, I. Gede Et Al. 2020. “Kebiasaan Sarapan Dan Konsentrasi Belajar Mahasiswa.” Nutrix Journal 4(1):31. Doi: 10.37771/Nj.Vol4.Iss1.429.

Setyani, Mutia Rahma Et Al. 2018. “Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar.” Pendidikan Matematika 01:3–6.

Suraya, Susan Sri Et Al. 2019. “‘Sarapan Yuks’ Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak-Anak.” 2(1):201–7.

Ulinnuha, Mifta Anzilnia Et Al. 2020. “Gambaran Sumbangan Zat Gizi Makro Sarapan Pagi Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Kh . Sahlan Rosjidi Universitas Muhammadiyah Semarang.” Jurnal Gizi Unimus 9(2):1–6.

Winata, I. Komang. 2021. “Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5(1):13. Doi: 10.32585/Jkp.V5i1.1062.

Zhafirah, Nurlailie. 2018. “Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas II Al-Hikmah Pasar Minggu Tahun 2018 [Skripsi].” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Virginia, A., & Sudyasih, T. (2024). Hubungan kebiasaan sarapan pagi dengan konsentrasi belajar di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 215–219. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/511

Terbitan

Bagian

Penelitian