Hubungan pengetahuan dengan efikasi diri dalam melakukan pertolongan pertama kasus pingsan di kalangan siswa
Kata Kunci:
Pengetahuan, Self-efficacy, Pertolongan Pertama, Sinkop, PingsanAbstrak
Sekitar 35% siswa di Indonesia mengalami pingsan saat beraktivitas di sekolah. Siswa pernah menyaksikan siswa lain pingsan namun kurang memahami dasar pertolongan pertama karena efikasi diri yang rendah. Jika seseorang kekurangan informasi yang diperlukan untuk mengatasi suatu masalah mereka cenderung menghindarinya, yang terkait dengan efikasi diri. Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui korelasi pengetahuan dengan efikasi diri dalam melakukan pemberian pertolongan pertama pingsan pada siswa SMA N 1 Sedayu. Metode penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan memakai pendekatan waktu cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 88 siswa SMA N 1 Sedayu yang dipilih menggunakan teknik proporsional stratified random sampling berlandaskan kriteria khusus. Pengumpulan data dilaksanakan melewati pengisian kuesioner pengetahuan dan kuesioner General Self-Efficacy Scale (GSE). Uji Kendall-Tau digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian didapatkan 50 responden (56,8%) memiliki pengetahuan yang baik, sedangkan 58 responden (65,9%) memiliki efikasi diri yang baik. Uji Kendall Tau menghasilkan nilai P sebesar 0,041 serta koefisien korelasi sebesar 0,213, yang menunjukkan korelasi yang sangat lemah.
Referensi
Afdiliyan, I. F. (2019). Hubungan Pengetahuan dengan Self Efficacy Pencegahan HIV-AIDS pada Remaja di SMKN 7 Yogyakarta. (Unpublished undergraduate thesis). Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.
Apriani, A. (2022). Tingkat Pengetahuan Dengan Self Efficacy Dalam Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas. Masker Medika, 10(2), 788–795. https://doi.org/10.52523/maskermedika.v10i2.506
Desiani, S., Nuraeni, A., & Priambodo, A. P. (2017). How Do Knowledge and Self-Efficacy of Internship Nursing Students in Performing Cardiopulmonary Resuscitation? Belitung Nursing Journal, 3(5), 612–620. https://doi.org/10.33546/bnj.147
Elisyaputra, I. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas 10 Dan 11 Tentang Pertolongan Pertama Pada Kasus Pingsan Di SMA Negeri 4 Samarinda. (Unpublished undergraduate thesis). Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
ESC. (2018). European Society of Cardiology Guidelines for the diagnosis and management of syncope. European Heart Journal, 39(21), 1883–1948. https://doi.org/10.1093/eurheartj/ehy037
Febrina, V., Semiarty, R., & Abdiana, A. (2017). Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 435. https://doi.org/10.25077/jka.v6.i2.p435-439.2017
Indrawati, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. 2, 247–267. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kasim, S. (2007). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid 1. Jakarta: Pusat Pene.
Kusuma, R., Murharyati, A., & Kanita, M. W. (2020). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Dengan Self Efficacy Anggota Palang Merah Remaja. https://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/2450/
La’ade, N. R. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Self-Efficacy Petugas Parkir Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas Di Area Pasar Gede Surakarta. 59. https://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/480/
Magfirah, N. H., Khumas, A., & Siswanti, D. N. (2018). Peningkatan Efikasi Diri Melalui Pelatihan Orientasi Masa Depan Narapidana Remaja. Jurnal Psikologi, 40(2), 169–180. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6975/9440
Mokoagow, W., V.Watung, G. I., & Sibua, S. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Dengan Penanganan Pertama Pada Siswa Sinkop Di Kelas XI MAN 1 Kotamobagu. 3. https://journal.iktgm.ac.id/index.php/nursing/article/view/82
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943
Oktaviani, E., Yoki Sanjaya, G., Hasanbasri, M., Ilmu Kesehatan Masyarakat, B., & Kedokteran, F. (2017). Sentralisasi Layanan Emergensi Sebagai Upaya Peningkatan Durasi Response Time. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2(3), 2–4. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/download/10222/Download Artikel
Putri, N. A. S., Suindrayasa, I. M., & Kamayani, M. O. A. (2022). Pengetahuan Berhubungan Dengan Efikasi Diri Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas Pada Remaja. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(2), 187. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i02.p10
RI, K. (2017). Data dan informasi profil kesehatan Indonesia. https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/18041000001/profil-kesehatan-i-2017-lampiran.html
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). The General Self-Efficacy Scale (GSE). Windsor, UK: Nfer-Nelson.
Tobing, Y. A. L. (2019). Gambaran Pengetahuan Siswa tentang Penanganan Pertolongan Pertama Pada Siswa/I Yang Mengalami Pingsan/Sinkop Di Smp Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun 2019. Keperawatan Poltekes Kemenkes Medan, 13, 1–11. https://doi.org/10.37311/jnj.v3i1.9824
WHO. (2020). Kardiovaskular Diseases (CVDs) World Health Organization. https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/cardiovascular-diseases-(cvds)
Yasin, D. D. F., Ahsan, A., & Rachmawati, S. D. (2020). Pengetahuan Remaja Tentang Resusitasi Jantung Paru Berhubungan Dengan Efikasi Diri Remaja Di Smk Negeri 2 Singosari Malang. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 8(1), 116. https://doi.org/10.33366/jc.v8i1.1751