Hubungan perilaku konsumtif online shopping dalam fashion pada citra diri mahasiswa rantau di Yogyakarta

Penulis

  • Nana Nursela Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Annisa Warastri Psikologi, Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

Perilaku Konsumtif;, Citra Diri;, Mahasiswa Rantau;

Abstrak

Perilaku konsumtif online shopping dalam fashion pada mahasiswa rantau mampu mempengaruhi citra diri mahasiswa. Individu yang memiliki citra diri positif merupakan seseorang yang percaya diri, berorientasi pada ambisi dan sasaran, terorganisasi dengan baik dan efisien, bersikap mampu, memiliki kepribadian yang menyenangkan, dan mampu mengendalikan diri. Sedangkan individu dengan citra diri negatif cenderung rendah diri, kurangnya motivasi, suka menunda, memiliki prinsip pesimis dan emosi negatif, pemalu dan acuh tak acuh, suka ikut ikutan bertujuan agar mendapat penilaian positif dari orang lain, cenderung konsumtif. Penelitian ini memiliki tujuan Untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Perilaku Konsumtif Online Shopping Dalam Fashion Pada Citra Diri Mahasiswa Rantau di Yogyakarta. Metode penelitian yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Hasil Pada peneltian ini menunjukan bahwa antara citra diri dan perilaku konsumtif menunjukan hasil 0,017 (dengan p<0,05), hal ini berarti terdapat hubungan signifikan. Semakin rendah citra diri seseorang maka semakin tinggi perilaku konsumtif pada mahasiswa Rantau dan sebaliknya. Semakin tinggi citra diri yang dimiliki seseorang maka semakin rendah perilaku konsumtifnya.

Referensi

Adzkiya. (2018). ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DAN FAKTOR PENDORONGNYA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA ANGKATAN 2017).

Adriani, K. (2021). Konsumtif Pada citra diri mahasiswa rantau Di. Skripsi

Alfian, Abdullah, A., & Nurjannah. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi body image pada tenaga kesehatan di RSUD Meuraxa. 91.

Amaliyah, N. (2021). Hubungan Antara Citra Diri Dan Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Membeli Secara Impulsif (Impulsive Buying) Pada Mahasiswi Uin Walisongo Semarang. Jurnal Antara Citra Diri Dan Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Membeli Secara Impulsifuniversitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 1, 1–98.

Azwar, Saifuddin. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2019). Metode Penelitian Psikologi (2nd ed). Yogyakarta: pustaka Belajar

Andarwati, L. (2016). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas Xi Sma N 9 Yogyakarta. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1, 1–12. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/viewFile/972/882

Faulina, A., Dewi, R. S., & Arif, E. (2021). Fenomena Online Shopping sebagai Gaya Hidup dan Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat Islam di Masa Pandemi Covid. XII, 46–59.

Fauzia, N., & Komalasari, S. (2020). Dinamika Kemandirian Mahasiswa Perantauan. 1(3), 167–181. https://doi.org/10.1234/jah.v1i3.3918

Fristy. (n.d.). Citra Diri pada Remaja Putri yang Mengalami Kecenderungan Gangguan Body Dysmorphic.

Lutfiah, L., Basri, M., & Kuswanti, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53456

Mocanu, R. (2013). Brand Image as a Function of Self-Image and Self-Brand Connection. 1(3), 387–408.

Nugraha, B. E. (2019). PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PERANTAUAN (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial).

Permata, D. C., & Listiyandim, R. A. (2015). PERANAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMPREDIKSI RESILIENSI MAHASISWA TAHUN PERTAMA YANG MERANTAU DI JAKARTA Devita Cahya Permata 1 Ratih Arruum Listiyandini 2. 6.

Prasetyaningtyas, K. (2015). HARGA DIRI DAN INTENSI MEMBELI PRODUK FASHION. 4(4), 180–185.

Ramadhani, A. S. N., Khuzaimah, Pratama, H. B., & Utami, D. (2022). Mahasiswa Perantauan Dan Konsumerisme : Terbawa Arus Atau Tetap Bergaya Irit? (Studi Pada Mahasiswa Rantau UNESA Di Kecamatan Wonokromo). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 339–347.

Rohman, J. (2013). PENGARUH CITRA DIRI ( SELF IMAGE ) DAN KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU. April.

Safitri, R. (2020). Hubungan Antara Citra Diri dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pedagang Wanita di Pasar Wisata Songgoriti. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Sunastiko, K. P., N.R.H, F., & Putra, N. A. (n.d.). Hubungan Antara Citra Diri ( Self Image ) dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Kharina Putrie Sunastiko , Frieda N . R . H , Nofiar Aldriandy Putra *) Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta

Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuallitatif

dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tobing, D. R. L. (2015). Analisis Hubungan Antara Pendapatan dengan Perilaku Konsumsi Mahasiswa ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya ) JURNAL ILMIAH Disusun oleh : 1–17.

Widuri, E. L. (2012). Regulasi emosi dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama. Humanitas, Vol.IX.

