Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 7 – 12 tahun di SDN Nogosaren Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta

Penulis

  • May Indri Yani Idris Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Armenia Diahsari Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta
  • Siti Arifah Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

kemandirian, pola asuh, orang tua

Abstrak

 Pola asuh adalah pola perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat konsisten dari waktu kewaktu. Pola perilaku ini dapat dirasakan oleh anak, dari segi positif dan negatif. Pola asuh yang benar dan sesuai tingkat perkembangan anak yang akan memberi dampak kepada nilai-nilai perilaku dan norma, namun bukan sikap memanjakan anaknya melainkan memberikan perhatian yang cukup dalam mengembangkan mendidik kemandirian anak dan mencapai keberfungsian sosialnya.Tujuan Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 7-12 tahun di SDN Nogosaren Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Metode: kuantitatif dengan desain penelitian korelasi melalui pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 70 responden diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data ini dilakukan di SDN Nogosaren Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta, penyusunan data ini di lakukan pada bulan februari 2024 sampai bulan november 2024.Hasil Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil nilai p value 0,004 (p value < 0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 7-12 tahun di SDN Nogosaren Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Simpulan dan Saran: Semakin baik pola asuh orang tua maka kemandirian anak juga semakin baik. Diharapkan para orang tua dapat dapat mengetahui bahwa pola asuh demokratis dapat meningkatkan kemandirian pada anak sehingga orang tua diharapkan menerapkan pola asuh demokratis.

Referensi

Andhriana, L. T., & Tanjung, B. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 133-137.

Baiti, N. (2020). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. JEA (Jurnal Edukasi Aud), 6(1), 44-57.

Andhriana, L. T., & Tanjung, B. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 133-137.

Dewi, AR., Murtini & Pratiwi,K. (2019). Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Anak.

Jurnal Ilmu Kebidanan, Volume III, Nomor 3 : 105-112.

Jaja Suteja, Y. (2017). pola asuh, perkembangan,sosial, emosional. Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Perembangan Sosial Emosional Anak.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal PendidikanAnak,8(1),8490.https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Mulyana, A., Suryani, I. S., Nurakillah, H., Darusman, S. E., & Kurnia, F. (2022). Perbedaan Pola Asuh Demokratis Dan Otoriter Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita Di Slb Yayasan “B” Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(2), 522– 529.

Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa.

Mustamu, A. (2022). Efektifitas Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,6(2),377.https://doi.org/10.35931/am.v6i2.987

Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif PendidikanIslam.Intelektualita,5(1),1.https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720

Pratiwi, K. E. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di sd negeri 38 kota parepare. Jurnal ilmiah manusia dan kesehatan, 3(1), 31-42.

Pangaribuan, H., Supriadi, S., Arifuddin, A., Jurana, J., Supetran, I. W., Patompo,

F. D., & Lenny, L. (2022). Edukasi Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah dan Pelaksanaan Kelompok Terapeutik di SD Pesantren Hidayatullah Tondo: (Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(1), 52–67

Putri, F. S., & Lestari, T. (2021). Dampak Pola Asuh Terhadap Kemandirian Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1700–1706. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1164

Riswanti, C., Halimah, S., Magdalena, I., Tiarma, &, & Silaban, S. (2020). Perbedaan Individu dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Pendidikan DanDakwah,2(1),97– 108.https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar.Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152.

Umairoh, S., & Ichsan, I. (2018). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak

Wulandari, E. A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Persepsi Gender, Perilaku Dan Norma Dalam Kesehatan Reproduksi Remaja Di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.34–37. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92624

Unduhan

Diterbitkan

24-03-2024

Cara Mengutip

Idris, M. I. Y., Diahsari, A., & Arifah, S. (2024). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak usia 7 – 12 tahun di SDN Nogosaren Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 3, 961–968. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/1038

Terbitan

Bagian

Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>