Hubungan kehandalan (reliabillity) pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Penulis

  • Erina Widayanti Keperawatan, Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Rosiana Nur Imallah Keperawatan, Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Yuni Kurniasih Keperawatan, Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

kehandalan (reliabillity) pelayanan keperawatan, kepuasan pasien

Abstrak

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah salah satu indikator pengukur kesesuaian serta ketidaksesuaian antar pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, sehingga akan terdapat puas atau tidaknya perasaan pasien terhadap pelayanan yang telah diperoleh. Kepuasan pasien dapat tercipta dari kualitas pelayanan yang diberikan keperawatan salah satunya adalah kehandalan. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kehandalan (reliability) pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan rancangan deskritif korelasi dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini melibatkan 92 pasien di ruang rawat inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Pengambilan penelitian ini menggunakan kuesioner kehandalan (reliability) pelayanan keperawatan dan kuesioner kepuasan pasien. Uji statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Kendall tau. Hasil: Dalam penelitian kehandalan (reliabillity) pelayanan keperawatan pada kategori baik sebanyak 71 pasien (77,2%) dan kategori kurang sebanyak 2 pasien (2,2%).  Kepuasan pasien didapatkan hasil Puas sebanyak 65 pasien (70,7%) dan Tidak Puas sebanyak 2 pasien (2,2%). Penelitian korelasi ini ada hubungan dengan nilai p value 0,038 < 0,05 dengan keeratan hubungan diperoleh nilai 0,214 termasuk kategori hubungan lemah. Simpulan dan Saran: Terdapat hubungan antara kehandalan (reliabillity) pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian lebih lanjut dalam peningkatan kehandalan (reliabillity) pelayanan keperawatan yang diharapkan untuk memenuhi kepuasan pasien.

Referensi

Alpan, H., Fauzan, H., & Fanny, S. A. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT, 4(2), 11–21.

Aminah, S., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan, R. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1482–1486. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2581/http

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Bu’ulolo, C. S., Edlin, E., Suyono, T., & Girsang, E. (2019). Pengaruh daya tanggap dan kehandalan terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan di RSU Royal Prima Medan. Jurnal Prima Medika Sains (JPMS), 1(1), 18–22.

Care, I. (2018). Relationship Of Quality Of Health Services Patient Satisfaction With Social Service User Askes.

Dewan Perwakilan Rakyat RI. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Undang-Undang, 187315, 1–300.

Engkus, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi, 5(2), 99–109. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956

Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, A. A. A. B. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan“Keandalan”dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatandi IRNA Ambun Pagi RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Journal of Engineering Research, 03, 13–18.

Langingi, A. (2022). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.57151/jsika.v1i2.43

Purwanti, S., Prastiwi, S., & Rosdiana, Y. (2017). Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wisata Dau Malang. Nursing News, 2(2), 688–699. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/514

Putra, A. P., Ekawati, D., & Priyatno, A. D. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan. Health Care: Jurnal Kesehatan, 12(2), 341–355. https://doi.org/10.36763/healthcare.v12i2.388

Simamora, R. H., Bukit, E., Purba, J. M., & Siahaan, J. (2017). Penguatan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Ronde Keperawatan Di Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 300. https://doi.org/10.24114/jpkm.v23i2.6880

Syapitri, H., Amila, N., Kep, M., Kep, S., Juneris Aritonang, S. S. T., Keb, M., & others. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Ahlimedia Book.

Tambunan, E., IStudent, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., … Fellowship, W. (2021). hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di wilayah kerja puskesmas aek batu. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Widiasari, W., Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43–52. https://doi.org/10.7454/jki.v22i1.615

Unduhan

Diterbitkan

07-10-2024

Cara Mengutip

Widayanti, E., Imallah, R. N., & Kurniasih, Y. (2024). Hubungan kehandalan (reliabillity) pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 2, 353–359. Diambil dari https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/826

Terbitan

Bagian

Penelitian

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>