Zakirah, D. M. A. (2018). Mahasiswa Dan Instagram ( Study Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk Citra Diri Di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga ) Disusun Oleh : Dinda Marta Almas Zakirah DEPARTEMEN SOSIOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA Semester Ganjil 2017 / 2018. 1–21.

Adiba, R., Cahyani, D. K., Ranjanu, N., & Pramesti, S. W. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Produk Fashion pada Mahasiswa UNNES sebagai Dampak Perkembangan Online Shop. Jurnal Potensial, 2(2), 184–191.

Amaliyah, N. (2021). Hubungan Antara Citra Diri Dan Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Membeli Secara Impulsif (Impulsive Buying) Pada Mahasiswi Uin Walisongo Semarang. Jurnal Antara Citra Diri Dan Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Membeli Secara Impulsifuniversitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 1, 1–98.

Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Fanani, D. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying (Survey Pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 31(1), 42–49.

Lastary, L. D., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau Yang Berkuliah Di Jakarta. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 17–23.

Laura Putri Anggraini, & Hudaniah, H. (2023a). Hubungan self control dengan perilaku konsumtif belanja online pada mahasiswa rantau. Cognicia, 11(2), 140–148. https://doi.org/10.22219/cognicia.v11i2.28074

Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2021). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Journal ilmiah society, 1(1), 1–10.

Mujahidah, A. N. (2021). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 1. https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19316

Mujiyana, & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian via Internet Pada Toko Online. VIII(3), 143–152.

Murasmutia, A., Hardjajani, T., & Nugroho, A. A. (2015). Hubungan Antara Citra Tubuh dan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Pakaian pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 4.

Nur Fitriyani, Presetyo Budi Widodo, N. F. (2021a). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Coffeeshop Semarang. Jurnal EMPATI, 10(3), 167–174. https://doi.org/10.14710/empati.2021.31280

Putri, S. M., Mahardayani, I. H., & Ahyani, L. N. (2022). Perilaku Konsumtif Produk Fashion Ditinjau dari Gaya Hidup Hedonis dan Kepribadian Ekstrovert pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Perseptual, 7(1), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v7i1.7664

Rahayu, B. S., Wahyuningsih, D., & Budi, H. (2023). Universitas 2,3,4 Universitas. 02, 286–292.

Ramadhani, A. S. N., Khuzaimah, Pratama, H. B., & Utami, D. (2022). Mahasiswa Perantauan Dan Konsumerisme : Terbawa Arus Atau Tetap Bergaya Irit? (Studi Pada Mahasiswa Rantau UNESA Di Kecamatan Wonokromo). Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 1, 339–347.

Ricky, R. D. M., Kawung, E., & Goni, S. Y. V. I. (2021). Dampak Aplikasi Belanja Online (Online Shop) di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belanja Masyarakat di Kelurahan Girian Weru Ii Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmiah, 1(ilmiah), 1.

Safitri, R. (2020). Hubungan Antara Citra Diri dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif pada Pedagang Wanita di Pasar Wisata Songgoriti. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Iandesi Andarwat. (2016). CITRA DIRI DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM PADA SISWA KELAS XI SMA N 9 YOGYAKARTA. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3.

Melinda, Lisbeth L, Fonny J. Waani.(2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. JURNAL ILMIAH SOCIETY ISSN : 2337 – 4004 Jurnal Volume 2 No. 1

Ridhayani, Suryanto. (2020). COMPULSIVE BUYING BEHAVIOR OF E-COMMERCE USERS IN BUYING “BRANDED” THINGS IN SURABAYA.

SM. Putri, IH. Mahardayani, LN. Ahyani. (2022). Perilaku Konsumtif Produk Fashion Ditinjau dari Gaya Hidup Hedonis dan Kepribadian Ekstrovert pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Perseptual Vol. 7 No. 1

Lutfiah,Muhammad Basri,Heni Kuswanti (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI PPAPK FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK. Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak.

R. A. Adinah Suryati Ningsih, Yudho Bawono (2016). Hubungan Antara Perilaku Konsumtif Pada Produk X Dengan Citra Diri Remaja Putri. Jurnal Mediapsi Vol. 2, No. 1, 45-50.

Sufrihana Rombe. (2013). HUBUNGAN BODY IMAGE DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA. Psikoborneo, Vol 1, No 4, 2013: 228-236

Kharina Putrie Sunastiko, Frieda N.R.H, Nofiar Aldriandy Putra. (2013). Hubungan Antara Citra Diri (Self Image) dengan Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang.

Nur Melianty.S, , Suratno, dan Ali Idrus. (2019). PENGARUH IKLAN DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BATANGHARI. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Volume 3, No. 1.

A.Chintiya, L Muharsih, L Mora. (2023). PENGARUH CITRA DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN KOSMETIK PADA MAHASISWI DI KARAWANG. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang Vol 3 No 1.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Nursela, N., & Warastri, A. (2024). Hubungan perilaku konsumtif online shopping dalam fashion pada citra diri mahasiswa rantau di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 592–602. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/804

Terbitan

Bagian

Penelitian