Pengaruh kegiatan stimulasi finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK ABA Mlangi Yogyakarta

Penulis

  • Rumondang Herawati Br Siringoringo Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Univesrsitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Armenia Diahsari Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Univesrsitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Siti Arifah Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Univesrsitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

Finger Painting, Perkembangan Motorik Halus, Anak Prasekolah

Abstrak

Latar belakang: Anak usia prasekolah merupakan anak yang berusia antara 4-6 tahun. Pada usia ini, anak sedang menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan penting bagi proses perkembangan selanjutnya. Keterlambatan perkembangan motorik halus akan berdampak negative jangka panjang bagi anak. Kemampuan motorik halus pada anak tidak akan berkembang dengan sendirinya, melainkan harus mempelajari keterampilan yang memicu motorik halus tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dapat memicu kemampuan motorik halus salah satunya yaitu Finger Painting. Tujuan: Menganalisis pengaruh kegiatan stimulasi finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK ABA Mlangi Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pra-experimental yang bersifat kuantitatif dengan rancangan one group pre-post test design. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga mendapatkan 52 orang responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil: Berdasarkan hasil uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan hasil nilai sig. 0,000 adapun hasil yang didapat yaitu terdapat perbedaan rerata antar dua kelompok perkembangan motorik halus anak sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Kesimpulan dan saran: Adanya pengaruh kegiatan stimulasi finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK ABA Mlangi Yogyakarta. Bagi sekolah TK untuk dapat memberikan program stimulasi finger painting untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak prasekolah.

Referensi

Anak Usia Prasekolah Di PAUD Harapan Bunda Surabaya." Jurnal Ilmiah, Vol. 2 No 1. (2019): 51-60.

Doloksaribu, M.T. 2019. Finger Painting Berpengaruh Terhadap Perkembangan Halus Anak Menggunakan Denver II Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Yayasan Puteri Sion Medan. Jurnal Ilmiah PANMED. Vol 13 No. 1: 65-70.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31

Fida Dan Maya. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. yogjakarta: D-Medika; 2012.

Fitriani, Novita., Mareta, Reni., & Sulistyono, Dwi. (2022). Aplikasi Bermain Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah. Jurnal Borobudur Nursing Review 2(2), 106-117.

Ike Ayu Lestari. (2021). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah Di TK IT Sakinag Kabupaten Bengkulu Utara. Skripsi. Fakultas Kebidanan. Politeknik Kesehatan: Bengkulu.

Laili Nurhayati N. Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tk Kelompok B. 2020.

Maghfuroh, Lilis., Putri, Kiki. “Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di TK Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan.” Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 10, No 1 (2018): 36-43

Mansur, Arif R. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah. Andalas University Press.

Munawaroh, Siti., Nurwijayanti, Andriyani., Indrayati, Novi. "Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Gambar." Jurnal Community of Publishing in Nursing (COPING), Vol 7. No 1. (2019): 2303-1298

Sari, W. W., Sutrisni., Arsy, W., & Rudi, T. P. (2022). Pengaruh Stimulasi Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak. Jurnal Bidan Pintar, Vol 3, No 2 November 2022.

Rahma Rf. Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Dengan Media Botol Bekas Pada Siswa Kelompok B Di Tk Universal. Universitas Muhammadiyah Magelang; 2021.

Rohendi, A, Seba. 2017. Perkembangan Motorik: Pengantar Teori dan Implikasi dalam Belajar. Bandung: Alfabeta CV.

Siswanto S, Zaelansyah Z, Susanti E, Fransiska J. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Para murabbi J Pendidik Agama Islam. 2019.

Saputri, E. S. N. (2021). Aplikasi Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada An. M Usia Prasekolah Di Desa Karang Tengah Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur Abstrak Pendahuluan. Jurnal Lentera, 4. Retrieved from.

Komala, S., Umu, F., Yuni, E,W,H. (2022). Pengaruh Permainan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang Volume 12 N0. 2 2022.

Pamadhi, Hajar Dan Sukardi SE. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka; 2011.

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Br Siringoringo, R. H., Diahsari, A., & Arifah, S. (2024). Pengaruh kegiatan stimulasi finger painting terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK ABA Mlangi Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 1095–1101. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/524

Terbitan

Bagian

Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama